Terlalu Lama Tinggal di Bandung, Pria Asal Papua Ini Lupa Bahasa Daerah Sendiri

Sosok Ijal Papua menjadi viral di media sosial.

oleh Novita Ayuningtyas diperbarui 19 Des 2023, 12:45 WIB
Diterbitkan 19 Des 2023, 12:35 WIB
Terlalu Lama Tinggal di Bandung, Pria Asal Papua Ini Lupa Bahasa Sendiri
Terlalu Lama Tinggal di Bandung, Pria Asal Papua Ini Lupa Bahasa Sendiri (sumber: TikTok/@pace_sunda)

Liputan6.com, Jakarta Media sosial memang kerap dijadikan sebagai wadah masyarakat untuk saling berbagai konten menarik. Bahkan, tak sedikit pula konten yang dibagikan membuat netizen terhibur.

Salah satunya ialah konten yang dibuat oleh Muhammad Rijal Akbar Yelipele atau yang akrab disapa Ijal Papua. Baru-baru ini video yang diunggah oleh Ijal dalam akun TikTok @pace_sunda berhasil mencuri perhatian netizen.

Pasalnya, dalam video yang diunggah dirinya mencurahkan isi hatinya yang membuat banyak netizen terhibur. Dirangkum Liputan6.com dari akun TikTok @pace_sunda, Selasa (19/12/2023), Ijal mengungkapkan jika dirinya terkadang lupa dengan bahasa sendiri, bahasa Papua saat menelepon sang ibu.

Dirinya yang telah lama menetap di Bandung pun kerap mencampur Bahasa Sunda dan Papua saat menelepon sang ibu. Tentu saja, curhatan Ijal ini langsung menjadi perhatian banyak netizen hingga viral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Telah tinggal di Bandung sejak SMP

Terlalu Lama Tinggal di Bandung, Pria Asal Papua Ini Lupa Bahasa Sendiri
Terlalu Lama Tinggal di Bandung, Pria Asal Papua Ini Lupa Bahasa Sendiri (sumber: TikTok/@pace_sunda)

Ijal sendiri dikenal luas sebagai salah satu konten kreator dan komika. Namun, yang menarik ialah dirinya yang begitu fasih berbahasa Sunda meski ia lahir di Wamena dan orang tua asli Papua.

Usut punya usut dirinya diketahui telah menetap di Bandung sejak SMP dan bersekolah di sebuah boarding school yang ada di Bandung. Bahkan, dirinya begitu fasih berbahasa Sunda hingga terkadang tak sengaja mencampur bahasa Sunda dan Papua saat bersama sang ibu.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @pace_sunda pada Kamis (14/12/2023) ini dirinya curhat pernah berbicara dengan sang ibu memakai bahasa Sunda. Bahkan, Ijal juga turut mempraktekkan kembali saat berbicara dengan ibunda memakai bahasa Papua dan Sunda.


Respons netizen

Terlalu Lama Tinggal di Bandung, Pria Asal Papua Ini Lupa Bahasa Sendiri
Terlalu Lama Tinggal di Bandung, Pria Asal Papua Ini Lupa Bahasa Sendiri (sumber: TikTok/@pace_sunda)

Video yang diunggah oleh Ijal ini pun menjadi viral di berbagai platform media sosaial. Bahkan, video tersebut telah ditonton lebih dari 7,7 juta kali.

"Beda server bahasa" tulisnya sebagai keterangan video.

Tentu saja, video saat Ijal mempraktekan gaya bicaranya dengan ibu yang mencampur bahasa Papua dan Sunda ini menarik perhatian. Tak sedikit pula netizen yang turut memberikan respons terhadap video tersebut.

"Logatnya lebih Sunda dr orang Sundaaaaaa" tulis akun @mrs.muh.

"Kenapa logatnya pro banget sih" ujar akun @whatthepepentoperfect.

"Gak expect bakal ngomong sunda Ya Allah," tulis @matchacaaw.

"Lancar banget bahasa Sundanya ini," ujar @akasaraaa

@pace_sunda

beda sever bahasa #pace_sunda

♬ suara asli - Pace sunda - Pace sunda
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya