Mengatasi Masalah Hidup, Ini 5 Cara untuk Tetap Bersyukur di Tengah Kesulitan

Meskipun dihadapkan pada masa-masa sulit dalam hidup, menemukan cara untuk tetap bersyukur dapat memberikan kekuatan dan ketenangan yang besar.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 27 Sep 2024, 16:07 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 16:07 WIB
Bersyukur
Kredit untuk ilustrasi ini diberikan kepada AndreaPiacquadio di pexels.com.

Liputan6.com, Jakarta Hidup adalah perjalanan yang penuh dengan tantangan dan rintangan yang tak terduga. Terkadang, situasi yang dihadapi membuat seseorang merasa terpuruk dan kehilangan harapan. Namun, di tengah segala kesulitan, penting untuk menemukan cara untuk tetap bersyukur. Bersyukur bukan hanya tentang mengakui tindakan baik dalam hidup, tetapi juga tentang menjaga keseimbangan emosional dan mental yang esensial untuk menghadapi masa-masa sulit.

Dengan bersyukur, seseorang bisa menemukan kekuatan dan ketenangan yang diperlukan untuk terus maju meski dalam keadaan yang paling menantang. Setiap individu memiliki metode tersendiri dalam mengatasi tantangan hidup, namun ada beberapa langkah universal yang dapat membantu untuk tetap bersyukur meski di tengah kesulitan.

Menemukan rasa syukur dalam situasi sulit bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan usaha dan niat yang tulus, diri dapat dilatih untuk melihat sisi positif dalam setiap keadaan. Artikel ini akan membahas lima langkah praktis yang dapat diterapkan untuk tetap bersyukur, meskipun hidup sedang tidak berjalan sesuai rencana, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Berpusat pada Masalah Kecil

Ilustrasi bersyukur
Ilustrasi bersyukur. (Image by jcomp on Freepik)

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah mengalihkan fokus pada masalah kecil. Ketika menghadapi masalah besar, seringkali lupa untuk menghargai tindakan kecil dalam hidup. Setiap hari, cobalah untuk meluangkan waktu untuk merenungkan tindakan kecil yang pantas disyukuri.

Misalnya, secangkir kopi hangat di pagi hari, senyuman dari orang yang dicintai, atau bahkan udara segar yang dihirup. Tindakan kecil ini bisa menjadi pengingat bahwa masih banyak indakan baik dalam hidup yang harus disyukuri. 


2. Tulis Jurnal Syukur

Ilustrasi diri sendiri, bekerja, wanita karier, menulis catatan
Ilustrasi diri sendiri, bekerja, wanita karier, menulis catatan. (Image by benzoix on Freepik)

Menulis jurnal syukur bisa membantu tetap fokus pada aspek positif dalam hidup. Setiap malam, cobalah mencatat tiga aspek yang disyukuri dalam hari itu. Meskipun indakan tersebut mungkin terlihat sederhana, namun dapat membuat perasaan menjadi lebih baik.

Ketika melihat kembali jurnal ini di masa depan, perspektif yang lebih positif tentang hidup akan didapatkan. Selain itu, jurnal ini juga akan mengingatkan bahwa hidup sebenarnya lebih baik dari yang dipikirkan. Sikap ini dapat menjadi pengingat bahwa pengalaman hidup yang buruk sebenarnya dapat menjadi pelajaran berharga.


3. Melakukan Meditasi dan Introspeksi.

perempuan meditasi cantik
Ilustrasi ini menunjukkan ketenangan dan kedamaian.

Dengan bermeditasi dan merenung, seseorang dapat memperoleh alat yang kuat untuk membantu tetap bersyukur. Melalui meditasi, kesadaran akan pikiran dan perasaan dapat ditingkatkan, serta belajar untuk menerima keadaan saat ini tanpa menghakimi.

Selain itu, refleksi diri juga penting untuk dilakukan, di mana waktu diluangkan untuk merenung tentang pelajaran yang telah diperoleh dari tantangan yang dihadapi. Selain meditasi dan refleksi, mendekatkan diri pada Tuhan melalui ibadah yang lebih giat juga akan membantu merasakan ketenangan dan kenyamanan dalam segala keadaan. 


4. Membantu Individu Lain

Ilustrasi sedekah
Gambar ilustrasi tentang sedekah. Foto oleh Freepik.

Membantu orang lain yang mungkin sedang menghadapi kesulitan dapat memperkuat perasaan positif dan rasa syukur. Dengan mendengarkan cerita seseorang atau memberikan bantuan sederhana, seseorang dapat merasa lebih bersyukur atas apa yang dimiliki selama ini. Selain itu, melihat banyak orang di luar sana yang lebih terpuruk dapat menjadi motivasi untuk hidup dengan lebih baik dan lebih mensyukuri hidup.


5. Mengganti Sudut Pandang

Ilustrasi berdoa, bersyukur
Ilustrasi berdoa, bersyukur. (Photo by Arina Krasnikova/Pexels)

Melihat suatu situasi dari sudut pandang yang berbeda dapat mempengaruhi perasaan anda. Cobalah mencari pelajaran yang dapat dipetik dan peluang untuk tumbuh dan berkembang dari situasi tersebut. Mengubah perspektif akan membantu anda menemukan tindakan yang dapat disyukuri, bahkan dalam keadaan sulit.

Tetap bersyukur meski hidup sedang sulit bukanlah masalah yang mudah, namun ini sangat mungkin untuk dilakukan. Ingatlah bahwa rasa syukur adalah alat yang kuat untuk menjaga keseimbangan emosional dan mental anda, bahkan dalam masa-masa sulit. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan panduan bagi Anda yang sedang mencari cara untuk tetap bersyukur dalam setiap keadaan. Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya