Doa Pembuka Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah, Bisa Diamalkan Tiap Pagi

Simak bacaan doa pembuka rezeki yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, doa ini dapat diamalkan setiap hari.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 03 Apr 2024, 14:35 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2023, 17:15 WIB
Doa Pembuka Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah, Bisa Diamalkan Tiap Pagi
ilustrasi wanita muslim berdoa/copyright shutterstock.com/Aisylu Ahmadieva

Liputan6.com, Jakarta Bacaan doa pembuka rezeki sesuai ajaran Rasulullah SAW penting untuk diketahui oleh umat Muslim. Doa pembuka rezeki ini sangat dianjurkan untuk dibaca pada pagi hari, karena Nabi Muhammad SAW sangat memuliakan waktu pagi.

Setiap manusia membutuhkan sandang, pangan, dan papan untuk mempertahankan kehidupan. Untuk itu, semua manusia banting tulang untuk menjemput rezeki pada pagi hari. Meski begitu, banyak cobaan dan rintangan yang membuat hidup terasa sulit.

Apapun rintangannya, umat Muslim dianjurkan untuk tetap berusaha. Selain bekerja, umat Muslim juga disunnahkan melantunkan doa pembuka rezeki supaya rezeki dapat datang dari segala penjuru.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa pembuka rezeki sesuai ajaran Rasulullah SAW yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa Pembuka Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah

Doa Pembuka Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah, Bisa Diamalkan Tiap Pagi
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)

Dikutip dari laman rumaysho.com, untuk memohon kemudahan rezeki, Anda bisa membaca doa pembuka rezeki yang diucapkan setiap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan sholat Subuh setelah salam berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Arab Latin: Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad).

Hadis dari ‘Ali juga menyebutkan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa pembuka rezeki berikut ini,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Arab Latin: Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

Lalu, dari Thoriq bin Asy-yam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )) .

Artinya: “Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau salat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do’a berikut: “Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii (Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku).” (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, dari Thariq, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan ketika itu beliau didatangi seorang laki-laki, yang kemudian laki-laki tersebut berkata,

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )) .

Artinya: “Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu." (HR. Muslim).


2. Doa Pagi Hari Memohon Rezeki

Doa Pembuka Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah, Bisa Diamalkan Tiap Pagi
Ilustrasi Berdoa Credit: shutterstock.com

Selain bacaan doa pembuka rezeki yang diajarkan Rasulullah SAW di atas, ada juga bacaan doa pagi hari untuk mermohon rezeki yang halal. Berikut bacaannya:

Allahumma antasy-syakuru alladzi alhamta 'ibadakalhamda wasy-syukra wa qawwaitahum 'alath-thaati wadz-dzikri, fa antasy-syakurul muhsinu bil hala'ilinni'ami bima alhamta bisy-syukri wal-ihsani, taqaddasat shifatuka bi majazit-tahlili minaththa'ati bi jazilittafadhdhuli walhasanati wa raf'il 'awali minad darajat.

Artinya:

"Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah, Maha Penyayang. Ya Allah, Engkaulah tempat bersyukur, yang telah mengilhamkan kepada hamba-Mu untuk bersyukur; Engkau menguatkan mereka untuk patuh dan berzikir. Engkaulah yang berbuat baik dengan nikmat-nikmat yang halal, sesuai yang Engkau ilhamkan dengan bersyukur dan kebajikan. Mahasuci sifat-sifat-Mu dengan sambutan gembira Engkau membalas ketaatan, penuh keutamaan, kebaikan dan meninggikan derajat."


3. Doa Meminta Rezeki dari Segal Penjuru

Doa Pembuka Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah, Bisa Diamalkan Tiap Pagi
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Selain bacaan doa pembuka rezeki yang diajarkan Rasulullah SAW di atas, terdapat pula doa pembuka rezeki dari segala penjuru yang bisa anda amalkan setiap hari.  Bacaan doa ini bersumber dari Surat Al-Maidah ayat 114.

Rabbana anzil 'alaina ma'idatam minas sama'i takunu lana 'idal li' awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama."

Lebih lanjut, ada juga bacaan doa pembuka rezeki dari segala penjuru yang kedua adalah:

Innaka 'ala kulli ta'bin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin wa laa nashobin rizqan halalan wasi'an thoyyiban min ghairin, allahumma innii as'aluka an-tarzuqani syai-in qadir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memerolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya