3 Rahasia Kematian yang Hanya Diketahui oleh Allah, Siapkah Anda?

Kematian menjadi pengingat bagi kita bahwa hidup di dunia tidaklah kekal. Masih ada kehidupan yang abadi di akhirat nanti. Inilah tiga rahasia Allah tentang kematian.

oleh Putry Damayanty diperbarui 13 Okt 2024, 01:30 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2024, 01:30 WIB
Fakta-fakta Tentang Siksa Kubur Dan Ini Nyata!
Ilustrasi alam Barzah

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada seorang pun di antara kita yang tahu kapan ajal akan menjemput. Ajal bisa datang dalam kondisi apapun, apakah saat sakit, di perjalanan, atau bahkan dalam kondisi baik-baik saja, kematian bisa terjadi.

Oleh sebab itu, tugas kita adalah untuk mempersiapkan diri menuju kematian tersebut. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: 

أَكْثِرُوا مِنْ ذِكْرِ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ

Artinya: "Perbanyaklah oleh kalian mengingat pemutus kenikmatan (kematian)." (HR. Ibnu Hibban)

Tidak ada yang bisa bersembunyi atau menghindar dari kematian. Dikutip dari cahayaislam.id, berikut adalah 3 rahasia kematian yang hanya diketahui oleh Allah. Semoga dapat menjadi pengingat diri!

 

Saksikan Video Pilihan ini:

1. Waktu Kematian

Kerja 6 Jam Sehari
Bekerja 6 jam sehari membuat pekerja lebih bahagia dan produktif. (Ilustrasi: Medical Daily)

Tidak ada yang tahu kapan seseorang akan menemui ajalnya. Manusia hanya menunggu giliran kapan waktu ajalnya datang.

Sebelum ajal datang sebaiknya manusia menggunakan kesempatan hidup di dunia untuk beribadah dan melakukan amalan-amalan sholih.

Setiap yang beriman pasti selalu menyadari bahwa kematian pasti akan datang. Orang beriman selalu siap dan ingat kematian. Mereka mengetahu bahwa kematian adalah sangat dekat.

Dengan datangnya kematian bahwa kesempatan manusia untuk melakukan amal sholeh sudah tidak bisa lagi. Beruntung bagi mereka yang semasa hidup di dunia selalu berdzikir, mengingat Allah dan melakukan amal kebajikan.

2. Tempat Kematian

Ilustrasi dukacita, berduka, makam
Ilustrasi dukacita, berduka, makam. (Image by Freepik)

Rahasia kematian selanjutnya yaitu tempat di mana seseorang akan dijemput oleh ajalnya. Tempat kematian seseorang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Manusia bisa meninggal di mana saja. Tapi, tempat kematian seseorang biasanya berdasarkan pada tempat kebiasaan yang dilakukan.

Contohnya, orang yang selalu berbuat baik dan beramal sholeh, maka tempat meninggalnya di tempat yang baik pula.

3. Cara Kematian

Sosok berjubah hitam yang membawa kapak yang sering disebut malaikat maut sering hadir di pantai dan sungai yang ada di Selandia Baru. Ada apa? (Foto: Instagram/iamtheswimreaper)
Sosok berjubah hitam yang membawa kapak yang sering disebut malaikat maut sering hadir di pantai dan sungai yang ada di Selandia Baru. Ada apa? (Foto: Instagram/iamtheswimreaper)

Cara kematian seseorang juga bisa dilihat dari kebiasaan orang tersebut. Namun, ini tidak bisa menjadi patokan utama, karena seseorang bisa meninggal dengan berbagai cara.

Kita hanya berusaha agar bisa menemui ajal masing-masing dengan cara yang husnul khotimah, meninggal yang baik. Rahasia kematian memang menjadi rahasia Allah.

Tak seorang pun bisa mengetahui kapan ia akan meninggal. Kematian itu bisa saja datang secara tiba-tiba, bahkan tanpa firasat apa pun. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya