Kenali 4 Manfaat Rajin Mencuci Tangan Pakai Sabun, Tak Cuma Bikin Bersih

Adapun itu adalah sebagai berikut.

oleh Gloria Trivena May Ary diperbarui 10 Jun 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2023, 16:05 WIB
Kenali 4 Manfaat Rajin Mencuci Tangan Pakai Sabun, Tak Cuma Bikin Bersih
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun sudah seharusnya diterapkan oleh semua orang. Aktivitas ini bisa dilakukan sebelum dan sesudah berbuat suatu hal, seperti sehabis berpergian di luar rumah, menyentuh benda-benda, sebelum menyantap makanan, dan sebagainya. Walau begitu, masih saja ada yang belum mempraktikkan hal baik dan mudah seperti ini di dalam kehidupan sehari-hari. 

Padahal, mencuci tangan cuma butuh sabun dan air mengalir saja untuk melakukannya. Waktu yang dihabiskan pun tak lama, bahkan tak sampai 5 menit. Manfaat yang akan dirasakan pun sudah pasti besar bagi orang-orang yang melakukannya. 

Jika kamu berpikir bahwa mencuci tangan menggunakan sabun cuma bisa membuatnya bersih, maka itu tak sepenuhnya benar. Sebab, masih ada manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari menerapkan kebiasaan baik ini. Adapun itu adalah sebagai berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Membasmi Berbagai Kuman

Kenali 4 Manfaat Rajin Mencuci Tangan Pakai Sabun, Tak Cuma Bikin Bersih
(c) Shutterstock

Tangan yang terlihat bersih belum tentu bersih sepenuhnya. Bisa saja ada berbagai kuman penyebab penyakit yang menempel dan masuk ke dalam tubuh. Area tangan memang bisa menjadi media penularan kuman-kuman dan mikroorganisme jahat lainnya. Itulah mengapa, cuci tangan sangat dianjurkan kepada siapapun. Dengan mencuci tangan pakai sabun, kuman-kuman dan bakteri yang ada di tangan bisa dibasmi secara tuntas.  

2. Menghindari Berbagai Macam Penyakit

Kenali 4 Manfaat Rajin Mencuci Tangan Pakai Sabun, Tak Cuma Bikin Bersih
(c) Shutterstock

Perpindahan kuman dan bakteri lewat tangan bisa terjadi begitu cepat dan terkadang tanpa disadari. Jika sudah berada di dalam tubuh, besar kemungkinan mereka akan mengganggu sistem pertahanan alias imunitas dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti flu dan diare, hingga penyakit yang lebih berbahaya seperti pneumonia dan meningitis. 

Dengan mencuci tangan secara rutin dan benar, beragam penularan penyakit ini tentunya bisa kamu cegah. Terlebih lagi karena cuci tangan pakai sabun bisa meningkatkan higienitas tangan, sebelum atau setelah beraktivitas.

3. Mencegah Potensi Resistensi Antimikroba

Kenali 4 Manfaat Rajin Mencuci Tangan Pakai Sabun, Tak Cuma Bikin Bersih
(c) Shutterstock

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), resistensi antimikroba (antimicrobial resistance/AMR), khususnya resistensi terhadap antibiotik, terus berkembang hingga saat ini. Bahkan di Eropa sendiri, sudah ada sekitar ratusan ribu korban yang meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh resisten kuman terhadap obat antimikroba. 

Akan tetapi, potensi berkembangnya resistensi antimikroba ini bisa dicegah apabila orang-orang menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan rajin mencuci tangan pakai sabun. Jadi, selalu ingat untuk membersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir, ya.

4. Lebih Efektif Dibandingkan Hand Sanitizer

Kenali 4 Manfaat Rajin Mencuci Tangan Pakai Sabun, Tak Cuma Bikin Bersih
(c) Shutterstock

Kehadiran hand sanitizer tentunya membawa keuntungan tersendiri bagi banyak orang. Benda yang mampu membunuh kuman ini praktis digunakan dan dibawa ke manapun. Tapi, tahukah kamu bahwa membasmi kuman dengan memanfaatkan hand sanitizer saja nyatanya tak akan cukup. Oleh karena itu, sebaiknya tetaplah cuci tangan menggunakan sabun agar sel-sel virus yang ada di tangan bisa hilang sepenuhnya.

Well, kesadaran tiap-tiap orang memang berbeda. Tapi, alangkah baiknya jika kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun ini diterapkan setiap saat. Nah, untuk mendukung aktivitas ini, kamu pun juga memerlukan sabun cuci tangan yang bisa diandalkan. Untuk itu, cari sabun cuci tangan yang punya kemampuan membunuh kuman secara efektif. Selain itu, pilih juga produk yang punya aroma harum dan mampu memberikan kesegaran bagi tangan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya