Tips Nego Gaji untuk Para Fresh Graduate

Berikut tips untuk nego gaji jika Anda seorang lulusan baru atau fresh graduate.

oleh Cindy Melissa Putri diperbarui 02 Feb 2015, 08:35 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2015, 08:35 WIB
Tips Nego Gaji untuk Para Fresh Graduate
Berikut tips untuk nego gaji jika Anda adalah seorang lulusan baru atau fresh graduate.

Liputan6.com, Jakarta- Dalam sebuah proses wawancara, salah satu pertanyaan yang cukup sulit dijawab oleh pelamar adalah masalah gaji yang diminta. Banyak para pelamar yang cukup bingung dalam menjawab pertanyaan tersebut khususnya para fresh graduated. Lalu, untuk para fresh gratuade bagaimana tips nego gaji yang baik dan benar? Berikut ulasan yang dilansir dari Forbes Senin (2/2/2015):


Riset

Sebelum datang ke perusahaan untuk melakukan nego gaji, terlebih dahulu lakukanlah beberapa riset. Seperti melihat di internet berapa gaji yang biasa diterima oleh para pekerja baru, bertanya dengan teman-teman dan keluarga yang sudah bekerja terlebih dahulu. Setelah itu, yakinkan diri Anda untuk menerima gaji tersebut saat datang ke perusahaan yang Anda lamar.


http://nancydemmitt.com/wp-content/uploads/2012/10/bigstock-Pretty-Relaxed-Middle-Aged-Wom-10221605.jpg


Penyebutan Angka

Sebelum pihak perusahaan menyebutkan nominal angka, jika bisa janganlah Anda yang menyebutkan terlebih dahulu berapa gaji yang Anda inginkan. Selain itu, jangan menyebutkan angka yang tepat namun berikan range untuk gai Anda. Sebagai contoh, sebutkanlah jika gaji yang diharapkan berkisar pada angka Rp 3-4 juta rupiah.

http://careerblog.du.edu/wp-content/uploads/sites/5/2014/10/negotiating_salary.jpg


Meyakinkan

Jika Anda sudah merasa yakin dengan angka yang Anda sebutkan, maka yakinkanlah hal tersebut pada pihak perusahaan. Yakinkanlah bahwa gaji tersebut sesuai dengan apa yang Anda kerjakan dan pencapaian yang akan Anda dapatkan dalam perusahaan tersebut. Selain itu, yakinkan pula jika gaji tersebut sudah Anda perhitungkan, mulai dari transportasi, uang makan dan menabung.

http://www.glassdoor.com/blog/wp-content/uploads/money4.jpg


Jangan Terburu-buru

http://www.careerprofiles.info/images/salary-negotiation-large.jpg

Janganlah terburu-buru dalam mengambil keputusan soal gaji yang diharapkan. Hal yang sangat wajar jika Anda perlu memikirkan tentang gaji yang ditawarkan oleh perusahaan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak ada penyesalan di akhir karena gaji tak sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda kurang yakin, cobalah untuk mencari perusahaan lain yang dapat memberikan gaji sesuai ekspetasi Anda. (Cyn/Ars)

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya