Sejarah dan Makna Hari Persahabatan Sedunia serta Cara Merayakannya

PBB ingin Hari Persahabatan Sedunia bisa menginspirasi upaya perdamaian sekaligus membangun jembatan antar komunitas.

oleh Henry diperbarui 30 Jul 2023, 17:39 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2023, 17:31 WIB
Ilustrasi teman, sahabat, nongkrong
Ilustrasi teman, sahabat, nongkrong. (Photo by Afta Putta Gunawan on Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Tiap tanggal 30 Juli, masyarakat dunia memperingati Hari Persahabatan Sedunia atau International Friendship Day. Peringatan ini lahir atas dasar upaya perdamaian dan membangun jembatan antar komunitas. Penetapan itu didasarkan pada gagasan bahwa persahabatan antara masyarakat, negara, budaya, dan individu bisa menginspirasi upaya perdamaian sekaligus membangun jembatan antar komunitas.

Mengutip laman indonesia.un.org, peringatan Hari Persahabatan Internasional dicanangkan Majelis Umum PBB pada 2011. PBB ingin pada hari itu untuk melibatkan kaum muda, sebagai pemimpin masa depan, dalam kegiatan masyarakat yang mencakup budaya yang berbeda dan mempromosikan pemahaman internasional dan menghormati keragaman.

Melansir merdeka.com, 30 Juli 2022, Perserikatan Bangsa-Bangsa telah memutuskan untuk mengingatkan semua orang tentang semua hal besar dan baik di dunia.  Kita hidup di dunia yang rumit saat ini. Di antara perselisihan budaya, diskriminasi, kurangnya kepercayaan, perlakuan buruk, dan miskomunikasi, sepertinya memprioritaskan perdamaian adalah sesuatu yang kurang hadir dalam masyarakat di seluruh dunia saat ini.

Hal itu mendasari PBB memutuskan untuk mengingatkan semua orang tentang semua hal besar dan baik di dunia. Mereka melakukan ini dengan membawa Hari Persahabatan Internasional.

Hari Persahabatan Internasional adalah inisiatif yang mengikuti proposal yang dibuat oleh UNESCO mendefinisikan Budaya Damai sebagai seperangkat nilai, sikap dan perilaku yang menolak kekerasan. Selain itu berusaha untuk mencegah konflik dengan mengatasi akar penyebabnya dengan tujuan untuk memecahkan masalah. Proposal itu kemudian diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada 1997.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persahabatan Butuh Empati, Kasih Sayang dan Kepedulian

Ilustrasi Sahabat
Ilustrasi Sahabat (pixabay.com)

Hari istimewa ini melampaui menghubungkan orang-orang, membangun jembatan di antara ideologi, negara, dan budaya. Menghubungkan dan persahabatan identik dengan ikatan. Membangun ikatan bersama itu lebih dari sekadar berbagi waktu, karakteristik, atau sifat favorit di masa lalu dengan orang atau kelompok lain.

Hal ini juga mencakup pemahaman inklusi dan keragaman, serta mempromosikan komitmen di seluruh dunia. Musik, selera, pandangan politik, perbedaan pendapat, dan penampilan fisik bukanlah alasan untuk berpisah.

Persahabatan membutuhkan empati, kasih sayang, dan kepedulian terhadap orang lain. Dengan menghargai dan merayakan persahabatan, kita ikut memupuk karakteristik ini dan mengadopsi pandangan hidup yang lebih tanpa pamrih dan bersyukur.

Di semua komunitas, Hari Persahabatan Internasional bisa membantu membangun dan memperkuat hubungan terlepas dari perbedaan budaya. Hari itu dapat membantu membangun dunia yang lebih baik dan damai, dengan implikasi yang luas. Hari Persahabatan Internasional adalah tentang mempromosikan kebersamaan dan kebaikan, menyatukan orang.

 


Tanggal Hari Persahabatan Internasional

Ilustrasi Teman, Sahabat
Ilustrasi teman sahabat pria. (Sumber Pixabay)

Paraguay adalah negara pertama yang merayakan hari ini di seluruh negeri pada bulan Juli. Namun negara lain memiliki tanggal yang berbeda.

Contohnya, Argentina, Brasil, dan Spanyol merayakan Hari Sahabat Sedunia pada tanggal 20 Juli, sedangkan di India dan Amerika Serikat (AS) merayakannya pada hari Minggu pertama bulan Agustus. Di Finlandia dan Estonia, Hari Persahabatan dirayakan pada hari yang sama dengan Hari Valentine, 14 Februari.

Gagasan hari untuk menghormati persahabatan, bagaimanapun, diadopsi oleh sejumlah negara di Asia di mana tetap menjadi kebiasaan populer untuk mencadangkan hari untuk merayakan persahabatan dan pertukaran hadiah antarteman.

Dengan semakin populernya media sosial di seluruh dunia, telah terjadi peningkatan dalam merayakan Hari Persahabatan Sedunia atau Hari Persahabatan Internasional secara online serta dengan kegiatan komunitas di komunitas lokal yang bertujuan untuk menyatukan mereka yang berbeda latar belakang.

Lalu, bagaimana cara merayakan hari spesial ini? Melansir kanal Health Liputan6.con, ada beberapa cara untuk merayakan Hari Pesahabatan Sedunia, yaitu:


1. Telepon sahabat

Ilustrasi Persahabatan Perempuan dan Laki-laki (sumber: unsplash)
Ilustrasi Persahabatan Perempuan dan Laki-laki (sumber: unsplash)

Di Hari Persahabatan Internasional, Kamu bisa mengirim pesan singkat, telepon hingga video call untuk memberi tahu sahabatmu betapa istimewanya kehadiran mereka dalam hidupmu.

2. Buat janji temu

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi sahabat untuk bertemu dan berbagi cerita. Buatlah janji temu dengan sahabat untuk sekadar ngopi cantik, makan siang bersama, atau menonton bioskop. Lakukan hal-hal menyenangkan untuk merayakan persahabatanmu dengan sahabat.

3. Mendatangi perayaan budaya komunitas

Apakah ada pusat komunitas di dekat Anda yang ingin dikunjungi tetapi belum sempat melakukannya? Ini adalah kesempatan sempurna untuk bisa melihat jadwal dan menghadiri acara apa pun yang diselenggarakan di sana dan bertemu dengan beberapa orang baru. Kamu juga bisa belajar tentang budaya atau gaya hidup baru.

4. Kirim bingkisan

Bila tak punya cukup waktu untuk bertemu langsung, sebagai sahabat, kamu pun bisa mengirimkan bingkisan bagi mereka. Jenisnya bisa disesuaikan dengan hal-hal yang disukai sahabatmu.

 

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya