Justin Bieber Manggung Pakai Kerudung, Warganet: Lagi Cosplay Jadi Angel Lelga

Selain disebut "kembaran Angel Lelga," pemakaian kerudung oleh Justin Bieber dianggap menghina komunitas Muslim.

oleh Asnida Riani diperbarui 11 Nov 2021, 18:51 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2021, 16:04 WIB
Justin Bieber di Met Gala 2021. (Evan Agostini/Invision/AP)
Justin Bieber di Met Gala 2021. (Evan Agostini/Invision/AP)

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan bintang pop Kanada, Justin Bieber, di konsernya yang digelar di Utah, Amerika Serikat (AS), baru-baru ini, menarik perhatian. Kala itu, pelantun lagu hit STAY tersebut mengenakan celana gombrong berpadu kaus lengan pendek, juga bersiluet loose, yang dipadukan dengan kerudung.

Ketika foto-foto acara tersebut menyebar di media sosial, ragam komentar pun dituliskan penghuni jagat maya. Di antara banyak, salah satunya menyebut bahwa tampilan Bieber dengan scarf di kepalanya justru mirip pesohor Indonesia, Angel Lelga.

Ini mengarah pada kemiripan kerudung segi empat bermotif yang memang kerap dikenakan perempuan 36 tahun lalu tersebut. "Justin bieber lagi cosplay jadi Angel lelga," tulis salah satu pengguna Twitter.

"@justinbieber sudah terverifikasi bahwa kamu kembar sama Angel Lelga," sambung yang lain. Ada juga yang berkomentar, "Not Justin Bieber looks like Angel Lelga." Kacamata hitam yang juga dipakai suami Hailey Bieber itu pun dikatakan menambah kemiripannya dengan Angel Lelga.

Kendati warganet Indonesia heboh menyamakan Bieber dengan Angel Lelga, narasi penyanyi 28 tahun tersebut menyinggung kultur Islam ramai disuarakan. Melansir Hype, Kamis (11/11/2021), Bieber dikritik karena diduga "mengolok-olok Islam dan Muslim."

Dikatakan bahwa beberapa orang tercengang dengan "keanehan penampilannya." Sementara yang lain mengklaim kerudung itu lebih mirip babushka, penutup kepala yang dikenakan wanita tua Rusia, daripada hijab perempuan Muslim.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Hanya Justin Bieber

Rihanna Jadi Sorotan di New York
Penyanyi seksi Rihanna menghadiri peluncuran Fenty Beauty by Rihanna di Duggal Greenhouse, New York, Kamis (7/9). Mantan kekasih Chris Brown ini menggunakan anting kuning emas berukuran besar untuk menambahkan kesan mewah. (Brent N. Clarke/Invision/AP)

Bieber bukan satu-satunya bintang Barat yang dituding melecehkan Islam. Sebelumnya, penyanyi Rihanna sudah lebih dulu dikecam dengan narasi serupa. Ini mengarah pada musik pengiring peragaan koleksi lingerie lini busananya, Savage X Fenty, Oktober tahun lalu.

Insider melaporkan, selama peragaan busana, para model yang mengenakan koleksi pakaian dalam itu terlihat menari mengikuti lagu bertajuk Doom. Lagu oleh Coucou Chloe tersebut menyertakan kutipan hadis Islam.

Fakta ini kemudian menciptakan gelombang protes secara luas. Atas insiden itu, Rihanna pun meminta maaf melalui sebuah unggahan dengan latar hitam di Instagram Story akun pribadinya.

"Saya ingin berterima kasih kepada komunitas Muslim karena menunjukkan pengawasan besar yang secara tidak sengaja menyinggung dalam pertunjukan Savage X Fenty kami," begitu bunyi awal unggahan Rihanna.


Perbuatan Tidak Bertanggung Jawab

Rihanna dalam  Savage X Fenty Show (Dennis Leupold/Savage X Fenty via AP)
Rihanna dalam Savage X Fenty Show (Dennis Leupold/Savage X Fenty via AP)

Rihanna menyambung, "Yang lebih penting, saya ingin meminta maaf untuk kesalahan yang tidak disengaja juga ceroboh. Kami memahami kami telah menyakiti banyak saudara dan saudari Muslim kami, dan saya sangat kecewa dengan ini!"

Sebelum mengakhiri permintaan maaf, Rihanna menegaskan bahwa ia tidak main-main dengan sikap tidak hormat terhadap Tuhan atau agama apapun. "Oleh karena itu penggunaan lagu dalam proyek kami sangat tak bertanggung jawab!" tambahnya.

"Ke depan, kami akan memastikan hal seperti ini tidak akan terjadi lagi. Terima kasih atas kelapangan hati untuk memaafkan dan pengertiannya, Rih." tandasnya.


Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya