Cascara, Minuman dari Daging Buah Kopi

Kemanakah perginya daging buah yang membungkus biji kopi? Cascara jawabannya.

oleh Indy Keningar diperbarui 19 Agu 2015, 06:35 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2015, 06:35 WIB
Mengenal Cascara, Minuman dari Daging Buah Kopi
Kemanakah perginya daging buah yang membungkus biji kopi? Cascara jawabannya.

Liputan6.com, Houston Apa Anda pernah bertanya-tanya mengenai buah yang membungkus biji kopi? Jika Anda bahkan tidak sadar bahwa pohon kopi memiliki buah dan bukan hanya biji, jangan khawatir karena Anda bukan satu-satunya.

Kenalkan cascara, minuman dari buah kopi. Cita rasa cascara mirip dengan rooibos yang memiliki sensasi manis buah, namun mengandung kadar kafein yang hanya sedikit lebih tinggi dari teh hitam.

Dalam pengolahan cascara, daging buah kopi direndam dalam air panas sampai dihasilkan ekstrak rasa manis buah. Seperti dilansir dari situs Houstonia Magazine pada Rabu (19/8/2015), proses ini juga menghasilkan warna merah cerah.

Kadar kafein dalam cascara tidak sebanyak kopi karena sebagian besar kadar kafein ada dalam biji kopi. Ini menjadikan cascara sebagai pilihan yang cocok bagi Anda yang menginginkan cita rasa teh buah, sekaligus lecutan kafein kopi.

Kedai `Ahh, Coffee` di Houston merupakan salah satu kedai yang menyajikan cascara di Amerika. Sayangnya, belum pernah ada kabar dimana bisa mendapatkan cascara di Indonesia.

Tradisi ini sesungguhnya pernah ditemukan pada negara seperti Yemen dan Ethiopia, dimana tanaman kopi pertama kali dikembangbiakkan. Masih menjadi pertanyaan mengapa cascara tidak dinikmati secara meluas. Majalah New York Times Style menulis pada tahun 2009, bahwa tidak ada tradisi mendunia dalam mengolah daging buah kopi menjadi minuman.

(ikr)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya