Arti Pick Me dalam Bahasa Gaul, Lengkap dengan Penggunaan dan Ciri-Cirinya

Secara harfiah, arti kata pick berarti jemput aku atau pilih aku.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 27 Jun 2024, 11:52 WIB
Diterbitkan 27 Des 2023, 17:40 WIB
Arti Pick Me dalam Bahasa Gaul, Lengkap dengan Penggunaan dan Ciri-Cirinya
Ilustrasi memegang ponsel (pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Pick me merupakan istilah dalam bahasa gaul yang sering digunakan di media sosial seperti TikTok, Instagram, maupun Twitter. Meski terbilang kata yang viral, namun masih banyak orang yang belum mengetahui arti pick me.

Secara harfiah, arti kata pick  berarti "jemput aku" atau “pilih aku”. Namun, dalam konteks bahasa slang atau istilah gaul, pick me adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang bersedia melakukan apa saja demi mendapatkan perhatian.

Penggunaan istilah kata pick me telah menjadi tren di media sosial karena sering digunakan untuk menyindir seseorang yang terlalu mencari perhatian berlebihan atau mencoba terlalu keras untuk disukai orang lain.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti pick me dalam bahasa gaul dan penggunaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/12/2023).


Arti Kata Pick Me

Arti Pick Me dalam Bahasa Gaul, Lengkap dengan Penggunaan dan Ciri-Cirinya
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/pixabay

Secara harfiah, arti kata pick  berarti "jemput aku" atau “pilih aku”. Namun, dalam konteks bahasa slang atau istilah gaul, pick me adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang bersedia melakukan apa saja demi mendapatkan perhatian. Sedangkan dalam Urban Dictionary, 'pick me' berarti seseorang yang rela melakukan apa pun untuk mendapatkan perhatian dan diterima oleh sebuah kelompok.

Dalam media sosial, kata pick me ada dua jenis yakni pick me boy dan pick me girl. Pick me girl ditujukan untuk menggambarkan seorang gadis yang berusaha terlihat berbeda untuk menarik perhatian pria. Terkadang, seorang pick me girl bisa merendahkan gadis atau perempuan lain agar terlihat lebih menonjol.

Sedangkan istilah pick me boy, yaitu untuk seorang laki-laki yang berusaha agar terlihat dan dipilih oleh perempuan. Istilah lain dari pick me boy juga dikenal dengan simps, atau terkadang nice guys. Pria yang cenderung memiliki sifat ini akan berusaha sedemikian rupa agar terlihat menarik dihadapan perempuan.


Penggunaan Kata Pick Me

Arti Pick Me dalam Bahasa Gaul, Lengkap dengan Penggunaan dan Ciri-Cirinya
Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Kata "pick me" sering digunakan di media sosial dan kehidupan sehari-hari untuk mengekspresikan keinginan seseorang untuk dipilih, diakui, atau diperhatikan. Dalam konteks media sosial, "pick me" sering digunakan untuk meminta perhatian atau pengakuan dari orang lain.

Dalam bahasa gaul, 'pick me' sering digunakan dalam konteks meme atau lelucon untuk menyindir seseorang yang terlalu ingin mendapatkan perhatian atau pengakuan. Kata ini sering digunakan secara ironis untuk mengekspresikan keinginan seseorang untuk dipilih atau diakui, meskipun sebenarnya tidak serius atau tidak pantas untuk dipilih.

Secara umum, 'pick me' dapat memiliki konotasi negatif karena terkesan merasa terlalu istimewa atau ingin menonjolkan diri. Namun, dalam konteks yang tepat, kata ini juga dapat digunakan sebagai ungkapan humor yang menyindir sikap seseorang yang terlalu ingin mendapatkan perhatian.


Ciri-Ciri Sifat Pick Me

Arti Pick Me dalam Bahasa Gaul, Lengkap dengan Penggunaan dan Ciri-Cirinya
Ilustrasi membuat konten TikTok. (Sumber foto: Pexels.com).

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, istilah pick me dalam bahasa gaul memiliki arti seseorang yang bersedia melakukan apa saja demi mendapatkan perhatian orang lain. Pick me sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni pick me boy dan pick me girl. Berikut ciri-ciri seseorang yang memiliki sifat pick me girl, yakni:

  1. Suka pamer make up atau berpenampilan cantik dan menarik.
  2. Sering berusaha untuk tampil beda dari perempuan lain agar dilihat sebagai orang yang unik.
  3. Sering pergi dengan laki-laki.
  4. Ingin menjadi primadona di kalangan laki-laki.
  5. Sering mempermalukan perempuan lain, agar terlihat lebih menarik dan memiliki kelebihan.

Sedangkan untuk pick me boy, berikut ini ciri-cirinya yang bisa anda kenali adalah:

  1. Pura-pura menjadi feminis, dan menjatuhkan pola pikir laki-laki lain agar terlihat berbeda dan berpihak pada perempuan.
  2. Mudah terintimidasi dengan laki-laki yang percaya diri.
  3. Sering merendahkan teman laki-laki lainnya.
  4. Selalu ingin menunjukkan sisi perilaku yang ramah dan lembut pada perempuan, tetapi bisa berubah ketika ditolak.

Istilah Bahasa Gaul Lainnya

Arti Pick Me dalam Bahasa Gaul, Lengkap dengan Penggunaan dan Ciri-Cirinya
Ilustrasi Pergaulan Anak Remaja Credit: pexels.com/pixabay

Selain kata pick me dalam bahasa gaul, berikut ini juga ada banyak istilah dalam bahasa gaul yang sering anda temui di media sosial namun tidak tau apa artinya. Berikut rinciannya:

  1. Baper: singkatan dari Bawa Perasaan. Istilah gaul baper merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain.
  2. Bosque: Bosku.
  3. Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.
  4. Cans: Cantik
  5. Garing: Tidak lucu
  6. Gaje: Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.
  7. Gans: Ganteng
  8. Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.
  9. Gils: Gila
  10. Goks: Gokil
  11. Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.
  12. Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.
  13. Kerad: Pelesetan dari keras. Digunakan untuk menunjukkan sifat atau kelakuan seseorang yang keras.
  14. Kids jaman now: Anak zaman sekarang.
  15. Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada Kondisi Muka.
  16. Kuy: Yuk. Kata ajakan kebalikan membaca dari yuk.
  17. Rumbling: Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berarti gemuruh atau bergemuruh. Dalam konteks Attack on Titan, Rumbling menjadi inti cerita dalam Season Final Part 2. Istilah rumbling digunakan karena gemuruh suara dan goncangan yang terjadi akibat gerakan massal wall titan ketika menyerang.
  18. Cuaks : Seruan yang sering diucapkan pada akhir kalimat dengan nada sindiran. Remaja ramai-ramai menggunakan kata ini untuk mengekspresikan protesnya, dengan arti buruk atau negatif terhadap suatu gagasan. Catcalling: Bentuk pelecehan seksual yang terjadi di ruang publik, khususnya ditujukan kepada perempuan. 
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya