Jalani Pemulihan di Rumah, David Ozora Lakukan Kegiatan Simpel yang Jadi Terapi Kesehaan Mental

Selain itu, David Ozora juga belajar menghitung saat jalani pemulihan di rumah.

oleh Henry diperbarui 24 Apr 2023, 19:02 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 19:02 WIB
Jalani Pemulihan di Rumah, David Ozora Belajar Menghitung dan Kegiatan Simpel yang Jadi Terapi Kesehaan Mental
Jalani Pemulihan di Rumah, David Ozora Belajar Menghitung dan Kegiatan Simpel yang Jadi Terapi Kesehaan Mental.  foto: Twitter @seeksixsuck

Liputan6.com, Jakarta - Jonathan Latumahina kerap membagikan potret keseharian putranya, David Ozora, saat menjalani proses perawatan di rumah lewat media sosial. Melalui akun Instagram @tidvrberjalan, Jonathan membagikan video kegiatan David sedang belajar.

Seperti anak sekolah pada umumnya, David terlihat belajar mengerjakan beberapa pelajaran, di antaranya menghitung, menggambar, dan mewarnai.

Sang ayah memperlihatkan semangat David melakukan kegiatan mewarnai  dengan pensil warna. Ia juga terdengar sedang meminta warna lain untuk mengombinasikan warna pada gambarnya. Siapa sangka kegiatan yang terkesan simpel ini bukan dilakukan tanpa alasan karena merupakan bentuk terapi yang dijalani David.

Melansir kanal Health Liputan6.com, kegiatan mewarnai termasuk dalam terapi seni. Terapi ini bertujuan memperbaiki kesehatan mental dan mengendalikan emosi melalui proses yang menuntut daya keativitas seseorang.

Selain itu, buku mewarnai untuk dewasa juga bisa menjadi salah satu sarana mengalihkan perhatian terhadap perasaan negatif yang sedang dirasakan. Perasaan sedih, misalnya. 

Kegiatan mewarnai ini juga dipercaya dapat melatih motorik halus. "Ini bagian dari melatih motorik halusnya David lagi ya Bang Jo ... bisa dibayangkan betapa sadisnya perlakuan mereka yang menganiaya David. Semangat ya David: It’s not whether you get knocked down, it’s whether you get up stronger," ungkap salah seorang warganet yang kemudian diamini Jonathan Latumahina.


Jonathan Beri Dukungan Penuh

David Ozora Latumahina (Foto: Instagram/@tidvrberjalan)
David Ozora Latumahina (Foto: Instagram/@tidvrberjalan)

Meski belum bisa belajar di sekolah, David yang merupakan korban penganiayaan Mario Dandy bisa mengerjakan beberapa soal pelajaran matematika di rumah bersama ayahnya. Melihat usaha David yang bertekad cepat sembuh, Jonathan memberikan dukungan penuh.

"Hidup adalah pelajaran. Mangatt teroosss," tulisnya dalam unggahan Senin (24/4/2023). Sebelumnya, Jonathan juga mengunggah video David sedang latihan berjalan sambil mendorong alat bantu kemudi.

"Slamat pagi lebaran kedua " tulis Jonathan dalam cuitan di akun Twitter @seeksixsuck pada Minggu, 23 April 2023.

Sambil didampingi suster, David terlihat semangat berjalan mengelilingi kompleks rumahnya.  Melihat video tersebut, David memiliki kemajuan yang luar biasa. Tidak menutup kemungkinan bahwa dalam waktu dekat David dapat berjalan tanpa harus memegang alat bantu.

Menurut Jonathan, fase regenerasi sel-sel David berjalan cepat. Sejak mengalami cidera otak berat akibat penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy, David kehilangan satu per satu fungsi tubuhnya.


David Sudah Bisa Makan Sendiri

David Ozora
Jonathan Latumahina pamer foto putranya, David Ozora, sudah bisa duduk dan makan sendiri. Meski demikian, tangan kanan masih tremor dampak penganiayaan. (Foto: Dok. Twitter @seeksixsuck)

"Fase regenerasinya cepat, seperti punya anak balita tapi tiap hari lompat umur," cuit Jonathan. Kini, David Ozora sudah bisa mewarnai. Ia juga sedikit demi sedikit mulai mengingat praktik simpel Matematika, seperti berhitung.

Kemajuan lainnya, David sudah bisa menyendokkan makanan sendiri ke dalam mulutnya. Menurut Jonathan dalam cuitan lainnya, kemampuan tangan David dalam menggerakan benda termasuk sendok memang belum seperti sedia kala. Namun, menyendokkan makanan adalah perkembangan baik bagi remaja yang sempat masuk rumah sakit selama lebih dari sebulan itu.

"Alhamdulillah udah bisa makan sendiri, tangan kanan masih tremor tapi udah membaik," tulis Jonathan dalam akun Twitternya pada Kamis, 20 April 2023. Terlihat di piring David tengah makan nasi dengan sayur buncis daging serta telur. Nampak kuning telur terlihat di atas nasinya.

Sayangnya, hujan di kawasan rumah David membuat remaja ini tidak bisa berjemur seperti hari-hari sebelumnya. "Met pagi papa mama onlen, gabisa bejemur karena jaksel ujan," kata Jonathan lagi.

 


David Rayakan Lebaran di Rumah

Baru Sehari Pulang ke Rumah, David Ozora Sudah Kangen Perawat Rumah Sakit dan Menunggu Jadwal Kontrol
Baru Sehari Pulang ke Rumah, David Ozora Sudah Kangen Perawat Rumah Sakit dan Menunggu Jadwal Kontrol.  foto: Twitter @seeksixsuck

Perkembangan kemampuan fisik David yang terus membaik membuat para pengikut Jonathan turut senang. "Alhamdulillah…. Senangnya lihat foto David ini. Makan yang banyak, cah bagus. Semangat untuk pulih yang luar biasa. Mental petarung," komentar seorang warganet.

Datangnya hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa disambut gembira oleh umat Muslim, tak terkecuali David Ozora. Meski harus menjalani perawatan intensif, akhirnya David bisa merayakan Lebaran Idul Fitri 2023 di rumah bersama keluarga.

Jonathan pun memperlihatkan momen Lebaran Idul Fitri 2023 bersama David dan ibu sambungnya, Amelia Resolute. Tampak David mengenakan baju koko abu-abu, diapit orangtuanya.

David menyunggingkan senyumannya ke arah kamera, begitu juga dengan Jonathan, sementara Amel tak kuasa menahan tawanya. Ketiganya melakukan wefie. "Selamat lebaran. Tofalemon," cuit Jonathan Latumahina, di akun Twitter terverifikasi miliknya, 22 April 2023.

Tak sedikit yang ikut memberikan ucapan Lebaran Idul Fitri 2023 pada David dan keluarga. Mereka pun ikut bahagia dengan penampilan David.

 

Infografis Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental
Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental.(Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya