Quraish Shihab: Ada Berbagai Macam Cahaya di Dunia

Quraish mengatakan, ada cahaya yang nampak seperti cahaya sungguhan, namun ternyata buatan manusia, dan ini adalah lampu listrik.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 25 Mei 2019, 23:20 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2019, 23:20 WIB
Mutiara Hati Quraish Shihab: Taufik
Mohonlah taufik telah diperoleh supaya tidak ada lagi yang kurang dari kita baik di dunia maupun di akhirat. (Foto: SCTV)

Liputan6.com, Jakarta - Quraish Shihab mengatakan, ada beragam jenis cahaya yang ada di dunia. Menurutnya, ada cahaya yang nampak seperti cahaya sungguhan, namun ternyata buatan manusia, dan ini adalah lampu listrik.

"Ada cahaya yang kelihatannya seperti cahaya sungguhan, tapi dia olahan manusia, ini seperti halnya lampu listrik. Cahaya ini tak perlu dinyalakan ketika matahari bersinar, mubadzir namanya," ujar Quraish.

Quraish menegaskan, apabila memang sudah ada tuntunan Allah yang pasti, maka kita tidak perlu lagi mencari tuntunan lain.

"Dan jangan lupa ada terang yang diduga cahaya, padahal itu bukan cahaya, seperti yang nampak sebelum fajar menyingsing," ucapnya.

Pendiri Pusat Studi Alquran ini mengingatkan, ada pula cahaya yang dapat kita lihat dan tidak.

"Ingatlah, ada tuntunan agama yang jelas sehingga dapat terjangkau dengan mudah oleh nalar dan ada juga yang tidak demikian, tidak ubahnya dengan sinar x," tutup Quraish.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya