Tak Hanya di Hari Kiamat dan Akhirat, Ini Azab Pedih Pelaku Zina di Dunia

Pelaku zina akan mendapatkan azab di dunia dan akhirat

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Jul 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi kiamat, hari akhir
Ilustrasi kiamat, hari akhir. (Image by liuzishan on Freepik)

Liputan6.com, Cilacap - Zina merupakan perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam dan akan mendapatkan azab di dunia dan di akhirat. Terlebih ketika zina dilakukan oleh seseorang yang telah menikah. Zina yang dilakukan seseorang yang telah menikah disebut zina muhsan.

Allah SWT melarang perbuatan zina karena merupakan seburuk-buruk jalan sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra ayat 32,

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.”

Perihal perilaku zina, rupanya azabnya tidak hanya dirasakan di akhirat kelak, namun azab tersebut dapat dirasakan sewaktu hidup di dunia.

Di hari kiamat, pelaku zina akan mendapatkan azab dan tempat yang mengerikan sebagai balasan atas perilaku keji dan menjijikan nya itu. Berikut ini azab di dunia dan akhirat bagi pelaku zina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Azab Pedih di Dunia dan Akhirat

Selingkuh
Ilustrasi selingkuh/copyright shutterstock By Dragon Images

Menukil NU Online, tindakan perselingkuhan sangat dikecam oleh Islam. Bukan hanya berdampak pada hukum saja, perselingkuhan yang merupakan tindakan dari perzinaan akan di azab oleh Allah. Siksanya akan turun di dunia dan di akhirat.

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ دَاوُدَ الْقَنْطَرِيُّ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عُفَيْرٍ، حَدَّثَنَا مَسْلَمَةُ بْنُ عُلَيٍّ الْخُشَنِيُّ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْكُوفِيِّ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ شَقِيقٍ، عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ: «يَا مَعْشَرَ الْمُسْلِمِينَ، إِيَّاكُمْ وَالزِّنَا، فَإِنَّ فِيهِ سِتَّ خِصَالٍ: ثَلَاثًا فِي الدُّنْيَا، وَثَلَاثًا فِي الْآخِرَةِ. فَأَمَّا اللَّوَاتِي فِي الدُّنْيَا: فَذِهَابُ الْبَهَاءِ، وَدَوَامُ الْفَقْرِ، وَقِصَرُ الْعُمُرِ، وَأَمَّا اللَّوَاتِي فِي الْآخِرَةِ: فَسَخَطُ اللَّهِ، وَسُوءُ الْحِسَابِ وَالْخُلُودُ فِي النَّارِ». ثُمَّ قَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: ﴿أَنْ سَخِطَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ، وَفِي الْعَذَابِ هُمْ خَالِدُونَ﴾

Artinya: “Ali bin Daud Al-Qantari menceritakan kepada kami, Sa'id bin Ufair menceritakan kepada kami, Maslamah bin Ali Al-Khusyani menceritakan kepada kami, dari Abu Abdurrahman Al-Kufiyyi, dari Al-A'masy, dari Syaqiq, dari Hudzaifah bin Al-Yaman, sesungguhnya Rasulullah berkata: Wahai para Muslim, jauhkanlah kalian dari tindakan zina, sebab perilaku tersebut memiliki enam dampak, tiga di dunia dan tiga lainnya di akhirat. Adapun dampaknya saat di dunia adalah hilangnya ketampanan atau kecantikan, selalu dalam kondisi fakir, pendeknya umur. Adapun dampak saat di akhirat adalah mendapatkan murka Allah, dipersulit dalam penghisaban, abadi di dalam neraka, lalu Rasulullah membaca potongan ayat yang berbunyi: Allah murka kepada mereka dan mereka kekal dalam adzab”. (Al-Kharaithi, Masawi Al-Akhlaq, [Jeddah , Maktabah As-Saudi: 1992], halaman 220).

 

Beranikah Anda Berkunjung ke 'Pintu Neraka' ini?
Sebuah danau pasir di urkmenistan dinamakan demikian karena memiliki nyala api yang tak pernah padam.

Hilangnya Keberkahan Hidup Hingga Dipersulit Hisabnya

Dari kutipan hadits inni, azab perselingkuhan atau zina terdapat dua bagian. Bagian pertama merupakan azab yang turun saat di dunia, bagian kedua adalah azab yang turun saat di akhirat. Azab di dunia bagi orang yang melakukan perselingkuhan:

1. Dia akan dihilangkan ketampanan bagi seorang pria dan kecantikan bagi seorang wanita

2. Seseorang yang berselingkuh akan terus menerus dalam kondisi kefakiran.

3. Seseorang yang berselingkuh umurnya akan disingkat atau diperpendek.

Azab di akhirat bagi orang yang melakukan perselingkuhan :

1. Allah akan sangat murka kepada seseorang yang melakukan perselingkuhan.

2. Perselingkuhan akan mengakibatkan pelakunya dipersulit saat kelak dihisab.

3. Seseorang yang berselingkuh akan kekal dalam siksaan Allah.

Demikian penjelasan azab yang akan didapat seseorang yang melakukan tindakan perselingkuhan atau zina. Azab yang diturunkan saat di dunia maupun di akhirat. Semoga kita semua dijauhkan dari tindakan perselingkuhan dan zina.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya