Profil Jiyoon Weeekly yang Resmi Hengkang dari Grup

Jiyoon Weeekly resmi hengkang dari grup dan kabar ini disampaikan oleh agensinya IST Entertainment.

oleh Putu Elmira diperbarui 02 Jun 2022, 12:02 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2022, 12:02 WIB
Jiyoon Weeekly
Jiyoon Weeekly Resmi Hengkang dari Grup. (Tangkapan Layar Instagram/_weeekly)

Liputan6.com, Jakarta - Jiyoon Weeekly resmi meninggalkan grup yang debut pada 2020 tersebut. Kabar hengkangnya Jiyoon diumumkan oleh agensi yang menaungi girl group itu, IST Entertainment.

Dikutip dari Soompi, Kamis (2/6/2022), agensi mengungkapkan pada 1 Juni 2022 bahwa Jiyoon mengakhiri aktivitasnya sebagai anggota Weeekly karena masalah kesehatan yang tengah dialaminya. IST Entertainment juga menjelaskan bahwa Weeekly akan bergerak maju sebagai grup beranggotakan enam orang.

Sebelumnya, Jiyoon hiatus dua kali karena gejala kecemasan yang berulang. Setelah istirahat sementara pada Agustus tahun lalu, Jiyoon melanjutkan aktivitasnya dengan grup pada Desember. lalu.

Namun, Jiyoon kembali menghentikan aktivitasnya lagi bersama Weekly pada Februari tahun ini. Keputusan ini diambil sebelum comeback terbaru Weeekly dengan album single mereka "Play Game : AWAKE."

Dalam keterangan agensi, pihaknya berterima kasih kepada penggemar setia yang selalu mendukung dan mencurahkan cinta kepada Weeekly. Dengan berat hati, IST Entertainment harus mengungkap hengkangnya Jiyoon.

"Halo. Ini adalah IST Entertainment. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua Daileee atas cinta besar yang Anda berikan kepada Weekly, dan kami menyampaikan pengumuman mendadak ini dengan berat hati," demikian bunyi keterangan agensi soal kabar Jiyoon hengkang dari girl group Weeekly.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Pengumuman Agensi

Jiyoon Weeekly
Jiyoon Weeekly Resmi Hengkang dari Grup. (Tangkapan Layar Instagram/_weeekly)

"Setelah mengalami gejala kecemasan selama masa promosi, Shin Jiyoon dari Weeekly mengambil dua kali istirahat musim panas lalu dan musim semi ini untuk fokus sepenuhnya pada perawatan dan pemulihannya," lanjut IST Entertainment dalam keterangannya.

Pihak agensi juga menyebut bahwa kesehatan artisnya menjadi prioritas utama mereka. IST Entertainment menambahkan bahwa Jiyoon, pihak keluarga, ahli medis, dan agensi telah secara hati-hati mendiskusikan terkait kesiapan Jiyoon untuk melanjutkan aktivitasnya.

"Namun, kami telah mencapai keputusan bahwa Jiyoon perlu berada di lingkungan dia dapat fokus pada kesehatan mentalnya di atas segalanya dan bahwa dia harus terus fokus untuk menerima perawatan," jelas IST Entertainment.

Agensi menerangkan, "Dengan demikian, mulai 1 Juni 2022, Jiyoon akan secara resmi mengakhiri aktivitasnya sebagai anggota Weeekly, dan Weeekly akan melanjutkan perjalanan mereka sebagai grup beranggotakan enam orang."

"Kami sangat meminta maaf atas kekhawatiran yang kami timbulkan, dan kami meminta dukungan Anda yang tak tergoyahkan untuk Jiyoon sehingga dia bisa mendapatkan kembali energinya yang cerah dan menyenangkan," kata agensi.


Profil Jiyoon

Jiyoon Weeekly
Jiyoon Weeekly Resmi Hengkang dari Grup. (Tangkapan Layar Instagram/_weeekly)

Dikutip dari Kpop Fandom, Kamis (2/6/2022), perempuan bernama lengkap Shin Jiyoon ini adalah seorang penyanyi, penulis lagu, hingga rapper asal Korea Selatan. Ia lahir di Bundang-gu, Seongnam, Gyeonggi-do, Korea Selatan pada 2 Maret 2002.

Perempuan berusia 20 tahun ini memiliki tinggi badan 165,5 centimeter. Bicara soal karier di dunia musik, perjalanan Jiyoon dimulai pada Oktober 2017 saat ia menjadi kontestan di acara survival MIXNINE mewakili FAVE Entertainment.

Namun sayang ia tersingkir di episode 10 setelah menempati peringkat ke-44. Pada 24 Oktober 2018, Jiyoon terungkap sebagai anggota keempat FAVEGIRLS

Pada 11 Mei 2020, foto profilnya untuk Weeekly terungkap. Grup ini debut pada 30 Juni 2020 dengan mini album We Are.

Selain itu, Jiyoon adalah seorang trainee selama lebih dari 3 tahun. Ketika dia masih muda, dia ingin menjadi koki atau pelukis.

Panutannya adalah Taylor Swift, Tablo, IU, dan Apink. Jiyoon mendesain stiker yang termasuk dalam mini album grup We Are. Di asrama grup, dia berbagi kamar dengan Jihan. Salah satu julukannya adalah God Jiyoon. Ini adalah permainan kata-kata karena nama belakangnya (Shin) berarti "Tuhan" dalam bahasa Korea.

 

Weeekly

Weeekly
Weeekly (Tangkapan Layar Instagram/_weeekly)

Sementara, Weeekly adalah girl grup yang berada di bawah naungan IST Entertainment yang sebelumnya Play M Entertainment. Grup tersebut merupakan girl grup kedua Play M Entertainment dalam 10 tahun, setelah Apink.

Nama grup Weeekly, diambil dari peran anggota yang bertanggung jawab atas setiap hari dalam seminggu sebagai slogannya mengatakan bahwa "setiap hari membawa minggu yang baru dan istimewa". Saat pre-debut, Soojin, Jiyoon dan Soeun adalah kontestan YG Entertainment dan acara survival JTBC Mix Nine, dengan Soojin menjadi "wajah menonjol" di antara kontestan wanita selama tahap awal peluncuran acara.

Namun, pada 8 Januari 2018, Soojin mengundurkan diri dari acara tersebut setelah cedera akibat kecelakaan lalu lintas dan telah menjalani operasi darurat. Pada Oktober 2018, Fave Entertainment telah mengumumkan rencananya untuk mendebutkan girl grup baru, yang untuk sementara diberi nama Fave Girls. Lineup termasuk Soojin, Jiyoon, Monday, Soeun dan Jaehee.

Grup ini lalu dinamai PlayM Girls setelah penggabungan Plan A Entertainment dan Fave Entertainment, untuk membentuk Play M Entertainment, pada 1 April 2019. Pada 8 Mei 2020, Play M Entertainment mengumumkan bahwa PlayM Girls telah dikonfirmasi untuk debut pada Juni.

Pada 11 Mei 2020, nama grup terungkap menjadi Weeekly, dengan ketujuh anggota grup dan foto profil mereka terungkap. Pada 12 Juni 2020, album mini debut grup We Are diumumkan akan dirilis pada 30 Juni 2020, bersama dengan jadwal rilis.

Kala itu, Weeekly beranggotakan Lee Soo-jin, Monday, Park So-eun, Lee Jae-hee, Jihan, Zoa, dan Jiyoon. Grup ini merilis EP ketiga mereka We Play, menampilkan "After School" sebagai singel utama pada 17 Maret 2021 dan merilis EP Play Game keempat mereka: Holiday pada 4 Agustus 2021, menampilkan "Holiday Party" sebagai singel utama.

Pada 28 Februari 2022, diumumkan bahwa Shin Ji-yoon akan mengambil jeda sementara karena ketegangan dan kecemasan. Grup ini merilis album single pertama mereka Play Game: Awake pada 7 Maret 2022, menampilkan "Ven Para" sebagai single utama. Pada 1 Juni 2022, dipastikan bahwa Shin Ji-yoon akan meninggalkan grup karena kecemasan yang berkelanjutan, dan Weeekly akan berlanjut sebagai grup beranggotakan enam orang.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya