Survei Indo Barometer: Jokowi-JK Unggul di Jawa dan Luar Jawa

Dari segmen jenis kelamin, dukungan perempuan lebih besar jatuh ke pasangan Jokowi-JK.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 17 Jun 2014, 14:16 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2014, 14:16 WIB
Jokowi-JK dan Prabowo Hatta (2)
Jokowi-JK dan Prabowo Hatta (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla, masih lebih unggul dibandingkan lawannya, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Berdasarkan hasil survei yang digelar lembaga survei Indo Barometer, pasangan Jokowi-JK unggul di banyak provinsi.

"Jokowi-JK unggul di Provinsi Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Sulawesi Selatan. Sedangkan Prabowo-Hatta unggul di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Jawa Barat. Di Provinsi Lampung, dukungan untuk 2pasangan sama besar," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Berdasarkan pulau, lanjut Qodari, Jokowi-JK tak hanya unggul di wilayah Jawa, tapi juga di luar Jawa, seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua. Sementara Prabowo-Hatta unggul di Sumatera, Nusa Tenggara, dan Maluku.

Dari segmen jenis kelamin, dukungan perempuan lebih besar jatuh ke pasangan Jokowi-JK. "Dari segi etnisitas, Prabowo-Hatta sebenarnya unggul di suku nomor 2 terbesar yakni Sunda. Namun, mereka kalah telak di pemilih terbesar, yakni etnis Jawa. Ini isu yang harus dicari solusinya oleh Prabowo-Hatta," papar Qodari.

Terkait aspek pekerjaan atau profesi, Qodari menerangkan pekerjaan rumah terbesar pasangan Prabowo-Hatta terletak pada ibu rumah tangga, petani, dan pedagang. Sebab ini 3 profesi dengan pemilih terbesar.

"Dari aspek pendidikan dan pendapatan, ada fenomena menarik di mana Prabowo-Hatta unggul di kelompok pendidikan dan pendapatan tinggi," tandas Qodari.

Survei terkait distribusi pilihan pasangan capres-cawapres dari provinsi-provinsi di Indonesia ini  dilakukan pada 28 Mei sampai 4 Juni 2014. Digelar di 33 provinsi dengan responden 1.200 orang. Margin error 3 persen. (Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya