4 Tips Sukses Membuat Roti Maryam yang Rapi dan Lezat untuk Dijual

Resep sederhana untuk membuat roti Maryam yang mudah diolah di rumah, sempurna sebagai ide jualan dengan hasil yang rapi dan lezat.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 02 Sep 2024, 13:22 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 13:22 WIB
Resep Praktis Roti Canai
Roti canai lezat disantap bersama gulai/copyright: 21food

Liputan6.com, Jakarta Roti Maryam, yang dikenal sebagai makanan khas dari India, kini telah menyebar luas ke berbagai wilayah Asia Tenggara seperti Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, hingga Singapura. Di Indonesia, roti ini sering ditemukan di kedai atau rumah makan khas Aceh. Selain itu, pedagang keliling juga sering menjajakan roti ini di sekitar sekolah dan kampus, membuatnya semakin populer di berbagai kalangan.

Roti Maryam tidak hanya lezat, tetapi juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu protein tinggi, garam, telur, air, margarin, dan minyak, siapa pun bisa mencoba membuatnya. "Roti Maryam ini sangat simpel untuk diolah, bisa juga jadi ide jualan yang menarik," ungkap seorang pengguna TikTok dengan akun @undanyaisraalfan.

Walaupun bahan-bahan dan proses dasarnya cukup sederhana, banyak orang masih merasa kesulitan saat harus membentuk adonan roti Maryam agar hasilnya cantik dan berlapis-lapis. Pengguna TikTok @undanyaisraalfan membagikan dua teknik untuk menghasilkan roti Maryam yang menarik dan rapi, seperti yang dijual di pasaran."Aku mau spill kebetulan videonya masih ada di galeri aku. (Cara membentuknya) ada dua ya guys," jelasnya.

Berikut langkah-langkahnya yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

 


1. Lebarkan Adonan

Roti Canai
Ilustrasi Roti Canai Credit: freepik.com

Pertama-tama, adonan roti Maryam dilebarkan dengan cara dihentakkan dan ditarik ujung-ujungnya. Gunakan talenan atau piring besar agar lebih mudah membentuknya.


2. Olesi Margarin

Apa itu Roti Canai?
Ilustrasi Roti Canai Credit: Freepik.com

Setelah adonan cukup lebar, oleskan margarin di seluruh permukaannya. Tak perlu terlalu rapi, cukup pastikan margarin tersebar merata.

 


3. Lipat dan Gulung

Roti Maryam
Ilustrasi Roti Maryam Credit: freepik.com

Lipat adonan memanjang dengan margarin berada di dalam lipatan. Kemudian, gulung adonan dari kedua ujungnya dengan arah yang berbeda, satu ke atas dan satu ke bawah. Setelah kedua gulungan bertemu di tengah, satukan dengan cara menumpuk dan tekan-tekan agar adonan bersarang.


4. Teknik Alternatif Melipat Adonan

oti maryam
Ilustrasi cara membuat roti maryam/copyrightinstagram/@dian.sari87

Ada teknik lain yang bisa diterapkan, yakni melipat adonan dengan pola zig-zag. Meski teknik melipat berbeda, hasilnya tetap sama, yakni adonan yang berlapis-lapis. "Dilipit kayak kipas-kipas SD gitu, lho guys. Lipat, terus ujungnya sama kayak tadi, ada yang di atas ada yang di bawah. Hasilnya, jadinya tuh sama aja nggak ada beda," tambah @undanyaisraalfan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya