Kisah Mualaf Selvi Ananda Istri Gibran Rakabuming Raka, Masuk Islam Sebelum Dinikahi Putra Jokowi

Gibran sendiri sudah beristri. Ia menikah dengan mantan Putri Solo, Selvi Ananda. Di balik pernikahan Gibran-Selvi ada fakta menarik yang perlu diketahui. Ternyata, istri Gibran itu masuk Islam sebelum menikah dengan putra sulung Jokowi.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 25 Okt 2023, 04:30 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2023, 04:30 WIB
6 Potret Selvi Ananda Istri Gibran Rakabuming Raka saat Pakai Hijab, Anggun dan Cantik
Potret Selvi Ananda istri Gibran Rakabuming Raka saat pakai hijab. (Instagram/selvie_ananda_)

Liputan6.com, Jakarta - Nama putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sedang hangat dibicarakan belakangan ini. Ia menjadi perbincangan lantaran dipinang Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Gibran diusung KIM maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan capres-cawapres berusia di bawah 40 tahun dengan syarat pernah menjabat kepala daerah.

“Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo di Rumah Kertanegara Jakarta, Minggu (22/10) malam.

Terlepas dari dinamika politik di Tanah Air, nama Gibran tentu sudah tidak asing. Sosoknya semakin disorot setelah Jokowi menjadi presiden.

Gibran sendiri sudah beristri. Ia menikah dengan mantan Putri Solo, Selvi Ananda. Di balik pernikahan Gibran-Selvi, ada fakta menarik yang perlu diketahui. Ternyata, istri Gibran itu masuk Islam sebelum menikah dengan putra sulung Jokowi

Berikut kisah mualaf Selvi Ananda. Semoga menjadi inspirasi sekaligus hidayah bagi mereka yang memiliki niat masuk Islam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Mualaf Beberapa Bulan Sebelum Menikah

6 Potret Selvi Ananda Istri Gibran Rakabuming Raka saat Pakai Hijab, Anggun dan Cantik
Potret Selvi Ananda istri Gibran Rakabuming Raka saat pakai hijab. (Instagram/gibran_walikotasolo)

Selvi mengucap dua kalimat syahadat di depan pengurus Masjid Istiqlal pada 20 Februari 2015. Setelah bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah, Selvi resmi memeluk Islam dan meninggalkan Katolik.

Keputusan Selvi menjadi mualaf sebelum menikahi putra Presiden Jokowi sempat menjadi bahan perbincangan publik. Namun, omongan tentang dirinya itu tidak terlalu digubris oleh ibunda Jan Ethes Srinarendra ini.

Selvi menikah dengan Gibran ketika dia masih baru beberapa bulan dia memeluk Islam. Saat menikah, yang bertindak sebagai wali nikah bukan ayahnya, melainkan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Mukhtaroji.


Diwakilkan Wali Hakim

6 Potret Selvi Ananda Istri Gibran Rakabuming Raka saat Pakai Hijab, Anggun dan Cantik
Potret Selvi Ananda istri Gibran Rakabuming Raka saat pakai hijab. (Instagram/gibran_walikotasolo)

Mukhtaroji menjelaskan, ada perbedaan agama Selvi dengan ayahnya, sementara prosesi akad nikah dilaksanakan sesuai tata cara Islam. Lantaran perbedaan agama dengan ayahnya, maka secara hukum agama Islam, wali mempelai wanita bisa diwakilkan oleh wali hakim. 

"Ya karena orang tuanya beda (beda agama) maka yang menjadi wali otomatis wali hakim tho," katanya seperti dikutip dari Merdeka.com, Sabtu (17/12/2022).

"Ya saya ditunjuk jadi wali hakimnya. Sebut saja Kepala KUA Banjarsari, Mukhtaroji menjadi wali nikahnya," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya