Top 3 Berita Hari Ini: Kritik Junta Militer di Panggung Miss Universe 2020, Miss Myanmar Takut Pulang ke Negaranya

Top 3 Berita Hari Ini tentang Miss Myanmar 2020 yang dikabarkan takut pulang, 2 peneliti LIPI, dan Meghan Markle.

oleh Komarudin diperbarui 20 Mei 2021, 23:02 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2021, 23:02 WIB
Miss Universe Myanmar 2020 Thuzar Wint Lwin
Miss Universe Myanmar 2020, Thuzar Wint Lwin. (dok. Instagram @thuzar_wintlwin/https://www.instagram.com/p/CKItmOUlAPM/)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Miss Myanmar 2020 Thutzar Wint Lwin atau Candy Thuzar yang dikabarkan takut pulang ke negaranya karena mengkritik junta militer. Saat itu, ia membentangkan spanduk bertuliskan 'Pray for Myanmar' di malam puncak Miss Universe 2020.

Tulisan tersebut sebagai bentuk permohonannya sebagai warga Myanmar yang tertekan akibat kudeta militer. Lewat tulisan itu ia ingin menarik perhatian gerakan pro-demokrasi dan memohon bantuan internasional untuk membebaskan pimpinan sipil yang ditahan sekaligus warga yang jadi korban kebrutalan.

Berita lain tentang dua peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang telah menemukan delapan spesies tumbuhan unik baru di hutan Indonesia. Penelitian itu kolaborasi akademisi, peneliti dalam dan luar negeri, filantropis lingkungan, hingga staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Delapan spesies tumbuhan unik baru itu, salah satunya Bulbophyllum acehense. Tumbuhan anggrek epifit itu tumbuh alami di pegunungan hutan Aceh Tengah, NAD.

Berita lainnya tentang ulang tahun pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry pada 19 Mei 2021. Pada momen bahagia itu mereka mengumumkan ingin membangun Pusat Bantuan Komunitas di Mumbai, India, berkolaborasi dengan World Central Kitchen.

Tujuannya untuk melayani kebutuhan jangka panjang komunitas lokal, Archewell dan World Central Kitchen (dijalankan oleh chef selebritas José Andrés) akan membuka yang ketiga dari empat Pusat Bantuan Komunitas di kota terbesar di India. Mumbai juga rumah bagi Myna Mahila, sebuah organisasi India yang fokus pada kesehatan perempuan dan peluang kerja yang telah lama didukung oleh Meghan.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Kritik Junta Militer di Panggung Miss Universe 2020, Miss Myanmar Takut Pulang ke Negaranya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Miss Myanmar Dinyatakan Menang National Costume Miss Universe 2020/dok. Instagram @thuzar_wintlwin
Miss Myanmar Dinyatakan Menang National Costume Miss Universe 2020/dok. Instagram @thuzar_wintlwin

Panggung Miss Universe 2020 sudah dibereskan dengan wakil Meksiko sebagai pemenangnya. Tapi, kisah Miss Myanmar 2020 Thutzar Wint Lwin alias Candy Thuzar masih terus bergulir.

Pemenang kostum nasional di ajang Miss Universe 2020 itu dikabarkan takut pulang ke negaranya setelah membawa pesan bernada kritikan kepada junta militer Myamnar. Thutzar saat itu membentangkan spanduk bertuliskan 'Pray for Myanmar' di malam puncak.

Selanjutnya...

8 Spesies Tumbuhan Unik dari Indonesia Ditemukan 2 Peneliti LIPI Selama Pandemi 2020

Tumbuhan unik
Dua peneliti LIPI menemukan delapan spesies baru tumbuhan unik dari Indonesia (dok.instagram/@https://www.instagram.com/p/CO7qOwXDLkN/Komarudin)

Pandemi corona Covid-19 tak membuat orang kehilangan produktivitasnya. Dua peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Destario Metulasa, M.Sc dan Wisnu Handoyo Ardi, M.Si, membuktikannya.

Mereka tetap produktif meneliti keanekaragaman tumbuhan Indonesia. Selama 2020, staf Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya (PPKTKR) LIPI itu telah mempublikasikan setidaknya delapan spesies tumbuhan unik baru dari belantara Indonesia. ⁣

Selanjutnya...

Cara Meghan Markle dan Pangeran Harry Rayakan Ultah Pernikahan ke-3

 

Meghan Markle dan Pangeran Harry merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ketiga pada Rabu, 19 Mei 2021. Momen bahagia ini digunakan sebagai kesempatan mereka mengumumkan proyek filantropi terbaru dari yayasan pasangan ini, Archewell Foundation.

Dalam pernyataan yang dibagikan di situs Archewell Rabu, 19 Mei 2021, Meghan Markle dan Pangeran Harry mengumumkan rencana untuk membangun Pusat Bantuan Komunitas di Mumbai, India, melalui kemitraan mereka dengan World Central Kitchen, melansir dari laman People, Kamis (20/5/2021).

Selanjutnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar

Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya