Segar dan Sehat, Ini 5 Jus Buah yang Ampuh Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Aneka jenis jus buah bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 24 Okt 2024, 16:09 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2024, 16:09 WIB
Jus Nanas dan Lemon
Resep jus nanas dan lemon bagi penderita kolesterol (foto: Pexels/Kindel Media)

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol tinggi dan asam urat adalah dua kondisi kesehatan yang sering kali saling berkaitan dan memerlukan perhatian khusus dalam pengelolaan pola makan. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh. Salah satu cara yang efektif dan menyegarkan untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi jus buah.

Jus buah tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga mengandung senyawa alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat, menjadikannya pilihan yang ideal untuk mendukung kesehatan jantung dan sendi. Mengintegrasikan jus buah ke dalam diet harian dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, terutama bagi mereka yang berjuang dengan masalah kolesterol dan asam urat.

Dalam artikel ini, akan membahas lima jenis jus buah yang tidak hanya lezat tetapi juga ampuh dalam membantu menurunkan kolesterol dan asam urat, berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/10/2024).

1. Minuman Nanas

Jus Nanas
Ilustrasi Jus Nanas Credit: pexels.com/Sora

Nanas merupakan buah yang kaya akan antioksidan, yang berfungsi membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh. Enzim bromelain yang ada di dalamnya juga dikenal efektif dalam membersihkan penumpukan kolesterol di arteri.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas juga berperan penting dalam mencegah atau menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi nanas secara rutin diyakini dapat mengurangi risiko serangan jantung bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

2. Minuman Stroberi

Stroberi dan mangga
Jus buah dari campuran stroberi dan mangga. (Foto: Feel Good Foodie)

Menurut sebuah laporan, disebutkan bahwa mengonsumsi jus stroberi bisa efektif menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, polifenol yang ada dalam stroberi berfungsi dalam mengatur sirkulasi darah di sistem pembuluh darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi stroberi, baik dalam bentuk buah segar maupun jus, dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Minuman jeruk

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C
Ilustrasi jus jeruk. Credit: unsplash.com/PhotoMIX

Makan jeruk bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah berkat tingginya vitamin C. Selain itu, pektin dan limonoid yang terkandung dalam jeruk turut memperlambat pengerasan pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

4. Minuman Semangka

Jus semangka (Sumber: freepik.com/jcomp)
Jus semangka (Sumber: freepik.com/jcomp)

Semangka kaya akan glutathione, yang berperan dalam menurunkan kolesterol berlebih, mencegah plak di pembuluh darah, dan meningkatkan kinerja ginjal. Selain itu, konsumsi jus semangka dapat membantu mengurangi kadar asam urat yang berlebihan di ginjal dan pembuluh darah.

5. Minuman Apel

Obati Sinusitis dengan Mengkonsumsi Jus Ini
Jus apel dan wortel. (via: cuisineaz.com)

Apel kaya akan polifenol, yang berperan penting dalam mencegah pembentukan plak di pembuluh darah akibat tingginya kadar LDL. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 375 ml jus apel setiap hari selama 6 minggu dapat menurunkan risiko penumpukan LDL.

Di samping itu, serat dalam apel dapat menyerap kelebihan asam urat dalam darah. Apel juga memiliki kandungan asam malat yang tinggi, yang efektif dalam menetralkan dampak asam urat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya