Parsel Ikan Guppy Bisa Jadi Tren Baru Bingkisan Lebaran

Ada berbagai kemasan khusus untuk parsel lebaran ikan guppy yang bisa dimiliki atau dikirimkan kepada kerabat terdekat.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Apr 2022, 01:39 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2022, 02:17 WIB
Parsel Ikan Guppy Jadi Tren Baru Bingkisan Lebaran
Parsel Ikan Guppy Jadi Tren Baru Bingkisan Lebaran. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Lebaran bagi umat muslim di Indonesia tidak hanya sebagai hari kemenangan setelah selesai menunaikan ibadah puasa selama 30 hari di bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri sangat dinantikan oleh kalangan umat muslim.

Terutama mereka yang tinggal jauh dari sanak saudara untuk saling melepas rindu setelah lama tidak saling berjumpa.  Itu karena di perayaan Hari Raya Idul Fitri sebagian besar umat muslim saling mengunjungi kerabat dan sanak saudara yang dekat maupun yang jauh.

Idul Fitri 1443 H saat ini akan sangat berbeda dibandingkan perayaan Idul Fitri sebelumnya selama pandemi Covid 19.  Di tahun 2022 ini, pemerintah Indonesia sudah memberikan keleluasaan kepada umat muslim untuk saling mengunjungi kerabat dan sanak saudara, meskipun tetap harus selalu menjaga protokol kesehatan.

Selain tradisi saling mengunjungi yang sudah sangat mengakar di kalangan umat muslim Indonesia, umat muslim Indonesia juga mempunyai tradisi di Hari Raya Idul Fitri untuk saling memberikan bingkisan kepada kerabat terdekat, tradisi ini merupakan salah satu bentuk saling berbagi kebahagiaan dan menjalin tali silarurahmi di Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi saling memberi bingkisan di Indonesia ternyata sudah dimulai dari masa perang merebut kemerdekaan, dimana para perempuan Indonesia saat itu diminta untuk tinggal dirumah, karena medan perang sangat berbahaya untuk mereka.

Oleh karena itu, muncullah ide agar perempuan Indonesia tetap ikut berjuang tanpa harus membahayakan diri mereka dengan mengirimkan bingkisan makanan untuk para pejuang di medan perang. Kebiasaan tersebut terjadi terus menerus selama masa perang merebut kemerdekaan, hingga akhirnya Indonesia merdeka.

Dari sinilah tradisi memberikan bingkisan terbentuk di masyarakat Indonesia, salah satunya adalah saling memberikan bingkisan di Hari Raya Idul Fitri kepada kerabat terdekat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kesan Mendalam

Parsel Ikan Guppy Jadi Tren Baru Bingkisan Lebaran
Parsel Ikan Guppy Jadi Tren Baru Bingkisan Lebaran. foto: istimewa

Dengan berjalannya waktu dan berubahnya kebutuhan sebagian besar masyarakat muslim Indonesia, bingkisan di Hari Raya Idul Fitri tidak hanya berisi pakanan yang bisa di konsumsi oleh penerima, tetapi sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari penerima bingkisan itu sendiri, dari alat rumah tangga, produk fashion, sampai dengan perlengkapan otomotif yang tentunya mempuyai harga yang tidak murah.

Menurut Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si, seseorang membeli barang yang tidak murah bukan karena nilai guna atau fungsinya, melainkan nilai simboliknya. Nilai simbolik berarti barang-barang itu bisa memberikan simbol atau kesan kepada penerimanya. Apalagi penataan bingkisan idul fitri yang cantik membuat si penerima merasa eksklusif.

“Swasti Farm ingin memberikan kesan yang mendalam untuk keluarga Indonesia di Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini, yang tentu saja sudah Kami sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia di hari lebaran,” terang Taufik Shaleh selaku Managing Director Swasti Farm mengawali penjelasan tentang parsel lebaran dari Swasti Farm

Sebagai salah satu ikan hias yang mempunyai karakter hidup bersama-sama (koloni) dengan varian warna yang sangat beragam, Ikan Guppy dan Akuarium akan membuat suasana Idul Fitri disetiap ruang keluarga menjadi lebih cerah dan berwarna untuk menyambut kerabat dan sanak saudara yang datang bersilaurahmi

 


Lebih Cerah di Hari Kemenangan

Parsel Ikan Guppy Jadi Tren Baru Bingkisan Lebaran
Parsel Ikan Guppy Jadi Tren Baru Bingkisan Lebaran. foto: istimewa

Di Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 ini, Swasti Farm memperkenalkan kemasan khusus untuk parsel lebaran yang bisa dimiliki oleh keluarga Indonesia atau dikirimkan kepada keluarga terdekat.

Karena fungsinya tidak hanya sekedar hadiah yang bisa di konsumsi, tetapi mampu menghadirkan suasana lebaran di keluarga Indonesia akan jauh lebih berwarna, parsel lebaran ini akan menciptakan kedekatan yang jauh lebih intim antara pemberi parsel dengan penerima parsel lebaran dari Swasti Farm.

Dengan harga yang sangat terjangkau, parsel lebaran dari Swasti Farm dapat dimiliki oleh keluarga Indonesia mulai dari Rp. 199.000,- sampai dengan Rp. 375.000, Ikan Guppy akan membuat ruang tamu keluarga Indonesia akan lebih cerah dan berwarna di hari kemenangan.

“Hadirnya ikan guppy di setiap ruang keluarga Indonesia , Idul Fitri tahun ini akan menjadi lebih cerah dan berwarna dengan varian warna Ikan Guppy yang sangat beragam” Tutup Taufik menggambarkan dampak positif yang akan keluarga Indonesia dapatkan ketika memiliki ikan guppy didalam rumah

Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya