Apa Saja Vitamin untuk Ibu Hamil? Berikut Rekomendasi Produk Suplemen Kehamilan

Vitamin untuk ibu hamil memiliki peran yang vital dalam berbagai proses biologis yang terjadi dalam tubuh, termasuk dalam pembentukan jaringan, sintesis DNA, dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 07 Mar 2024, 11:40 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2024, 11:40 WIB
Contoh ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil yang tidak sabar untuk bertemu dengan buah hati. (Foto: Freepick.com/jcomp)

Liputan6.com, Jakarta Selama masa kehamilan, asupan nutrisi menjadi hal yang tak bisa diabaikan. Kehamilan bukan hanya tentang mempersiapkan tubuh ibu untuk menghadapi proses melahirkan, tetapi juga memberikan dukungan nutrisi yang optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Pemenuhan kebutuhan gizi menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.

Vitamin untuk ibu hamil memiliki peran yang vital dalam berbagai proses biologis yang terjadi dalam tubuh, termasuk dalam pembentukan jaringan, sintesis DNA, dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Beberapa vitamin yang menjadi fokus utama selama kehamilan adalah asam folat, zat besi, kalsium, dan mineral.

Meskipun sebagian besar nutrisi penting ini dapat diperoleh dari makanan sehari-hari, tetapi ada saat-saat di mana tambahan vitamin untuk ibu hamil diperlukan untuk memastikan kebutuhan gizinya terpenuhi. Produk suplemen yang dirancang khusus untuk ibu hamil dapat menjadi pilihan yang baik untuk memastikan asupan nutrisi yang optimal selama kehamilan. Berikut ulasan lebih lanjut tentang vitamin untuk ibu hamil yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jenis Suplemen yang Diperlukan Ibu Hamil

nutrisi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil sedang makan/copyright freepik.com/gpointstudio

Selain dari makanan sehari-hari, banyak dokter merekomendasikan suplemen tambahan untuk memastikan bahwa kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi secara optimal. Berikut adalah beberapa jenis vitamin tambahan yang penting bagi ibu hamil beserta manfaatnya.

1. Asam Folat

Asam folat diperlukan untuk mencegah cacat pada sistem saraf bayi (neural tube defects - NTD). Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko NTD, yang mulai berkembang pada 28 hari pertama setelah pembuahan. Asupan asam folat yang cukup dapat ditemukan dalam sayuran hijau, sereal gandum, kacang-kacangan, dan jeruk.

2. Vitamin D

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta mendukung pertumbuhan tulang janin. Kekurangan vitamin D dapat memengaruhi pertumbuhan tulang janin. Sumber vitamin D yang baik termasuk salmon, sarden, telur, daging, dan paparan sinar matahari.

3. Kalsium

Kalsium mendukung pembentukan dan pertumbuhan tulang janin, serta penting untuk kesehatan tulang dan gigi ibu hamil. Sumber kalsium termasuk tahu, tempe, yoghurt, susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

5. Zat Besi

Zat besi penting untuk transportasi oksigen ke seluruh tubuh melalui darah dan pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan ibu dan janin.

6. Zinc

Zinc supplementation dapat mengurangi risiko kelahiran prematur. Zinc juga penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh.

7. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu mencegah efek merusak dari etanol dan diabetes pada janin, serta dapat mencegah berat badan rendah saat lahir.

8. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1, B2, B6, dan B12, penting untuk energi, sistem saraf, pembentukan sel darah merah, dan mencegah cacat tabung saraf pada janin.

9. Vitamin Lain

Selain itu, vitamin A, beta karoten, vitamin C, dan vitamin lainnya juga penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan asupan vitamin tambahan yang sesuai dengan kebutuhan individu selama masa kehamilan. Dengan memastikan asupan vitamin yang cukup, ibu hamil dapat membantu memastikan kesehatan yang optimal bagi dirinya dan bayinya.


Rekomendasi Produk Vitamin untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Suplemen Kesehatan
Ilustrasi Suplemen Kesehatan (Foto: Pixabay/Jerzy Gorecki)

Ada berbagai jenis produk suplemen kehamilan yang dapat dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebelum mengonsumsi produk suplemen, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan kebutuhan gizi individu terpenuhi dengan baik. Dengan memilih suplemen yang sesuai dan mematuhi dosis yang direkomendasikan, ibu hamil dapat mendukung kesehatan dirinya dan perkembangan janin dengan optimal.

Berikut adalah beberapa produk suplemen yang direkomendasikan untuk ibu hamil

1. Promavit 10 Kapsul

Suplemen ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, D3, B6, B12, asam folat, magnesium, kalsium, dan asam lemak omega-3. Dengan dosis penggunaan 2 kapsul per hari, Promavit dapat membantu mendukung perkembangan janin dan memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

2. Prolacta for Mother 10 Kapsul

Suplemen ini mengandung DHA dan EPA, serta vitamin E, yang penting untuk perkembangan otak janin dan memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Dengan dosis penggunaan 1 kapsul per hari, Prolacta for Mother dapat memberikan dukungan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

3. Folamil Genio 30 Kapsul

Suplemen multivitamin ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dan menyusui. Dengan kandungan asam folat, vitamin B kompleks, vitamin D3, tembaga, DHA, dan arachidonic acid, Folamil Genio dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

4. Folavit 400 mcg 10 Tablet

Folavit adalah vitamin ibu hamil yang membantu mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah. Dengan dosis pemakaian yang direkomendasikan, Folavit dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh dan mencegah gangguan kehamilan.

5. Blackmores I-Folic

Suplemen ini mengandung asam folat dan yodium, yang penting untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan dan mendukung perkembangan otak, penglihatan, dan pendengaran janin. Dengan dosis penggunaan 1 kapsul per hari, Blackmores I-Folic dapat memberikan nutrisi yang diperlukan bagi ibu hamil.

6. Nutrimax Vitamin D3 1000 IU 60 Tablet

Suplemen ini mengandung vitamin D3, yang penting untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, serta mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Dengan dosis penggunaan yang sesuai, Nutrimax Vitamin D3 dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D selama masa kehamilan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya