Rahasia Hubungan Harmonis, 6 Cara untuk Meningkatkan Kedekatan Anak dengan Orang Tua

Ada beberapa metode untuk membentuk hubungan yang kokoh dengan anak.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 18 Sep 2024, 17:33 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 17:33 WIB
keluarga bahagia
Studio Selfmade memiliki ilustrasi ibu dan anak.

Liputan6.com, Jakarta Membangun hubungan yang harmonis antara orang tua dan anak merupakan fondasi penting dalam pengasuhan. Hubungan yang erat dan penuh kasih sayang tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak, tetapi juga membentuk karakter serta kepercayaan diri mereka. Dalam kehidupan yang serba cepat dan penuh dengan kesibukan, orang tua sering kali menghadapi tantangan untuk menjaga kedekatan dengan anak-anak mereka.

Salah satu cara utama untuk meningkatkan kedekatan dengan anak adalah dengan meluangkan waktu berkualitas bersama mereka. Waktu yang dihabiskan bersama tidak harus dalam durasi yang panjang, namun yang terpenting adalah kualitas interaksi yang terjadi. Aktivitas sederhana seperti bermain, membaca buku, atau bahkan sekadar mengobrol dapat menjadi momen berharga yang mempererat hubungan.

Selain itu, komunikasi yang terbuka dan jujur juga memainkan peran vital dalam membangun hubungan yang harmonis. Mengajak anak untuk berbicara tentang perasaan, kegiatan sehari-hari, dan pengalaman mereka adalah langkah awal yang baik. Orang tua perlu mendengarkan dengan penuh perhatian tanpa menghakimi, sehingga anak merasa aman untuk mengekspresikan diri mereka, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (18/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menunjukkan Rasa Cinta

Contoh ilustrasi anak dan ibu
Tips untuk mendidik anak agar berani mengemukakan pendapatnya adalah seperti yang ditunjukkan dalam gambar ini. (Foto: Pexels,com/Ketut Subiyanto)

Menunjukkan kasih sayang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberikan pelukan, ciuman, atau mengungkapkan kata-kata yang lembut. Tindakan sederhana ini dapat memberikan rasa aman dan membuat anak merasa dicintai. Jangan ragu untuk menunjukkan kasih sayangmu kepada anak-anak.


2. Menunjukkan Konsistensi

Mengenal Digital Parenting, Cara Mendidik Anak di Era Digital dengan Cerdas
Orangtua perlu mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman (foto: Pexels/Alex Green)

Konsistensi dalam pola asuh sangat penting. Anak membutuhkan struktur dan rutinitas yang jelas untuk merasa aman. Berikan batasan dan aturan yang konsisten, tetapi tetap fleksibel dan adil. Ini akan membantu anak memahami apa yang diharapkan dan merasa aman dalam batasan yang kamu buat.

 


3. Gembira saat Bermain dan Berinteraksi

Pendidikan dari orang tua
Cara orang tua berinteraksi dengan anak dan bagaimana orang tua mendisiplinkan anak akan menjadi pengaruh sepanjang hidup (Foto: Freepik.com)

Bermain adalah cara yang bagus untuk membangun ikatan batin dan anak bisa belajar banyak hal serta merasa lebih dekat dengan orangtua. Ajak anak bermain dan berinteraksi dengan gembira agar tercipta kenangan indah yang akan selalu mereka ingat.

 


4. Berikan Kesempatan untuk Tumbuh dan Berkembang

orangtua dan anak
Ilustrasi yang terdapat di gambar tersebut menampilkan seorang ibu muda bersama anaknya.

Berikan penghargaan pada setiap usaha dan pencapaian anak, sekecil apa pun itu. Pengakuan dan pujian dapat memberikan dorongan positif dan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Jangan hanya fokus pada hasil akhir, tetapi hargai proses dan usaha yang telah mereka lakukan. Dengan mengikuti saran-saran di atas, Anda dapat membangun ikatan batin yang kuat dengan anak. Ingatlah bahwa setiap momen yang dihabiskan bersama adalah investasi berharga dalam hubungan Anda. Semoga saran ini bermanfaat dan selamat mencoba!


5. Berikan Dukungan Emosional

interaksi anak ortu
Ilustrasi interkasi anak dan orang tua | copyright freepik

Dalam menghadapi masalah atau merasa sedih, berikan dukungan emosional yang diperlukan kepada anak. Dengarkan dengan empati dan berikan kata-kata penyemangat. Pastikan anak tahu bahwa kamu selalu ada untuk mendukungnya, tak peduli apa yang terjadi.


6. Jadilah Teladan yang Baik

Parenting / ruang privasi untuk anak
Pentingnya Ruang Privasi untuk Anak yang Sering Orang Tua Abaikan copyright/freepik

Anak akan cenderung meniru apa yang dilakukan orangtua. Oleh karena itu, sebagai orangtua, anda harus menjadi teladan yang baik dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Tunjukkan nilai-nilai positif seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kebaikan agar anak dapat belajar dan mengadopsi nilai-nilai tersebut dalam kehidupannya.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya