Jika Ingin Dimakan Mentah, Jangan Bekukan Salmon

Ikan salmon banyak dinikmati mentah, tetapi hati-hati teknik penyimpanan yang salah akan mengurangi kualitasnya.

oleh Unoviana Kartika Setia diperbarui 24 Nov 2015, 14:00 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2015, 14:00 WIB
20150716-Lelah Selama Perjalanan Mudik? Konsumsi 5 Makanan Ini 2
Ketika Anda merasa lelah, cobalah untuk mengkonsumsi ikan salmon yang telah diolah menjadi masakan kesukaan Anda. Cukup makan sedikitnya 50 gram ikan salmon, hal ini sudah bisa membuat Anda lebih bersemangat serta terjaga. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Tren makan makanan mentah (raw food) semakin digandrungi seiring bertambah maraknya restoran Jepang di Indonesia. Salah satu jenis makanan yang digemari untuk dimakan mentah adalah ikan salmon.

Direktur Sushi Tei Sonny Kurniawan mengatakan, daging salmon segar rasanya lembut dan creamy. Salmon tidak berbau amis dan warnanya terlihat segar, sehingga manfaatnya pun optimal.

Tidak selamanya salmon bisa langsung dimakan setelah dibeli dan disimpan. Namun teknik penyimpanan yang salah akan menghilangkan rasa dan tekstur khas dari salmon yang tadinya dapat dimakan mentah.

"Sebaiknya salmon disimpan dalam penyimpanan chill, sekitar 3 derajat Celcius," ujar Sonny di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Ia tidak menyarankan penyimpanan beku untuk salmon. Sebab, rasa salmon tidak akan sama lagi ketika disajikan mentah, meskipun salmon sudah kembali ke kondisi semula (tidak beku). "Kualitas dari daging salmon akan berkurang setelah dibekukan," ujarnya. (*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya