Ibadah Puasa Makin Khusyuk dengan 6 Aplikasi Ini

Menyambut bulan Ramadan, Tekno Liputan6.com menyajikan informasi aplikasi yang bisa memaksimalkan ibadah puasa Anda.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 01 Jun 2016, 14:15 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2016, 14:15 WIB
Aplikasi Ramadan
Sejumlah aplikasi yang bisa memaksimalkan ibadah Anda di bulan Ramadan (Sumber: Screenshoot).

Liputan6.com, Jakarta - Bulan suci Ramadan sebentar lagi akan tiba. Tentunya, banyak umat Muslim berlomba-lomba untuk membuktikan ketaatannya kepada Tuhan selama sebulan penuh.

Berbagai aplikasi pendukung untuk menunjang ibadah puasa Anda, kini mulai marak di sejumlah toko aplikasi.

Berikut ini beberapa aplikasi bernuansa Islami yang dijamin dapat melancarkan dan memaksimalkan ibadah puasa Anda di bulan Ramadan. 

Baca Juga

1. Jadwal Shalat 

Aplikasi ini membantu Anda untuk mengetahui jadwal shalat lima waktu, baik di bulan Ramadan maupun hari biasa. Bagi Anda yang sedang bekerja maupun memiliki kesibukan sehari-hari, aplikasi ini sangat cocok untuk mengingatkan aktivitas ibadah Anda.

Biasanya, aplikasi ini dilengkapi dengan alarm yang memberikan notifikasi bagi pengguna. Jadwal yang ditampilkan pun sesuai dengan lokasi akurat pengguna.

Di toko aplikasi seperti Google Play Store dan Apple App Store, berbagai jenis aplikasi jadwal shalat ini banyak ditemukan dari berbagai pengembang, misalnya aplikasi Alarm Adzan Sholat dan Arah Kiblat, Waktu Solat-Kiblat, Azan, dan Doa serta Pray Times, Qibla, Azan. 

2. Jadwal Imsakiyah Ramadan 2016

Selain jadwal shalat, aplikasi yang bermanfaat membantu ibadah Anda adalah jadwal imsakiyah Ramadan 2016. Aplikasi ini menampilkan jadwal puasa sepanjang bulan Ramadan meliputi jadwal imsak, jadwal berbuka, dan jadwal shalat.

Nantinya, aplikasi ini juga memberitahukan jadwal sesuai dengan lokasi pengguna. Jadi, Anda tak perlu khawatir bakal salah waktu berbuka

Pada toko aplikasi mobile, aplikasi ini tersedia dari berbagai pengembang, seperti Jadwal Imsakiyah, Jadwal Imsakiyah Ramadan 2016, hingga Jadwal Imsak. Pengguna hanya perlu mengunduh yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tasbih, Quran, hingga Masjid

3. Tasbih

Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan umat muslim saat bulan Ramadan adalah berdzikir. Alih-alih menghitung dengan sebuah tasbih, akan lebih mudah untuk menggunakan aplikasi tasbih yang banyak tersedia di toko aplikasi smartphone.

Aplikasi ini juga memberikan notifikasi getar untuk menandai sudah berapa banyak dzikir yang telah diucapkan.

Beberapa nama aplikasinya di antaranya adalah Real Tasbeeh Counter, Tasbih, Tasbeeh, hingga Tasbih. 


4. Al-Quran

Kegiatan lainnya yang dilakukan umat muslim saat Ramadan adalah membaca ayat suci Al-Quran. Ketika Anda menunggu atau berada di kendaraan umum, aplikasi ini bisa mempermudah Anda membaca Al-Quran.

Pada toko aplikasi, cukup banyak pilihan Al-Quran yang bisa diunduh sesuai kebutuhan Anda. Misalnya adalah Al'Quran Bahasa Indonesia, Al Quran Indonesia, Al-Quran (free), hingga Qurab For Android. 

Beberapa aplikasi bahkan menyiapkan fitur untuk menandai sampai mana bacaan Al-Quran Anda.

Selain itu, aplikasi semacam ini juga menyajikan terjemahan sehingga Anda bisa memahami ayat yang dibaca.

5. Masjid

Dengan bantuan aplikasi ini, Anda bisa menemukan lokasi masjid yang terdekat dari tempat Anda. Tentunya aplikasi ini bakal membantu memaksimalkan ibadah Ramadan bukan?

Beberapa aplikasi untuk mengetahui keberadaan masjid di dekat lokasi Anda di antaranya adalah Masjid Finder, Masjid, serta Nearest Masjid (Mosque).


6. Kalkulator Zakat

Jika bingung menghitung zakat yang harus Anda keluarkan, aplikasi kalkulator zakat membantu Anda dalam menghitung seberapa besar zakat yang harus Anda bayarkan. Aplikasi yang ada di antaranya adalah Kalkulator Zakat, Kalkulator Zakat Indonesia, serta Aplikasi Zakat. 

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya