Kelelahan Usai Libur Lebaran Idul Fitri, Cek Tips dari Dokter Gizi untuk Pulihkan Stamina

Ada sejumlah cara guna memulihkan stamina dan kebugaran tubuh usai libur Lebaran Idul Fitri/.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Apr 2023, 08:09 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2023, 08:09 WIB
Rutin Berjalan Kaki
Ilustrasi Berjalan Kaki Credit: pexels.com/Dunn

Liputan6.com, Jakarta - Usai libur Lebaran, banyak individu merasakan stamina menurun karena melewati berbagai kegiatan saat Idul Fitri. Kabar baiknya, ada sejumlah cara guna memulihkan stamina dan kebugaran tubuh usai libur Lebaran, seperti sampaikan dokter gizi Dr dr Samuel Oetoro, MS. SpGK (K).

Samuel mengatakan, kelelahan terjadi ketika energi seseorang terkuras habis.

"Yang utama kondisi tubuhnya dia lelah, energinya terkuras habis, mungkin dia juga kurang tidur. Itu yang disebut kelelahan," ujar Samuel, dilansir Antara.

Oleh karenanya, Samuel menganjurkan seseorang untuk beristirahat dengan cukup demi mengembalikan tenaga setelah berhari-hari melakukan berbagai kegiatan selama libur Lebaran Idul Fitri.

"Yang penting istirahat, mau itu di rumah atau di mana pun, tidur harus cukup, paling tidak selama tujuh sampai delapan jam," saran dokter gizi yang berpraktik di MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta.

Perlu diketahui, mengembalikan stamina usai libur Lebaran tak hanya dilakukan dengan tidur saja, melainkan jupa perlu dibarengi olahraga ringan. Hal itu akan mengembalikan kebugaran tubuh.

Samuel menganjurkan olahraga ringan yang dilakukan sesuai kemampuan dan kondisi tubuh masing-masing dan tidak memaksakan diri berolahraga berat.

"Lakukan olahraga yang ringan terutama yang bersifat kardio kalau ingin memulihkan energi," ucap Samuel.

Olahraga kardio bisa menstrimulasi jantung dan melatih otot-otot besar seperti otot tungkai kiri dan kanan. Jalan cepat dan bersepeda merupakan olahraga kardio ringan yang bisa dilakukan.

 


Latihan Angkat Beban

Samuel juga menganjurkan untuk melakukan latihan angkat beban untuk memulihkan kondisi otot yang tidak dilatih selama libur Lebaran. Prinsip berolahraga, kata Samuel, adalah dilakukan secara bertahap dari yang paling ringan dan tidak memaksakan kemampuan.

"Mulailah dengan latihan beban bagi yang sudah terbiasa. Kalau yang belum terbiasa bisa mulai lagi dengan mengangkat beban yang sangat ringan," ucapnya.

Samuel juga mengimbau masyarakat untuk menjaga pola makan sehat, beristirahat yang cukup, tidak begadang, dan olahraga teratur guna mengembalikan kondisi tubuh yang kelelahan selepas libur Lebaran.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya