Gordon Ramsay Picu Kontroversi di Korea Selatan, Minta Pengamanan Ekstra Saat Naik Kereta Bawah Tanah

Gordon Ramsay tidak secara spesifik meminta pengamanan ekstra dari petugas kepolisian saat hendak naik kereta bawah tanah di Korea Selatan.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 14 Nov 2022, 17:16 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2022, 17:16 WIB
Buka Restoran Baru, Gordon Ramsay Dikecam Karena Harganya Kemahalan
Buka Restoran Baru, Gordon Ramsay Dikecam Karena Harganya Kemahalan. (dok.Instagram @gordongram/https://www.instagram.com/p/CUPLAjRDd-c/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Gordon Ramsay jadi perbincangan warga Korea Selatan setelah ketahuan meminta penjagaan ekstra saat berkunjung ke negara itu pada 9--11 November 2022. Tindakannya itu menuai kontroversi meski ia sudah pulang ke negerinya.

Gordon Ramsay sebelumnya mengajukan permintaan kepada kepolisian untuk 'kerja sama keselamatan' selama satu jam perjalanan menggunakan kereta bawah tanah pada Kamis, 10 November 2022, pukul 11 pagi, waktu setempat. Permintaan perusahaan itu tidak menyebutkan secara spesifik terkait penempatan petugas.

Namun, mereka mengungkapkan kekhawatiran kemunculan Gordon Ramsay di kereta bawah tanah itu akan memicu kerumunan besar di ruang publik. Hal itu disampaikan oleh pejabat dari Seoul Metro, Korea Railroad Corp (Korail), dan Polisi Bawah tanah Seoul kepada The Korea Times, dikutip Senin (14/11/2022).

Ketiga pihak tersebut merupakan penanggung jawab atas operasional jalur kereta bawah tanah yang ditumpangi Ramsay. Chef asal Inggris dan asistennya itu diketahui naik kereta di jalur 2 dari Stasiun Jamsil, di tenggara Seoul, kemudian berpindah ke Jalur Suin-Bundang di Stasiun Seolleung dan tiba di Stasiun Hutan Seoul.

Itinerary sepanjang delapan stasiun itu biasanya memakan waktu sekitar 23 menit. Jalur 2 berada di bawah yurisdiksi Metro Seoul, sedangkan Korail mencakup jalur Suin - Bundang.

Permintaan pengamanan yang diajukan seorang selebritas terkait penggunaan transportasi umum itu belum pernah terjadi sebelumnya. Laporan tentang permintaan tersebut sontak memicu kemarahan publik yang tak setuju atas penggunaan sumber daya publik untuk melindungi selebriti asing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Saran Operator Kereta

Koki terkenal Gordon Ramsay (Foto: Instagram @gordongram)
Koki terkenal Gordon Ramsay (Foto: Instagram @gordongram)

Seoul Metro lalu menyarankan Gordon Ramsay Korea untuk menggunakan moda transportasi alternatif, seperti kendaraan pribadi, mengingat kehadirannya di kereta bawah tanah bisa memicu kerumunan. Namun, mereka juga menempatkan lima pejabat, termasuk petugas dan staf stasiun di Stasiun Jamsil sebagai langkah pencegahan bila saran tersebut tidak dipatuhi pihak Ramsay.

"Itu bukan untuk Gordon Ramsay, tetapi merupakan tindakan pencegahan terhadap kemungkinan kerumunan orang," kata pejabat itu.

Sementara, KORAIL menempatkan empat petugasnya dalam patroli keselamatan untuk mendampingi perjalanan Ramsay di sepanjang jalur Suin - Bundang. Lagi-lagi, pejabat berdalih bahwa langkah pengamanan itu bukan untuk mengamankan selebriti.

Sedangkan, seorang pejabat Polisi Kereta Bawah Tanah Seoul mengonfirmasi bahwa tidak ada personel polisi kereta bawah tanah yang ditempatkan atas permintaan pihak Ramsay. Sebagai gantinya, pihak kepolisian berjanji akan menanggapi laporan darurat jika terjadi insiden apapun yang diakibatkan oleh kerumunan orang karena kehadiran Ramsay di subway.

 

 


Berjalan Lancar

Kasus Baru Covid-19 Mencapai Rekor di Korea Selatan
Para penumpang yang mengenakan masker menunggu kereta mereka di stasiun kereta bawah tanah di Seoul, Korea Selatan, Rabu (23/2/2022). Kasus harian COVID-19 baru Korea Selatan mencapai rekor tertinggi, melonjak menjadi 171.452 dari 99.569 kasus sehari sebelumnya. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Polisi kemudian menginformasikan hal tersebut ke ruang situasi di Kepolisian Metropolitan Seoul. Begitu pula dengan tiga kantor polisi yang terletak di dekat stasiun kereta bawah tanah yang berada di sepanjang rencana perjalanan Ramsay, yakni Kantor Polisi Songpa di dekat Stasiun Jamsil, Kantor Polisi Gangnam di dekat Stasiun Seolleung, dan Kantor Polisi Seongdong di dekat Stasiun Hutan Seoul. 

Beruntung, tidak ada insiden maupun masalah keamanan yang dilaporkan terkait perjalanan kereta bawah tanah Ramsay, menurut pihak kepolisian maupun operator kereta. Sementara, pihak Ramsay masih belum menanggapi alasan tetap bersikukuh menaiki kereta bawah tanah dengan risiko tersebut.

Kereta bawah tanah yang sesak, terutama di jam pergi dan pulang kantor, bukan pemandangan baru di Seoul, Korea Selatan. Namun, hal itu belakangan dipandang berbeda setelah tragedi pesta Halloween di Itaewon pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Keramaian yang terjadi menimbulkan serangan panik pada sebagian penumpang. Seorang pekerja kantoran berusia 30 tahun bermarga Lee, yang melakukan perjalanan di Seoul Metro Line 9 dalam perjalanan paginya dari Stasiun Dangsan ke Stasiun Sinnonhyeon, turun dari kereta pada Senin pagi, 31 Oktober 2022, merasa sesak napas.

"Saya tidak bisa bernapas. Ini bukan pertama kalinya saya merasa seperti tercekik selama perjalanan kereta bawah tanah pagi saya, tapi itu sangat serius, seperti serangan panik," katanya. Lee naik kereta ekspres di Jalur 9 yang terkenal karena kepadatannya selama jam sibuk.


Tragedi Itaewon

Tumpukan Bunga dan Pesan Duka untuk Korban Tragedi Halloween Itaewon
Biksu Buddha Korea Selatan berdoa pada peringatan darurat untuk para korban akibat kerumunan massa dalam tragedi Halloween yang mematikan, di luar stasiun kereta bawah tanah di distrik Itaewon di Seoul, Kamis (3/11/2022). Termasuk yang menjadi korbannya adalah aktor Lee Jihan dan juga anggota tim penyorak, Kim Yuna saat sedang berusaha menyelamatkan diri dan menyelamatkan orang di sekitar mereka. (Jung Yeon-je / AFP)

Tragedi Itaewon terjadi di sebuah gang sempit yang miring. Korea Times melaporkan jumlah korban bertambah menjadi 158 orang, terdiri dari 132 warga Korea dan 26 warga asing.

Korban tewas terakhir adalah seorang perempuan berusia 20an, menurut Markas Besar Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korea Selatan. Prosesi pemakaman untuk 130 korban warga Korea sudah dilaksanakan, sementara 24 mayat korban warga asing sudah dipulangkan ke negeri mereka masing-masing.

Dari 196 orang yang terluka, 10 di antaranya saat ini masih dirawat di rumah sakit. Kecelakaan kerumunan paling mematikan dalam sejarah negara itu tampaknya mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Orang Korea, yang telah terbiasa dengan kepadatan kota dan kepadatan di jalan-jalan, sekarang tiba-tiba menyadari betapa berbahayanya kondisi ini.

Infografis Mudanya Korban Tewas & Luka Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea Selatan
Infografis Mudanya Korban Tewas & Luka Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea Selatan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya