Sebelum Mudik Lebaran 2022, Kenali Dua Jenis Servis Berkala pada Mobil

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan pelonggaran saat Ramadan dan juga izin melakukan mudik Lebaran 2022 beberapa waktu lalu.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 10 Apr 2022, 02:20 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2022, 02:20 WIB
Servis Mobil
Dari sekian banyak perawatan mobil, beberapa di antaranya terbilang mahal (Foto: http://wallstcheatsheet.com/)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan pelonggaran saat Ramadan dan juga izin melakukan mudik Lebaran 2022 beberapa waktu lalu. Pemudik harus memenuhi syarat yakni telah melakukan vaksinasi lengkap dan booster, serta menunjukkan hasil antigen negatif Covid-19, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bagi Anda yang berencana untuk mudik bersama keluarga tercinta, tentu harus mempersiapkan diri sesuai anjuran pemerintah, termasuk persiapan kendaraan yang akan dipakai libur dan mudik Lebaran 2022. 

Servis Berkala Penting Sebelum Libur Lebaran 

Dilansir Auto2000, servis berkala penting sangatlah penting. Yang pertama agar mobil selalu dalam kondisi prima sehingga mengurangi potensi masalah di jalan, seperti mogok atau kerusakan yang sulit untuk diantisipasi. Selain tentunya menjaga performa mobil agar tetap optimal saat dipakai mudik, apalagi mengingat mobil membawa muatan penuh dan ada risiko terjebak macet di jalan. Ditambah, musim hujan belum selesai sehingga menambah kadar masalah dalam perjalanan. 

Selain itu, servis berkala dapat mendeteksi sejak dini kemungkinan kerusakan sehingga dapat segera diambil langkah perbaikan. Alhasil dapat mengurangi risiko timbulnya biaya lebih besar karena proses perbaikan yang lebih berat. Servis berkala juga memberikan rasa tenang karena mobil sudah diperiksa secara menyeluruh. Termasuk memastikan klaim garansi tidak gugur jika terjadi kerusakan karena catatan kondisi mobil dan perbaikan tercatat dengan baik. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemeriksaan Saat Servis Berkala 

Auto2000 membagi servis berkala dalam 2 kategori. Pertama adalah Servis Berkala Internal (SBI) atau servis berkala yang dilakukan 1 bulan setelah mobil diterima oleh pelanggan. Berikutnya adalah Servis Berkala Eksternal (SBE) atau servis berkala yang dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali. 

Ketika servis berkala tidak hanya dilakukan penggantian oli mesin. Teknisi bengkel Auto2000 akan melakukan pembersihan sistem pembakaran dan pemeriksaan sistem pengapian guna memastikan mesin dapat bekerja dengan baik dan optimal. Dilakukan pula pengecekan terhadap komponen mesin sesuai dengan masa pemakaian kendaraan dan analisa gas buang untuk melacak potensi masalah.  

Tidak lupa dilakukan penyetelan komponen mesin sesuai dengan standar yang berlaku untuk mobil Toyota, serta pemeriksaan dan pemeliharaan lengkap untuk seluruh bagian utama mobil supaya tetap sehat dan andal. Teknisi akan melakukan penggantian komponen mobil yang sudah waktunya diganti sesuai jadwal servis berkala sebagai upaya menjaga kondisi mobil. Sempatkan menjalankan servis berkala untuk memastikan perjalanan mudik dan libur Lebaran tanpa kendala. 

 

Infografis Jadwal Imsakiah Ramadan 1442 Hijriah Wilayah DKI Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jadwal Imsakiah Ramadan 1442 Hijriah Wilayah DKI Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya