Tingkah Aneh Tapi Nyata Kambing Lepas Ikut Lari Maraton, Sabet Medali

Tak ada yang tahu kenapa kambing ikut lari jarak jauh.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 02 Okt 2024, 09:45 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 09:45 WIB
Kambing
Kambing di Kanada Lepas Kandang Malah Ikut Lari Maraton (Sumber: Ilustrasi Kambing Pexels/cansu D)

Liputan6.com, Jakarta Fenomena aneh sering terjadi di sekitar kita. Tak hanya alam, terkadang hewan melakukan aksi aneh yang membuat orang geleng kepala. Seperti tingkah seekor kambing yang ikut lari maraton bersama ratusan peserta di Kanada.  

Peristiwa unik ini terjadi pada T'Railway Trek Half Marathon di Conception Bay South, Newfoundland, Kanada, pada 29 September lalu. Seekor kambing dari Taylor's Greenhouse and Pumpkin Patch bernama Joshua mulai berlari bersama 250 peserta lainnya. Kambing ini bahkan sempat memimpin perlombaan sebelum tertangkap oleh pemiliknya.  

Joshua berhasil berlari sejauh 4 kilometer atau hampir sepertiga dari total lomba sebelum ditangkap sekitar 457 meter sebelum garis finish. Meski begitu, pemiliknya mengantarnya hingga garis finis di tengah sorakan penonton yang terpesona. Tak hanya itu, Joshua diberi medali sebagai penghargaan atas aksi uniknya yang tidak terduga.  

Aksi aneh kambing ikut lari maraton ini segera menjadi sorotan di media sosial. Joshua kini dikenal sebagai kambing yang pernah mengikuti setengah maraton, dan ia telah menjadi bintang lokal di komunitas setempat.  Berikut Liputan6.com merangkum aksi unik kambing ikut lari maraton melansir dari The Chronicle Journal, Rabu (2/10/2024)


Kambing Lepas dari Kandang

Kambing Lari Maraton
Kambing di Kanada Lepas Kandang Malah Ikut Lari Maraton (Sumber:CBC News)

Joshua, kambing milik peternakan Taylor's Greenhouse and Pumpkin Patch, secara tak terduga melepaskan diri dari kandangnya pada 29 September lalu. Saat itu, 250 pelari sedang berlomba dalam acara T'Railway Trek Half Marathon yang melewati kandang Joshua. Melihat para pelari, Joshua langsung berlari bergabung dengan mereka tanpa ragu.  

Aksi aneh kambing ini membuat pelari dan penonton kebingungan namun juga terhibur. Pemiliknya, Heidi Taylor, menyebut bahwa kambing ini biasanya penurut. Joshua berlari bersama para peserta sejauh 4 km sebelum akhirnya berhasil tertangkap.  

“Kami sering mengajaknya berjalan, tapi kali ini Joshua sepertinya ingin ikut lari,” ujar Taylor. 


Lacak Kambing dari Media Sosial

Ilustrasi ibadah kurban dalam Islam, kambing
Ilustrasi ibadah kurban dalam Islam, kambing. (Image by Freepik)

Pemilik Joshua baru mengetahui kambingnya lepas ketika melihat unggahan di media sosial. Peserta dan penonton mulai mengunggah foto serta video Joshua yang berlari bersama peserta lari maraton. 

“Kami mulai mencari lokasi Joshua setelah melihat postingan di Instagram,” ujar Heidi Taylor kepada CBC News

Aksi kambing lepas ini memang tak terduga, tetapi menghibur banyak orang. Taylor menyebut bahwa Joshua tidak pernah bertingkah seperti ini sebelumnya. 

“Dia biasanya sangat tenang, jadi kami semua bingung ketika tahu dia ikut berlari,” ungkap Taylor. 


Dapat Medali dan Sorak Penonton

Kambing Lari Maraton
Kambing di Kanada Lepas Kandang Malah Ikut Lari Maraton (Sumber:CBC News)

Joshua, kambing yang ikut lari maraton, akhirnya mencapai garis finis diiringi tepuk tangan meriah dari penonton. Meski tidak terdaftar sebagai peserta, Joshua berhasil menyelesaikan lomba setengah maraton tersebut.

“Kami langsung memberikan medali kepadanya ketika ia sampai di garis finis,” ungkap Walikota Darrin Bent.

Penonton yang terpesona langsung bertepuk tangan melihat Joshua yang tiba di garis finis. Kambing ini berhasil mencuri perhatian sepanjang lomba dan menjadi sorotan utama. Bahkan, beberapa pelari menyempatkan diri untuk berfoto dengan Joshua usai perlombaan.  

Joshua kini menjadi bintang lokal di Conception Bay South. Ia bahkan diundang kembali pada lomba tahun depan, bukan sebagai pelari, melainkan sebagai maskot resmi lomba maraton tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya