Adab Makan Lengkap dengan Doa dan Keutamaannya, Muslim Wajib Tahu

Adab Makan beserta Doa

oleh Muhamad Husni TamamiLiputan6.com diperbarui 19 Des 2022, 22:30 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 22:30 WIB
Hadits Tentang Doa Sebelum Makan
Ilustrasi Membaca Doa saat Makan Credit: shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang muslim, doa merupakan salah satu hal yang harus kita lakukan sebelum memulai aktivitas, termasuk sebelum dan sesudah makan.

Tujuannya agar aktivitas yang dilakukan senantiasa mendapat keberkahan. Diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu anha, Nabi Muhammad SAW bersabda.

"Apabila kalian hendak makan, bacalah 'bismillah', jika lupa tidak membaca basmalah di awal, bacalah 'bismillahi fi awwalihi wa akhirihi". (HR Ahmad 25733, Turmudzi 1977 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Adab Ketika Makan

Mencuci tangan 

Tangan yang kotor berpotensi membawa virus, kuman, atau kotoran lainnya. Jika tidak mencuci tangan sebelum makan, ada kemungkinan virus atau kuman ini akan berpindah ke makanan yang akan kalian santap.

Membaca doa sebelum makan 

Membaca doa sebelum makan merupakan suatu pertanda berterima kasih kepada Allah SWT akan makanan yang didapatkan, serta meminta ridho dari-Nya agar makanan yang disantap bisa membawa keberkahan.

Doa sebelum makan yang paling singkat sekaligus paling shahih adalah membaca basmalah. Yakni membaca “Bismillah”

Doa ini bersumber dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa menyebut nama-Nya di awal, hendaklah ia membaca, “Bismillahi awwaluhu wa akhirahu” (dengan menyebut nama Allah pada permulaan dan penghabisan makan). (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits hasan shahih)

Keutamaan doa sebelum makan ini, setan akan menjauh dan tidak ikut makan bersamanya. Maka manfaatnya, makanannya menjadi lebih barokah baik untuk ibadah maupun untuk beraktivitas positif lainnya.

Sedangkan, jika tidak menyebut nama Allah sebelum makan, setan akan turut makan bersama kita. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits oleh Imam Tirmidzi, ketika Rasulullah sedang duduk, beliau melihat seseorang sedang makan tanpa menyebut nama Allah sampai makanannya hanya tinggal satu suapan saja.

Ketika ia mengangkatnya ke mulut, ia baru membaca “Bismillah awwalahu wa akhirahu.” Rasulullah tersenyum lalu bersabda, “Setan selalu ikut makan bersamanya. Dan ketika dia menyebut nama Allah, setan langsung memuntahkan makanan yang ada di  perutnya.”

Doa Sebelum Makan Paling Populer 

Doa sebelum makan lainnya yang lebih populer di masyarakat bersumber dari hadits riwayat Malik dan Ibnu Syaibah, berbunyi:

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka”.

Dalam riwayat Ibnu Sunni, sebagaimana dicantumkan Imam Nawawi dalam Al Adzkar, ada tambahan bismillah sehingga menjadi:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ بِسْمِ اللَّهِ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka. Dengan menyebut nama Allah.”

Dengan doa ini, kita meminta keberkahan makanan yang dimakan, dalam apa yang telah Allah rezekikan, juga minta perlindungan dari siksa neraka, karena betapa banyak orang masuk neraka karena mulutnya. Baik karena apa yang ia makan maupun karena apa yang diucapkan.


Adab lainnya

Menggunakan Tangan kanan

ketika kita makan hendaknya kita menggunakan tangan kanan yang bermakna kebaikan. Orang yang memiliki kebiasaan menggunakan tangan kiri pun juga pada akhirnya dipaksa untuk makan menggunakan tangan kanan.

Duduk ketika makan 

Ketika kita makan hendaknya kita duduk karena pada saat makan dengan posisi berdiri organ dalam tubuh kita tidak berfungsi dengan baik, yang meliputi usus lambung dan ginjal.

Mengurangi obrolan saat makan 

Pada saat makan hendaknya kita tidak berbicara kepada orang di sekitar kita karena selain tidak sopan makanan yang kita makan senantiasa akan keluar dalam mulut ketika kita berbicara pada saat makan.

Jangan meniup makanan

Pada dasar nya kita seringkali meniup makanan yang akan kita makan pada saat makanan tersebut masih panas,dan sebetulnya hal itu kurang baik sebab pastinya dari proses makanan yang kita akan tiup bisa saja mengeluarkan air liur dalam mulut, lebih baik menunggu agar sedikit dingin untuk di makan daripada dimakan pada saat panas

Berhenti ketika kenyang 

Saat merasa sudah cukup kenyang maka berhentilah untuk memaksa makan karena dapat berpotensi membuat perut sakit. Organ pencernaan belum tentu bisa mencerna banyaknya makanan yang masuk.

Membaca hamdalah dan tidak lupa membaca doa setelah makan

Jangan lupa mengakhiri makan dengan membaca doa. Hal ini menunjukkan bahwa kita berterima kasih kepada Allah SWT atas makanan dan rezeki yang diterima. Tidak lupa sebaiknya kalian mengucapkan “Hamdallah” atau “Alhamdulillah” ketika sudah selesai makan. Atau dengan membaca doa ini:

 اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Artinya:"Segala puji bagi Allah yang memberikan makan dan minum kepada kami. Dan Menjadikan kami orang Islam."

Demikianlah adab ketika makan beserta bacaan doa sesudah dan sebelum makan berikut keutamaannya. Semoga kita senantiasa untuk mempraktikkan karena doa merupakan salah satu bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Penulis : Putry Damayanty

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya