Kue Jahe Identik dengan Natal, Apa Alasannya?

Gingerbread atau kue jahe begitu identik dengan Natal dan menjadi pemandangan yang akrab di supermarket dan kedai kopi di seluruh negeri saat akhir tahun.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 24 Des 2022, 04:45 WIB
Diterbitkan 24 Des 2022, 04:00 WIB
Ilustrasi kue jahe | pexels.com
Ilustrasi kue jahe | pexels.com

Liputan6.com, Jakarta - Gingerbread atau kue jahe begitu identik dengan Natal dan menjadi pemandangan yang akrab di supermarket dan kedai kopi di seluruh negeri saat akhir tahun. Namun, anehnya salah satu resep Inggris paling awal untuk roti jahe yang ditulis pada abad ke-15 tidak mengandung jahe sama sekali.

Mengutip dari laman english heritage, Sabtu (24/12/2022), perbedaan utama lainnya dari roti jahe modern dan resep awal adalah varietas abad pertengahan dibuat dengan madu dan remah roti. Bahan ini dicampur dengan kunyit dan merica untuk membentuk pasta kaku yang dibentuk menjadi persegi, ditaburi kayu manis dan dihiasi kotak yang diikat dengan cengkeh.

Kadang-kadang adonan juga diwarnai merah dengan menambahkan sander, yaitu kulit pohon cendana merah yang ditumbuk halus. Namun di balik segala campuran rempahnya itu, apa alasan kue jahe identik dengan Natal

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, 16 Desember 2022, kue jahe dikenal sebagai kue kering paling tua di dunia. Sejarah kue jahe bahkan sudah ada sejak 2400 SM di Yunani.

Meski begitu, keberadaannya baru mendunia di abad ke-11. Kue ini tercipta lantaran pada saat itu pelaut Eropa yang baru saja berpetualang ke Asia membawa pulang rempah jahe. Sementara jahe merupakan salah satu bumbu rempah yang sangat langka dan tidak bisa ditemukan di benua Eropa.

Jahe yang dibawa tersebut digunakan juru masak sebagai bahan campuran kue kering. Kue kering yang dibuat dengan campuran jahe ini bisa menghangatkan badan di tengah musim dingin. Natal yang dirayakan setiap 25 Desember,  biasanya akan memasuki musim dingin atau musim salju.


Bentuk Berbeda

Kue Jahe
Ilustrasi Kue Jahe Credit: unsplash.com/AHC

Kue jahe ini sangat dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh di musim dingin. Selanjutnya, orang-orang Eropa banyak yang menyajikan kue jahe di perayaan Natal setiap tahunnya. Hal ini terus berlanjut hingga bertahun-tahun dan perlahan berkembang menjadi sebuah tradisi. 

Awalnya, kue jahe tidak berbentuk boneka orang, melainkan bunga, burung, atau ukiran lainnya. Kemudian pada abad ke-16 di Jerman, kue ini mulai dibuat dengan aneka bentuk lainnya, seperti boneka, sinterklas, serta pohon dengan aneka hiasan icing sugar dengan warna khas natal yaitu putih, merah, dan hijau.

Biasanya, kue jahe disantap dengan minuman hangat khas Natal, seperti eggnog, glogg, wassail, hingga gluhwein. Kue jahe merupakan kudapan untuk menenangkan perut yang didapat dari rempah-rempah mahal bagi orang Eropa termasuk kunyit di dalamnya. Jika membuatnya sendiri di rumah, dengan ditaburi kayu manis bisa menjadi cara menunjukkan kekayaan Anda.

Roti jahe abad pertengahan bukan hanya tentang pamer kepada tamu. Kue jahe juga memiliki tujuan praktis di pesta-pesta, disajikan sebagai manisan di akhir makan. Pada abad ke-15, voidee menjelaskan hidangan manis yang disajikan di akhir makan untuk membantu pencernaan dan mempermanis napas. 

 


Bagus untuk Pencernaan

Ilustrasi resep masakan, kue jahe
Ilustrasi resep masakan, kue jahe. (Photo by Oriol Portell on Unsplash)

Sebagai bahan yang berdiri sendiri, jahe telah lama dipuji karena kemampuannya untuk membantu pencernaan. Di era Elizabethan, roti jahe digambarkan sebagai sejenis kue atau pasta yang dibuat untuk menenangkan perut, bahkan dipercaya juga baik untuk perut kembung dan mempertajam penglihatan.

Pada abad ke-17 penggunaan madu secara bertahap akan dihapuskan ketika pemanis alternatif, yang dikenal sebagai treacle, tersedia secara luas. Theriaca atau triacle pada awalnya adalah nama yang diberikan untuk pasta kental yang dibuat dengan madu dan rempah-rempah yang dijual sebagai obat untuk gigitan dan racun berbisa. Substansi hitam dan kental yang sekarang dikenal sebagai treacle berasal dari proses pemurnian gula. 

Sementara itu, remah roti juga hilang dari resep roti jahe dan akan diganti dengan tepung seperti yang terlihat pada resep di bawah dari buku catatan masakan yang disimpan oleh Anne Blencowe. Lahir pada tahun 1656, Anne adalah istri dari Sir John Blencowe, seorang hakim dan kemudian Anggota Parlemen untuk Brackley di Northamptonshire. Dia mulai menyimpan koleksi resep tak lama setelah pernikahannya pada 1675.

Meskipun bahan inti roti jahe telah menjadi lebih terjangkau bagi sebagian besar masyarakat, masih dianggap sebagai suguhan untuk disantap pada acara-acara khusus. Roti jahe secara khusus juga dikaitkan dengan pameran, makan sepotong roti jahe yang dibeli di pameran dianggap sebagai keberuntungan. 


Tradisi di Jerman

kue jahe
Photo by Jill Wellington from Pexels

Mengutip dari The Guardian, Sabtu, (24/12/2022), tradisi rumah roti jahe yang dihias dimulai di Jerman pada awal 1800-an, konon dipopulerkan setelah dongeng Hansel dan Gretel yang tidak terlalu Natal diterbitkan pada tahun 1812. Dongeng asli keluarga Grimm mencakup kalimat "Ketika mereka mendekat, mereka melihat bahwa rumah itu dibangun dari roti, dan beratap kue, dan jendelanya dari gula transparan.” 

Terinspirasi oleh cerita tersebut, pembuat roti Jerman mulai membuat rumah-rumah kecil yang dihias dari lebkuchen, biskuit madu yang dibumbui. Asal usul roti jahe sebenarnya tidak begitu jelas, sementara akar jahe pertama kali dibudidayakan di Cina sekitar 5.000 tahun yang lalu, dan dianggap memiliki khasiat obat dan magis.

Kapan kegunaannya sebagai pengawet ditemukan tidak jelas, tetapi beberapa sejarawan makanan mengatakan bahwa resep roti jahe pertama kali diketahui berasal dari sekitar 2400 SM di Yunani. Lainnya menelusuri sejarahnya hingga 992 M, ketika biarawan Armenia Gregory dari Nikopolis diperkirakan telah mengajari pembuat roti Kristen di Prancis cara membuatnya.

Referensi selanjutnya termasuk guild roti jahe di Jerman, kemungkinan dibentuk pada abad ke-15 untuk melindungi hak-hak pembuat roti tertentu. Sekitar waktu yang sama, biarawati di Swedia sedang memanggang roti jahe untuk meredakan gangguan pencernaan.

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya