Uang Jajan Anak Erick Thohir Waktu SD dan SMP Ternyata Cuma Rp10 Ribu: Hidup Tak Selalu di Atas

Ada warganet yang menanggap bahwa uang jajan anak Erick Thohir masih berbilang banyak untuk tahun 2002.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 21 Agu 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2023, 19:00 WIB
Anak Erick Thohir menceritakan soal uang jajan mereka
Anak Erick Thohir menceritakan soal uang jajan mereka. (Dok: TikTok @janesilalahi_)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, anak-anak Menteri BUMN Erick Thohir ternyata mengantongi uang jajan yang kurang lebih sama dengan anak sekolah pada umumnya. Menurut putra ketiga Erick, Mahatma Arfala Thohir, uang jajannya hanya Rp10 ribu saat masih duduk di bangku SD dan SMP.

"Emang diajarkan orangtua ya selalu lebih humble dan kita juga diajarkan uang tuh bukan segalanya," kata Maharma saat jadi bintang tamu Armuh Podcast yang diunggah ulang akun TikTok @janesilalahi_, baru-baru ini.

Penanya dalam podcast sampai tidak percaya dengan pengakuan Mahatma yang terbilang sangat hemat untuk seorang anak Erick Thohir. "Bohong lu, jajan Rp10 ribu (pas) SD?" katanya.

"Kalau yang bisa gue katakan, bukan gue ngeles ya, tapi lebih (pada) ajaran orangtua gue sih," sambung Mahendra Agakhan, anak pertama Erick Thohir yang kuliah di Universitas Loyola Marymount, Los Angeles, California, Amerika.

Ia melanjutkan, orangtuanya pernah berpesan bahwa mau sekaya apapun, orang tidak selalu berada di atas. Jadi, itu yang membuatnya diajarkan hidup secukupnya, karena hidup butuh pengalaman.

"Pada intinya, lu punya banyak duit, lu spend banyak, akhirnya lu yang susah sendiri enggak sih, karena lu harus cari duit lebih banyak lagi," sambungnya.

Seseorang yang terbiasa hidup berlebihan, katanya, nantinya akan lebih susah beradaptasi bila suatu saat "jatuh." Karena itu, kebiasaan menghabiskan uang dianggap sebagai menyusahkan diri sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Warganet

Erick Thohir
Erick Thohir bersama istri, Elizabeth Tjandra, serta keempat anaknya saat liburan di Afrika Selatan (Dok.Instagram/@agathohir/https://www.instagram.com/p/B350MS3no8D/Komarudin)

Warganet pun berkomentar tentang uang jajan anak Erick Thohir. Ada yang merasa jumlah di zaman itu sudah cukup banyak. Ada pula yang memuji didikan menteri Jokowi tersebut.

"Menurut saya sepuluh ribu di zaman dia udah cukup banyak lah," sebut warganet. "Nggak nyangka ternyata pak Erick didikannya bagus," sambung yang lain.

"'Uang bukan segalanya,' kata-kata itu muncul hanya dari anak-anak orang kaya, nggak berlaku buat pejuang receh kayak gue," ungkap warganet lainnya. "Mario Dandi menangis melihat ini," celoteh yang lain menyindir.

"Iya 10.000 tapi uang kantin bulanannya Rp5--10 juta," tulis yang lain. "Bagi kita Rp10 ribu udah gede, tapi bagi mereka anak menteri dibilang kecil gitu lho, coba dibandingkan dengan anak menteri lain pasti beda," tutur yang lain.

"SD gue Rp2 ribu," sebut warganet. "Untuk sekelas anak konglomerat, walau tahun 2002, dikit lah ya," kata warganet lagi.


Momen Beskap Erick Thohir Diisengi Menteri Basuki

Momen Saat Menteri Basuki Iseng ke Erick Thohir
Menteri Basuki tertangkap kamera iseng ke Erick Thohir. Angkat beskap hingga ditegur sang istri dan bikin Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut tertawa. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Sebelum ini, Erick Thohir sudah lebih dulu jadi perhatian karena jasnya disingkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat upacara HUT ke-78 RI berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, 17 Agustus 2023.

Rekaman itu mulanya memperlihatkan Pak Bas, sapaan akrabnya, dengan serius memperhatikan busana Erick yang berdiri di sampingnya. Ia lalu mencolek jas tersebut di bagian perut, bahkan sedikit menyingkapnya.

Erick hanya bisa tertawa melihat tingkah rekannya. Meski tetap berdiri dengan tenang, istri Menteri PUPR Basuki, Kartika Nurani, terlihat mencolek balik sang suami yang langsung berdiri tegap. Banyak yang mempertanyakan alasan Basuki melakukan aksi jahilnya itu.

Menanggapi, Erick berbagi sebuah unggahan di akun Instagram-nya, Kamis, menulis, "Buat warganet yang penasaran, semoga video ini menjawab ya 🤭 Jas Boedi Oetomo ini memang didesain berkancing satu oleh mas Didiet Maulana khusus untuk saya. Terima kasih mas Didiet, pak Bas aja suka 😊👍🏼 Tahun depan kita ajak Pak Bas kembaran aja gimana?"

 


Desainer Didiet Maulana Menanggapi

10 Gaya Couple Figur Publik Hadiri Upacara Kemerdekaan RI di Istana Negara, Kaesang Pangarep-Erina Gudono
Menteri BUMN dan Ketum PSSI Erick Thohir mengenakan jas klasik chreme yang terinspirasi dari organisasi pergerakan pertama Boedi Oetomo. Sementara, sang istri memakai kebaya model Kartini, dengan lengan mengembang dan manset tinggi yang khas pada masa itu. Keduanya memakai batik motif parang klithik.. [Instagram/erikthohir]

Di video yang dibagikan, Basuki kedapatan berkata, "Itu kan saya tanya, 'Baju apa?' Terus dijawab, 'Boedi Oetomo,' katanya. Kan pakai jas, tapi saya lihat ini kancingnya ternyata cuma satu. Jadi, itu memang model kancing Boedi Oetomo. Bukan Jawa, tapi baju Boedi Oetomo 1908. Saya cuma mau ngecek aja."

Sebagai balasan, Erick Thohir berkata,"Itulah Pak Bas, figur pekerja, serius, tapi juga ngegemesin. Kalau warganet bilang ngegemesin itu. Figur yang menyenangkan apalagi kalau kita suka kerja-kerja di daerah, ya beliau memang suka isengin saya dan kita suka ketawa-ketawa. Salah satu mentor, menteri senior yang saya sukai kinerjanya." 

Sebagai desainer "baju yang dicek" Basuki, Didiet Maulana pun menanggapi. Turun mengomentari klip viral tersebut, direktur kreatif IKAT Indonesia itu menulis di akun X-nya, dulu Twitter, Kamis, "Pak Bas, iya pak. Entar saya bikinin juga."

Ia juga sempat mengomentari unggahan Instagram Erick Thohir yang menanyakan apa sebaiknya membuat baju kembaran dengan Basuki untuk perayaan HUT RI tahun depan. "Gaskeun, pak," sahut Didiet. 

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya