4 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi pada Hari Jumat, Salah Satunya Terbebas dari Fitnah Dajjal

Surat Al Kahfi merupakan surat yang ke 18 dalam Al-Qur’an. Al Kahfi berarti gua atau penghuni gua. Surat ini tergolong surat Makiyyah dan memiliki jumlah ayat sebanyak 110 ayat.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Nov 2022, 16:30 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2022, 16:30 WIB
Surat Al Baqarah Ayat 216
Ilustrasi Membaca Al Qur’an Credit: freepik.com

Liputan6.com, Cilacap - Surat Al Kahfi merupakan surat yang ke 18 dalam Al-Qur’an. Makna Al Kahfi ialah gua atau penghuni gua. Surat ini tergolong surat Makiyyah dan memiliki jumlah ayat sebanyak 110 ayat.

Dalam surat ini terkandung 3 kisah yang sangat monumental. Pertama, kisah 7 pemuda yang tertidur di dalam gua selama 309 tahun. Kedua, kisah pengalaman Nabi Musa AS yang berguru kepada Nabi Khidir AS dan Ketiga kisah tentang Zulkarnain.

Adapun kisah 7 pemuda yang tertidur di dalam gua terdapat dalam Surat Al Kahfi ayat 9-26. Sementara kisah Nabi Musa berguru kepada Nab khidlir dijelaskan dalam Surat Al-Kahfi tepatnya di ayat 60-82. Sedangkan kisah Zulkarnain terdapat di ayat 83-98.

Selain kisah-kisah menarik dan menakjubkan yang terkandung dalam surat Al Kahfi ini, ternyata membaca Surat Al Kahfi banyak sekali Keutamaan dan manfaatnya, khususnya jika dilakukan pada hari jumat.

Berikut ini beberapa keutamaan membaca surat Al Kahfi, khususnya pada hari jumat sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Serunya Menapak Tilas Gua Ashabul Kahfi di Yordania
Menapak tilas Gua Ashabul Kahfi di Yordania tak kalah menarik dengan mengunjungi tempat bersejarah lainnya. (Doc: Aria Sankhyaadi)

1. Terlindungi dari Fitnah Dajjal

Terlindungi dari fitnah dajjal adalah salah satu keutamaan yang bisa didapatkan ketika mampu menghafalkan surat Al Kahfi ayat 1-10. Hal ini sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW melalui sabdanya:

 مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

 Artinya: Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah). (HR. Muslim no. 809)

2. Disinari Cahaya

Sementara itu, membaca surat Al Kahfi di Jumat juga merupakan sunah dari Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca ayat tersebut, seseorang akan diberkahi cahaya antara dia dan Ka'bah. Rasulullah bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6470).

Dalam redaksi lain, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa orang membaca Surat Al Kahfi pada hari jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya selama antara dua Jumat

مَن قَرَأَ سورةَ الكَهفِ يومَ الجُمُعةِ أضاءَ له من النورِ ما بَينَ الجُمُعتينِ

Artinya, “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua Jumat.” (HR. Daruquthni dan Baihaqi)

3. Dibentangkan Cahaya dan Diampuni Dosanya antara Dua Jumat

Berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang lain juga, membaca surat Al Kahfi pada hari jumat selain memperoleh hamparan cahaya dari telapak kaki hingga langit, kita juga akan memperoleh ampunan atas dosa-dosanya di antara dua Jumat.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

4. Terhindar dari Godaan Setan

Keutamaan lain dari membaca surat Al Kahfi ini, yakni syetan tidak akan mampu masuk rumah kita. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, meriwayatkan:

Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

Demikian beberapa keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum'at. Terlebih lagi jika kita mampu menghafal 10 ayat pertama dari Surat Al Kahfi sehingga kita akan dilindungi dari fitnah terbesar dalam perjalanan hidup manusia yakni fitnahnya dajjal.

Surat Al Kahfi Lengkap dengan terjemahnya, klik di sini ==>

 

Penulis: Khazim Mahrur

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya