Kaleidoskop 2020: Pasar Hewan Liar Wuhan hingga Resepsi Pernikahan di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Kaleidoskop Lifestyle 2020, dari pasar hewan Liar di Wuhan, China sampai pesta pernikahan di masa pandemi Corona Covid-19.

oleh Henry diperbarui 16 Des 2020, 17:20 WIB
Diterbitkan 08 Des 2020, 18:02 WIB
Situasi Wuhan Saat Diisolasi Akibat Virus Corona
Orang-orang berbelanja sayuran di sebuah pasar di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Xiao Yijiu/Xinhua via AP)

Liputan6.com, Jakarta -  Di awal 2020, dunia digemparkan oleh penyebaran virus corona Covid-19 yang telah menewaskan puluhan orang di Tiongkok, terutama di daerah Wuhan. Berbagai laporan menyebutkan virus corona diduga berasal dari pasar hewan liar, salah satunya adalah Pasar Seafood Huanan.

Indonesia pun memiliki pasar sejenis yang keberadaannya sudah terkenal di beberapa negara, yakni Pasar Beriman Tomohon yang terletak di Manado, Sulawesi Utara. Namun di awal tahun, wabah corona belum masuk Indonesia dan baru terlacak ada yang positf pada awal Maret 2020.

Menyusul semakin banyaknya kasus positif corona Covid-19, berbagai kebijakan pun diterapkan pemerintah seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Berbagai kegiatan keramaian pun dilarang termasuk resepsi pernikahan. Namun di tengah pandemi, masih ada yang menggelar pesta pernikahan dengan megah dan mengundang banyak orang.

Berbagai peristiwa yang terjadi pada Januari hingga April tahun ini, Lifestyle-Liputan6.com merangkum empat peristiwa paling menarik dalam Kaleidoskop 2020. Beberapa berita ada yang berhubungan dengan pandemi corona Covid-19 yang melanda hampir semua negara di dunia.

Januari: Perbedaan Pasar Tomohon dan Pasar Huanan di Wuhan

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti awal penyebaran virus corona Covid-19, meski banyak yang meyakini berasal dari Wuhan di Tiongkok. Salah satu tempat yang ditengarai jadi sumber penyebaran corona adalah Pasar Seafood Huanan.

Pasar tersebut menjual berbagai jenis bahan dasar olahan laut seperti kepiting, udang, dan aneka ikan lainnya. Namun, tidak sesuai namanya, Pasar Sefood Huanan ini juga menjual hewan-hewan yang tidak layak dikonsumsi oleh manusia.

Dirangkum dari berbagai sumber, pasar yang terletak di Wuhan ini menjajakan sekitar 100 jenis hewan dan di antaranya termasuk hewan liar seperti, rubah, buaya, anak anjing, serigala, salamander, ular, tikus, kelawar, burung merak, landak, bahkan koala.

Indonesia pun memiliki pasar sejenis, yakni Pasar Beriman Tomohon yang terletak di Manado, Sulawesi Utara. Selain memperjualbelikan hewan yang telah mati seperti di Wuhan, Pasar Tomohon pun menjual hewan yang masih hidup.

Daging kelelawar dan tikus dijual lengkap dengan kepalanya. Meskipun keduanya sama-sama memperjualbelikan hewan liar, ada pula beberapa hal yang membedakan Pasar Tomohon dengan Pasar Seafood Huanan

Baca selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Februari

Pak Mat, ayah mendiang Ashraf Sinclair (Foto: Instagram/@marmalademagician)
Pak Mat, ayah mendiang Ashraf Sinclair (Foto: Instagram/@marmalademagician)

Usaha Marmalade Milik Ayah Ashraf Sinclair

Suami penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair meninggal dunia pada Selasa, 18 Februari 2020 karena serangan jantung. Semasa hidup, Ashraf kerap membagikan deretan momen bersama orang-orang tercinta, baik sang istri, buah hati, hingga keluarga.

Satu di antara potret yang diunggah adalah foto sang ayah, Mohamed Anthony John Sinclair.Pak Mat, begitu ayah Ashraf akrab disapa, memiliki usaha membuat marmalade.

Melalui kolom keterangan, ayah dari Noah Sinclair sempat menuliskan soal sang ayah. Ada dua varian marmalade yang dijual oleh ayahanda Ashraf yakni orange marmalade dan grapefruit marmalade.

Kedua varian marmalade usaha ayah Ashraf Sinclair tersedia secara offline dan online tersebut dijual seharga 20 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp66 ribu.

Baca selengkapnya di sini


Maret

6 Potret Rancangan Rumah Baru Christian Sugiono, Ukuran Keramiknya Curi Perhatian
Penampakan rumah baru Christan Sugiono dan Titi Kamal yang mewah. (Sumber: YouTube/Titi dan Tian)

Desain Rumah Baru Titi Kamal dan Christian Sugiono

Saat pandemi corona COVID-19 memang banyak orang berada di rumah saja, termasuk keluarga Titi Kamal dan Christian Sugiono. Lewat kanal YouTube, pasangan suami istri itu bahkan memamerkan desain rumah baru mereka.

Titi dan Tian mengungkapkan bahwa perlu waktu setahun gambar rumahnya jadi. Kepada sang arsitek, Atelia Riri, mereka meminta dibuatkan gambar rumah yang besar. Tian dan Titi kemudian meminta agar desain rumahnya diperkecil 20 persen dari desain awal.

Dari desain rumah yang terdiri tiga lantai, akhirnya diubah menjadi dua lantai. Kepada Riri, Tian dan Titi mengungkapkan ingin memiliki rumah dengan konsep seperti resor yang memperhatikan lingkungan dan alam.

Dua tahun kemudian, mereka kemudian membangun rumah tersebut. Dalam video berdurasi 20 menit empat detik itu, Tian memperlihatkan eksterior rumahnya.

Baca selengkapnya di sini


April

Resepsi Mewah Mantan Kapolsek Kembangan yang Digelar di Tengah Pandemi Corona COVID-19
Akad nikah mantan Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana dan selebgram Rica Andriani yang digelar di hotel bintang lima di kawasan Senayan. (dok. Instagram @dndweddingorganizer/https://www.instagram.com/p/B-YRyZkjwMZ/Dinny Mutiah)

Resepsi Mewah Mantan Kapolsek Kembangan di Tengah Pandemi Corona

Di tengah pandemi corona Covid-19, selebgram Rica Andriani dan Kompol Fahrul Sudiana resmi menjadi pasangan suami istri pada 21 Maret 2020. Keduanya diketahui menggelar resepsi pernikahan mewah di Hotel Mulia, Jakarta Pusat di tengah pandemi.

Adapun kumpulan momen-momen resepsi pernikahan diabadikan dalam kumpulan video pendek oleh akun fanpage Rica Andriani dan Fahrul Sudiana.

Pada video highlights tertulis keterangan "resepsi".Di video yang dibagikan, tampak mempelai pria tampil dalam balutan seragam kepolisian dan sang istri yang didandani bak Putri Disney itu berjalan di sampingnya dalam prosesi Pedang Pora.

Namun resepsi itu berujung pada pemecatan Fahrul sebagai Kapolsek Kembangan, karena Kapolri mengeluarkan maklumat untuk menghindari segala bentuk keramaian yang mengundang massa, termasuk pesta pernikahan.

Baca selengkapnya di sini


Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya