Hari Ekonomi Kreatif Nasional 24 Oktober, Bukti Pelaku Usaha Tak Dipandang Sebelah Mata

Tahun ini, Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) menyambut Hekrafnas dengan menggelar Ekrafest 2024. Kegiatan yang berlangsung di Sarinah itu digelar selama dua hari, yakni pada 24 sampai 25 Oktober 2024.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 24 Okt 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2024, 18:00 WIB
Hari Ekonomi Kreatif Nasional Resmi Ditetapkan pada 24 Oktober, Kemenparekraf Bakal Beri Penghargaan untuk Pelaku Ekraf
Hari Ekonomi Kreatif Nasional Resmi Ditetapkan pada 24 Oktober, Kemenparekraf Bakal Beri Penghargaan untuk Pelaku Ekraf.  foto: Youtube Kemenparekraf

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) diperingati setiap 24 Oktober. Tahun ini merupakan tahun kedua peringatan Hekrafnas.

Mengutip dari Kemenparekraf, penetapan Hekrafnas telah ditandatangani oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) yang saat itu menjabat, Sandiaga Salahuddin Uno, pada 2023. Penetapan ini ditandai dengan penandatanganan Keputusan Menteri tentang Hari Ekonomi Kreatif Nasional yang ditetapkan setiap 24 Oktober.

Hari Ekonomi Kreatif Nasional lahir sebagai 'Lebaran'-nya para pelaku ekonomi kreatif. Peringatan ini sekaligus menjadi momen bagi para pelaku kreatif untuk berkolaborasi dan bersinergi demi membangun ekosistem kreatif.

Hal tersebut akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional. Dengan demikian, pertumbuhan dan perkembangan sektor ekonomi secara berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045 dapat terwujud.

Tahun ini, Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) menyambut Hekrafnas dengan menggelar Ekrafest 2024. Kegiatan yang berlangsung di Sarinah itu digelar selama dua hari, yakni pada 24 sampai 25 Oktober 2024.

Acara tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari Ekrafs Talk, Ekrafs Market, Film Spot dan Game Spot, hingga Ekrafs Concert & Show. Ekrafs Talk merupakan sesi diskusi inspiratif dengan tokoh-tokoh ekonomi kreatif, sedangkan Ekrafs Market merupakan ruang bagi para pelaku kreatif memamerkan dan menjajakan produk-produk kreatif lokal mereka.

Adapun Film Spot dan Game Spot memungkinkan pengunjung untuk dapat menikmati karya film dan permainan interaktif. Selanjutnya, Ekrafs Concert & Show bakal menampilkan festival musik dan pertunjukan seni dari Fourtwnty, Meiska, Manshur Angklung, Nareii, Kidunghara, Teater Anak Tanah Air, Ishlah Bio, serta Gekrafs All Stars.

Hari Ekonomi Kreatif Nasional hadir sebagai bentuk penegasan bahwa pelaku ekraf tak lagi dipandang sebelah mata. Setiap tahunnya, Hekrafnas akan hadir sebagai Lebaran-nya para pelaku kreatif.

 

Penulis: Resla

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya