Mengenal Tai Kwun, Wisata Kekinian dan Instagrammable di Hong Kong

Ada beragam sudut dan karya seni dengan tampilan menarik yang membuat tempat wisata di Hong Kong ini punya banyak spot untuk berfoto.

oleh Henry Hens diperbarui 14 Agu 2019, 08:03 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2019, 08:03 WIB
Tai Kwun Centre for Heritage and Arts
Tai Kwun Centre for Heritage and Arts di Hong Kong. (dok.Instagram @taikwun.hk/https://www.instagram.com/p/ByMvvTgAyRN/Henry

Liputan6.com, Jakarta - Hong Kong termasuk destinasi yang paling banyak didatangi wisatawan karena penuh dengan energi kegembiraan. Banyak yang menyebut bahwa Hong Kong cocok menjadi destinasi liburan bagi keluarga karena terdapat tempat yang mengesankan dan sempurna.

Ada banyak hal menarik yang dapat kita temui. Mulai dari wisata belanja, berbagai kuliner lezatnya, sampai deretan objek wisata kekinian yang sayang dilewatkan. Salah satu destinasi wisata kekinian dan sedang hits di Hong Kong adalah Tai Kwun Centre for Heritage and Arts atau biasa disebut Tai Kwun.

Dilansir dari laman dream.co,id dan Discover Hong Kong, di tempat ini Anda bisa berwisata sambil menikmati seni, belajar sejarah serta budaya tanah kelahiran Jackie Chan ini.

Dan mungkin yang paling banyak disukai adalah tempatnya Instagramable dan gratis! Ada banyak sudut dan karya seni kontemporer dengan tampilan menarik serta warna-warni yang membuat tempat ini punya banyak spot untuk berfoto.

Tai Kwun menempati area seluas 13.600 meter persegi di pusat kawasan bisnis Hollywood Road, Central, Hong Kong Island. Terdiri 27 bangunan, 16 di antaranya merupakan bangunan bersejarah yang dibangun antara 1864 sampai 1925.

Bangunan di sini dikelompokkan dalam tiga area, yaitu bekas Kantor Pusat Kepolisian (Central Police Station), Kantor Pusat Kehakiman (Central Magistracy), dan Penjara Victoria (Victoria Prison)--tempat di mana Ho Chi Minh, pemimpin revolusi Vietnam pada masa itu, pernah dipenjara sekitar 1930-an.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Buka Sejak Mei 2018

Tai Kwun Centre for Heritage and Arts
Tai Kwun Centre for Heritage and Arts di Hong Kong. (dok.Instagram @taikwuncontemporary/https://www.instagram.com/p/BvazZjNlVtH/Henry

Tai Kwun dalam bahasa Kanton artinya Stasiun Besar. Tempat ini telah dipugar hampir satu dekade lamanya oleh Hong Kong Jockey Club yang bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Tai Kwun kini kembali beroperasi di tengah-tengah kesibukan pusat distrik bisnis Hong Kong. Selain mengembalikan belasan bangunan bersejarah dengan sangat detail, Hong Kong Jockey Club juga membangun dua gedung baru di kompleks yang sama, yaitu JC Contemporary, sebuah galeri dengan ruang seni kontemporer.

Lalu ada JC Cube, auditorium untuk seni pertunjukan kontemporer kelas dunia. Selain itu ada beberapa restoran dan butik kualitas tinggi di Hong Kong yang pas untuk berwisata kuliner dan belanja.

Kawasan ini termasuk kaya legenda dan cerita sejarah yang biasanya sangat disukai para turis. Tai Kwun yang beroperasi mulai 25 Mei 2018, menjadi saksi 170 tahun sejarah Kota Hong Kong.


Pameran Seni Tiap Tahun

Tai Kwun Centre for Heritage and Arts
Tai Kwun Centre for Heritage and Arts di Hong Kong. (dok.Instagram @taikwun.hk/https://www.instagram.com/p/B0NwPcQgae_/Henry

Pengunjung bisa mengetahui lebih dalam mengenai sejarah bangunan tersebut, serta memahami alasan bangunan-bangunan tersebut didirikan dalam satu kompleks dan saling terhubung dengan jalan setapak atau terowongan.

Di masa lalu, para tersangka yang dituduh melakukan pidana di Kantor Polisi Pusat dapat segera dibawa ke pengadilan di Pusat Magistrasi.

Setelah putusan pengadilan keluar, mereka langsung dipindahkan ke Penjara Victoria untuk menjalani hukuman. Selama proses peradilan pidana ini, tahanan tidak perlu keluar kompleks, sehingga membuat pekerjaan lebih aman dan efektif.

Setiap tahunnya beragam pameran diadakan di tempat ini, menjelma spot wisata nan tepat untuk mereka yang ingin menyimak geliat seni dan kebudayaan Hongkong kiwari. Kawasan wisata Tai Kwun baru-baru ini dinobatkan sebagai salah satu proyek revitalisasi terbesar kota Hong Kong.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya