2 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Taubat, Segera Perbaiki!

Allah SWT akan membukakan pintu maaf bagi seorang hamba yang sungguh-sungguh dalam bertaubat. Namun, beberapa kesalahan ini sering dilakukan saat bertaubat yang menjadikan taubatnya tidak diterima.

oleh Putry Damayanty diperbarui 22 Jul 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 11:30 WIB
Jemaah Haji Wukuf di Arafah
Arafah juga bermakna pengenalan. Di Arafah lah umat Islam diminta berdiam, merenung, berintrospeksi dan bertaubat pada Allah SWT. (AP Photo/Amr Nabil)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap manusia tak ada yang bebas dari perbuatan dosa. Tak ada ucapan yang selalu benar begitupun dengan tindakan.

Bahkan tanpa disadari, mungkin perbuatan maksiat ini sering dilakukan berulang. Sehingga menjadi sebuah kewajiban bagi seorang pendosa untuk bertaubat.

Sesungguhnya Allah SWT Maha Pengampun, selalu membuka pintu maaf bagi hamba-Nya yang mau bertaubat. Sebagaimana firmannya dalam QS. An-Nur ayat 31:

وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya: ..."Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung" 

Namun, meskipun telah memohon ampunan atas dosa yang telah diperbuat ternyata beberapa kesalahan ini sering dilakukan oleh manusia yang menjadikan taubat tidak diterima oleh Allah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Syarat Diterimanya Taubat

Perbanyak Taubat
Perbanyak Taubat.

Mengutip dari laman islampos.com, Imam Nawawi dalam kitabnya yang masyhur Riyadhus Shalihin menjelaskan bahwa seorang diterima taubatnya ketika memenuhi tiga syarat, diantaranya,

1. Merasa menyesal karena telah melakukan kemaksiatan.

2. Hendaklah menghentikan sama sekali -seketika itu juga- dari kemaksiatan yang dilakukan.

3. Berniat tidak akan kembali mengulangi perbuatan maksiat itu untuk selama-lamanya.

Namun ketiga syarat tersebut berlaku untuk dosa yang berhubungan dengan Allah. Sedangkan jika berhubungan dengan manusia maka syarat terakhir adalah melepaskan tanggungan itu dari hak orang yang ia rugikan atau dzalimi.

Sudah tidak diragukan lagi tentang keutamaan taubat dan istighfar. Karena akan membuka pintu kebaikan yang lain. Hingga hal yang dibaca pertama kali setelah sholat adalah memohon ampun.

Seorang lelaki bertanya kepada Ibnu al-Jauzi “Manakah yang lebih utama bertasbih kepada Allah atau beristigfar kepadaNya? Maka ia menjawab “pakaian kotor lebih butuh pada sabun daripada minyak wangi.”

Memohon ampunan Allah adalah lebih utama daripada bertasbih kepadaNya. Perbanyaklah istighfar sebelum melakukan kebaikan karena hati yang melakukan kemaksiatan akan sulit melakukan ketaatan.

Setiap maksiat yang dilakukan akan menjadi penghalang untuk mendapatkan berbagai kebaikan. Seperti terhalangnya doa, dari mendapatkan keberkahan atau dalam menjalankan ketaatan. Ibarat minyak dan air tidak akan pernah bisa disatukan. Maka sucikan terlebih dahulu dengan istighfar.


2 Kesalahan dalam Bertaubat

salat taubat
Ilustrasi salat taubat./Copyright shutterstock.com/g/Creativa

Hal yang perlu diperhatikan adalah ternyata ada kesalahan yang sering terjadi dalam bertaubat. Diantaranya,

1. Hanya untuk Dosa yang Dingat Saja

Hanya memohon ampun atas dosa yang diingat saja, tapi melalaikan dosa yang tidak disadari/ lupa. Sehingga, Rasulullah mengajarkan sebuah doa memohon ampun atas semua dosa.

اللهم اغفرلى ذنبى كله دقه و جله واوله و آخره وعلانيته و سره

Allahummaghfirli dzanbi kullah, diqqahu wa jullah, wa awwalahu wa akhirah, wa ‘alaniyatahu wa sirrah.

"Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa baik kecil maupun besar, awal maupun akhir, dan dosa yang terang-terangan maupun yang tersembunyi.”

2. Tidak Bersungguh-sungguh Meninggalkan Dosa

Selain itu, tidak berniat sungguh-sungguh untuk meninggalkan dosa tersebut. Artinya masih meragukan bahwa dirinya mampu meninggalkan dosa-dosa lamanya.

Padahal tugasnya hanya berniat sungguh-sungguh (tanpa mempermainkan/ berniat untuk melakukan kembali) terlepas apakah ia akan kembali terjebak melakukan dosa yang sama.

Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa jika seseorang tidak bisa merasakan manisnya iman, cahaya hidayah hendaknya memperbanyak taubat dan istighfar.

Begitupun menurut Ibnu Qayyim bahwa dosa itu seperti racun, taubat sebagai penawar/ obat serta ketaatan sebagai kesehatan dan keselamatan.

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam sebagai orang yang ma’sum yang dibersihkan Allah dari dosa saja selalu memohon ampun kepada Allah (beristighfar) 100 kali dalam sehari. Bagaimana dengan kita?

Wallahu a’lam bi showab.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya