Mengulik Sensus Tahunan Hewan di Kebun Binatang London

Kebun Binatang London melakukan sensus tahunan bagi para entri baru, di antaranya adalah anak penguin dan kambing Pygmy.

oleh Geiska Vatikan diperbarui 09 Jan 2023, 12:02 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2023, 12:02 WIB
Kebun Binatang London Lakukan Sensus Hewan Tahunan
Monyet tupai duduk di atas papan penghitungan selama sensus hewan tahunan di London Zoo, 7 Februari 2018. Data hasil sensus akan dibagi dengan kebun binatang di seluruh dunia untuk keperluan pemantauan hewan yang langka dan dilindungi. (BEN STANSALL/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Anak penguin dan kambing Pygmy merupakan pendatang baru dalam daftar penghuni Kebun Binatang London yang saat ini sedang melakukan sensus tahunan. Melansir dari BBC pada Kamis, 5 Januari 2023, kebun binatang itu mendapat banyak tambahan hewan selama 2022, termasuk seekor gorila dan dua anak harimau. 

Setiap tahun, penjaga mencatat semua hewan di kebun binatang, yang menampung sekitar 400 spesies berbeda. Penghitungan setiap mamalia, burung, reptil, ikan, dan invertebrata biasanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk menyelesaikannya.

Dan Simmonds, Manajer Operasional Kebun Binatang London, menyebutkan, "Ada sekitar 14 ribu hewan di Kebun Binatang ZSL London dengan lebih dari 400 spesies."

Dikutip dari akun Instagram @nowthisnews, banyaknya hewan membuat penjaga butuh waktu untuk menghitungnya. Prosesnya tidak mudah, bahkan para penjaga harus melakukan beberapa trik untuk menenangkan para hewan, salah satunya adalah memberinya makanan. 

Ia mengatakan beberapa penjaga "mengambil gambar tangki karang di Tiny Giants untuk menghindari penghitungan ikan yang sama dua kali", sementara yang lain menggunakan pelatihan dan hadiah untuk menghitung kelompok yang lebih besar, seperti monyet tupai dan penguin Humboldt. 

Hewan lain, kata Simmonds, ada yang mudah untuk dihitung saat sensus, seperti kodok Majorcan midwife yang tidak banyak bergerak. Majorcan midwife memiliki tubuh kecil berwarna cokelat dengan bintik hitam. 


Program Breeding

Harimau Sumatera di Kebun Binatang London
Harimau Sumatera di Kebun Binatang London. (Instagram:@zsllondonzoo/https://www.instagram.com/p/CkvjX_Yoj30/Geiska Vatikan Isdy).

Sensus ini bertujuan untuk memberikan informasi yang nantinya diunggah untuk data global dan untuk inventaris kebun binatang tiap tahunnya. Nantinya, data spesies tersebut bisa diakses oleh kebun binatang lain atau organisasi hewan.

Hal itu juga akan membantu upaya untuk melindungi spesies yang terancam punah dan membantu dalam program breeding. Melansir Britannica, breeding adalah penerapan prinsip genetik dalam peternakan, untuk meningkatkan kualitas yang diinginkan. Program breeding ini juga berguna untuk memastikan bahwa pihaknya selalu mendapatkan populasi hewan yang berkelanjutan dan aman dalam jangka panjang. 

Simmond menyebutkan dari program tersebut, beberapa anak harimau Sumatera berhasil dilahirkan di Kebun Binatang London. Menurutnya, hal ini sangat penting untuk beberapa hewan yang sudah langka, termasuk harimau sumatera.

"Harimau sumatera adalah salah satu spesies kucing yang paling terancam punah di planet ini dan hanya tersisa beberapa ratus saja di alam liar," katanya kepada Now This News. 

 

 


Terima Hadiah Natal

Seekor Monyet di Kebun Binatang London yang Menerima Kalender Advent.
Seekor Monyet di Kebun Binatang London yang Menerima Kalender Advent. (Instagram:@zsllondonzoo/https://www.instagram.com/p/CmJuZ_6IsQF/Geiska Vatikan Isdy).

Pada 30 November 2022, staf di kebun binatang memberikan kalender adven yang telah disesuaikan kepada singa, monyet, meerkat, dan hewan lain yang ada di London Zoo. Setiap kalender diisi dengan makanan untuk spesies tertentu, seperti daging untuk singa dan jangkrik untuk meerkat. 

Pada video unggahan akun Now This News di YouTube, terlihat singa mendapatkan sebuah kalender advena dari papan berwarna cokelat, seperti bentuk rumah dengan gelombang putih. Rumah tersebut memiliki 30 kotak yang mewakili tanggalan pada bulan November. 

Sementara meerkat, pihak kebun binatang memberi kalender adven berbentuk pohon natal dengan dominasi warna hijau. Kotak berwarna putih dengan tulisan merah yang bisa dibuka untuk mengambil hadiah. 

Tidak kalah unik, para monyet yang ada di Kebun Binatang London juga mendapatkan bagian kalender adven yang digantung pada sebuah tali dan kedua ujung tali dipasangkan pada pohon. Bukan dengan papan, tetapi sebuah kantung berisi kacang dengan hiasan kaus kaki santa dan pohon natal. 


Perawatan Kulit Pada Gajah

Gajah di Kebun Binatang Ini Perawatan Kulit Dengan Pijat dan Spa dari Kunyit
Gajah di Kebun Binatang Ini Perawatan Kulit Dengan Pijat dan Spa dari Kunyit (FB Adabi Consumer)

Di tempat berbeda, kebun binatang Negara di Selangor, Malaysia menjadi pusat perhatian karena baru saja membagikan unggahan tentang perawatan kulit berupa spa dari kunyit. Dalam unggahan tersebut, gajah terlihat begitu menikmati pemijatan dan spa dari kunyit. 

Keunikan pijat dan spa pada gajah ini menuai atensi banyak pengunjung Zoo Negara hingga banyak pengunjung tertarik melihatnya. Beberapa wisatawan juga baru tahu bahwa khasiat kunyit bagus unntuk kulit hewan, yaitu untuk menyembuhkan luka kecil, mengobati gigitan serangga, memiliki sifat antiseptik, dan menjadi bahan yang cocok untuk penyembuh kulit.

Proses pemijatan dan spa dari kunyit untuk gajah dimulai dari mengoleskan bubuk rempah-rempah tersebut ke tubuh raksasa lembut oleh tim pemijat agar bisa menutupi setiap inci kulit gajah. Untuk menutupi setiap inci kulit gajah, mereka menggunakan lebih dari 7 kg bahan dari kunyit. Setelah bahan dioleskan, tunggu hingga kulit gajah meresap semua bahan hingga khasiat bisa terasakan lalu dipijat.

Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya