Pantau Langsung Arus Balik Mudik Lebaran, Sandiaga Uno Disindir Warganet Ambil Alih Tugas Menteri Perhubungan

Menparekraf Sandiaga Uno disindir warganet karena ikut memantau langsung arus balik mudik Lebaran.

oleh Henry diperbarui 28 Apr 2023, 16:12 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2023, 16:07 WIB
Ikut Pantau Langsung Arus Balik Mudik Lebaran, Sandiaga Uno Disindir Warganet, Menparekraf Merangkap Menteri Perhubungan
Ikut Pantau Langsung Arus Balik Mudik Lebaran, Sandiaga Uno Disindir Warganet, Menparekraf Merangkap Menteri Perhubungan. foto: Instagram @sandiuno

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ikut meninjau kesiapan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2023 di Terminal 2 Bandara Soetta (Soekarno-Hatta), Tangerang, Kamis, 27 April 2023. Sandiaga berkunjung setelah pulang dari Semarang, Jawa Tengah. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram miliknya.

"Setibanya di Bandara Soekarno Hatta dari Semarang, saya langsung Meninjau kesiapan arus balik mudik. Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi salah satu titik yang mengalami lonjakan arus balik beberapa hari ke depan,” tulis Sandiaga Uno dalam unggahannya, Jumat (28/4/2023).

Sandiaga mengatakan, jumlah penumpang pesawat di Bandara Soetta diperkirakan tembus lebih dari dua juta orang. Prediksi 123,8 juta pemudik pada Lebaran tahun ini kemungkinan besar realisasinya akan berada di atas target.

"Untuk para pelaku UMKM, yuk kita manfaatkan momen ini untuk mengambil peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Untuk para pemudik, jaga kesehatan, utamakan keselamatan,” tulisnya lagi.

Menurut pria yang akrab disapa Sandi, para pemudik tentunya ingin mendapatkan layanan terbaik.  "Jangan sampai kejadian pada ibu yang saya temui ini terulang kembali,” terang Sandi.

Dalam tinjauannya tersebut, Sandiaga Uno mendapat keluhan pelayanan transportasi publik dari seorang wanita yang merupakan penumpang Bandara Soetta. Tidak diketahui siapa dan berasal dari mana wanita tersebut. Saat menerobos barisan pengamanan, wanita itu langsung mengeluh kepada Sandiaga Uno karena tidak mendapatkan tempat duduk padahal telah memiliki tiket Bus AKAP.


Sandiaga Uno Dicibir Warganet

Ikut Pantau Langsung Arus Balik Mudik Lebaran, Sandiaga Uno Disindir Warganet, Menparekraf Merangkap Menteri Perhubungan
Ikut Pantau Langsung Arus Balik Mudik Lebaran, Sandiaga Uno Disindir Warganet, Menparekraf Merangkap Menteri Perhubungan.  foto: Instagram @sandiuno

Setelah memperhatikan dengan seksama keluhan salah seorang penumpang itu, Sandiaga Uno pun meminta petugas terkait agar segera mengurusnya. "Tolong dibantu ibu ini, sabar ibu ya," jawab Sandi.

Keluhan itu dinilai Sandiaga, merupakan bentuk permasalahan dari suatu sistem yang dilaksanakan secara online. Meski sejumlah warganet memujinya, tak sedikit pula yang nyinyir dan mencibir karena Sandi lebih terkesan sebagai Menhub (Menteri Perhubungan) daripada Menparekraf.

"Menparekraf atau Menhub???" tanya seorang warganet.

"Mentri pariwisata ngecek arus mudik..nah kan jadinya ditanyain tiket gk mudeng 😂," komentar seorang warganet.

"Pak menhub ke mana ya, ko di ambil alih tugasnya..," tulis warganet lainnya.

"Ikut2tan petugas partai y pak😂😂 kerja y cm carmuk doang 😂 ke sana kemari," komentar warganet lainnya.

"Jadi KUTU LONCAT itu KAGA ASIK diliatnye Bang," sindir warganet lainnya.

Meski begitu, ada juga yang membela Sandi dan menerangkan tentang fungsi dan tugas Menparekraf.

“Apakah anda tau kalo tusi bbrpa Kementerian itu ada yang beririsan? Pemudik itu masuk golongan wisatawan, ada ranah Kemenparekraf disitu. Kemudian masalah olahraga, ada yang namanya Sport Tourism. Untuk kesehatan ada Medical Tourism. Semoga lebih diperbaiki literasi nya supaya banyak informasi ya Mas 🙏🏻,” terang seorang warganet membela Sandi.

 


Sandi Keluar dari Gerindra

Sandiaga Uno bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco (Istimewa)
Sandiaga Uno bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco (Istimewa)

Nama Sandi sedang jadi sorotan setelah resmi hengkang dari Partai Gerindra. Ia kemungkinan besar akan berlabuh di Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Meski begitu, Sandi mengaku tak mau terburu-buru bergabung ke PPP.

"Intinya ada langkah yang secara alamiah saja, tidak usah terburu-buru," kata Sandiaga di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/4/2023), melansir kanal Bisnis Liputan6.com.

Meski begitu, dia mengatakan sudah ada pembicaraan awal dengan PPP untuk bergabung dan masih akan ada komunikasi lanjutan. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini ingin menampung semua aspirasi dari masyarakat, tokoh, ulama, dan kiai.

"Menampung semua aspirasi, terutama dari aspirasi masyarakat dan para tokoh-tokoh, ulama-ulama, kiai-kiai yang harus saya tampung dan saya dengar untuk kita wujudkan sebagai harapan langkah-langkah ke depan," jelasnya.

Dia mengaku tak menginginkan jabatan khusus apabila bergabung ke PPP. Sandi meyakini setiap partai politik punya kriteria dalam menempatkan seseorang di jabatan khusus.


Duet Sandiaga-Ganjar Pranowo

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno di The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, 5 Desember 2022
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno di The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, 5 Desember 2022.  (Liputan6.com/Henry)

"Saya selama ada di satu dekade ini di dalam pelayanan publik saya, saya menyadari pasti partai politik itu memiliki kriteria tersednri dan saya tidak pernah mematok-matok," tutur Sandiaga.

"Saya sudah sangat bersyukur bisa ikut berkontribusi dan tentunya pimpinan partai politik lah yang akan menentukan untuk dipertimbangkan," lanjutnya.

Sementara itu, DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendorong duet Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno sebagai calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

"Buat kami ini pasangan ideal, bagus. Bahkan ini yang sedang dibicarakan," kata Ketua DPW PPP NTB, Muzihir, Rabu 26 April 2023.Dia mengatakan, tanda-tanda Sandiaga Uno bergabung dengan partai berlambang Ka'bah sudah bisa terlihat.

"Resminya belum, tapi publik sudah mengetahui akan berlabuh ke mana. Pendekatan sudah terlihat, beliau selalu hadir di acara PPP. Secara resmi nanti beliau yang mengumumkan. Tunggu saja, kita tidak ingin mendahului, tapi yang jelas kita terbuka menerima apalagi sekaliber Pak Sandi," terangnya.

 

Infografis Prediksi Arus Mudik Natal dan Perayaan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Arus Mudik Natal dan Perayaan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya