Viral Rektor UGM Nyanyi Lagu Bunda Saat Wisuda, Bikin Wisudawati Berlinang Air Mata

Acara wisuda di Universitas Gadjah Mada (UGM) menyisakan kenangan haru nan menyentuh. Momen ini bermula ketika salah seorang wisudawati memohon izin untuk berfoto bersama rektor UGM dan ibunya di panggung acara.

oleh Putu Elmira diperbarui 31 Agu 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2023, 19:00 WIB
Viral Rektor UGM Nyanyi Bunda Saat Acara Wisuda, Sukses Bikin Wisudawati Haru dan Menangis
Viral Rektor UGM Nyanyi Bunda Saat Acara Wisuda, Sukses Bikin Wisudawati Haru dan Menangis (Tangkapan Layar TikTok/ugm.id)

Liputan6.com, Jakarta - Acara wisuda di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 23--24 Agustus 2023 menyisakan kenangan mengharukan. Momen ini bermula ketika salah seorang wisudawati memohon izin untuk berfoto bersama Rektor UGM Ova Emilia dan ibunya di panggung acara.

Kisah menyentuh ini dibagikan melalui akun TikTok @ugm.id. "Kalau ada kesempatan, pengen ngucapin apa ke Bunda kalian?" bunyi keterangan dalam video acara wisuda UGM tersebut.

Video berdurasi dua menit dan 12 detik itu diawali dengan seorang wisudawati yang mengenakan toga bicara di podium sekaligus meminta izin. "Setelah ini saya mohon izin kepada ibu Rektor, mohon izin mau mengundang ibu saya, mau ikut foto dan bersalaman ke depan, diperbolehkan mboten njih?" tanya wisudawati itu.

Setelah diizinkan, ia tidak lupa berterima kasih sembari tersenyum semringah. "Njih matur nuwun sanget," katanya.

Video berlanjut dengan momen wisudawati dan ibunda foto bareng rektor UGM. Sesi foto usai, ditutup dengan salam-salaman dan terdengar denting piano melantunkan musik "Bunda" yang dipopulerkan oleh Melly Goeslaw.

"Persembahan lagu untuk para ibu yang sedang berbangga atas pencapaian anaknya," bunyi keterangan dalam video.

Rektor UGM pun menyanyikan "Bunda"disambut dengan tepuk tangan hadirin di acara tersebut. Memasuki menit pertama, para wisudawati disorot sedang menangis dan berusaha menyeka air karena diselimuti rasa haru saat mendengar lagu tersebut dibawakan. Sementara di bagian belakang, terlihat para peserta wisuda mengangkat kamera sembari menyalakan lampu flash di ponsel masing-masing. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Viral di TikTok

Viral Rektor UGM Nyanyi Bunda Saat Acara Wisuda, Sukses Bikin Wisudawati Haru dan Menangis
Viral Rektor UGM Nyanyi Bunda Saat Acara Wisuda, Sukses Bikin Wisudawati Haru dan Menangis (Tangkapan Layar TikTok/ugm.id)

Sejak diunggah sepekan lalu, video ini viral dan telah disaksikan lebih dari 4,4 juta kali di TikTok. Kolom komentar pun dibanjiri dengan tanggapan warganet yang juga ikut haru dan menangis. "terharu banget sama kakaknya, pasti mamahnya bangga banget," tulis seorang warganet.

Warganet lainnya melanjutkan, "Plis jangan naruh bawang di sini, masih pagi loh." "Pagi-pagi udah dibikin mewek," lanjut lainnya.

Ada pula yang berbagi kisah mengenai pengalaman mereka dan orang terdekat menempuh studi di UGM. "Alhamdulillah anak saya juga bisa sampai wisuda di UGM dan cumlaude. Meskipun ayahnya hanya penjual gas keliling," tulis seorang warganet.

Lainnya menulis, "Ya Allah aku cuma penjahit rumahan, ibu single dengan 4 anak.. allhamdulilah putri pertama bisa masuk UGM sangat-sangat bersyukur."

"ibu dan ugm adalah alasan mengapa aku masih bertahan," tambah lainnya.


Viral Menteri Basuki Gebuk Drum di UGM, Beraksi Nyentrik dengan Topi Terbalik

Viral Menteri Basuki Gebuk Drum di UGM, Beraksi Nyentrik dengan Topi Terbalik
Viral Menteri Basuki Gebuk Drum di UGM, Beraksi Nyentrik dengan Topi Terbalik (Tangkapan Layar TikTok/jelong_jelong)

Sebelumnya, kehebohan juga tercipta di UGM. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi perbincangan hangat di jagat maya ketika menjadi pembicara di Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Fakultas Teknik UGM, Yogyakarta, pada 3 Agustus 2023.

Hal tersebut bermula ketika Menteri Basuki yang juga akrab dipanggil Pak Bas ini menggebuk drum dalam acara di UGM. Momen tersebut diabadikan dalam sebuah video yang diunggah akun jelong_jelong di TikTok sekitar tiga hari lalu. Menteri Basuki ikut mengiringi lagu bertajuk "Separuh Nafas" dengan aksinya bermain drum.

""Separuh Nafas" gebukan drum sang menteri nyentrik Basuki Hadimuljono," bunyi keterangan dalam video tersebut.

Video yang berdurasi empat menit dan 42 detik itu menampilkan Menteri Basuki yang menggebuk drum dengan topi terbalik. Ia penuh semangat mengiringi aksi panggung tersebut. Sejak diunggah, video tersebut telah disaksikan lebih dari 5,1 juta kali.


Rektor UGM Mewisuda Putrinya yang Lulus dengan Nilai Sempurna

Momen Langka, Rektor UGM Mewisuda Putrinya Sendiri yang Lulus dengan Nilai Sempurna
Momen Langka, Rektor UGM Mewisuda Putrinya Sendiri yang Lulus dengan Nilai Sempurna.  foto: TikTok @asva.nafaisa

Momen unik lain di UGM juga pernah tercipta saat upacara kelulusan atau wisuda UGM pada Rabu, 26 Oktober 2022. Momen wisuda Tahun Ajaran (TA) 2022/2023 itu sekaligus menjadi momen spesial sekaligus membanggakan bagi Rektor UGM Ova Emilia, karena dia tak hanya mewisuda putra-putri terbaik UGM, tetapi juga mewisuda putri kandungnya yang jadi bagian dari wisudawan dan wisudawati kemarin. 

Putrinya, He Yeon Asva Nafaisa yang merupakan seorang dokter, wisuda dengan predikat cumlaude. Raut bahagia dan senyum terlihat terpancar dari wajah sang ibunda saat putrinya maju ke panggung untuk diwisuda. Video momen unik ini viral di media sosial dan diunggah oleh akun TikTok UGM.

Momen ini juga diunggah oleh akun TikTok pribadi Asva Nafaisa. Ia tak bisa menyembunyikan raut bahagia saat menerima ijazah dan menjadi salah satu wisudawan terbaik dalam periode tersebut.

Putri Rektor UGM ini berhasil meraih IPK 4, sebuah IPK yang sempurna dan tertinggi yang bisa diraih oleh mahasiswa. Asva dalam video tersebut tampak berjalan menuju panggung wisuda yang disambut sang ibu dengan mengalungkan samir wisuda untuknya dengan penuh senyum dan rasa bangga.

Infografis: Deretan kasus kekerasan seksual di dunia pendidikan Tahun 2011 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis: Deretan kasus kekerasan seksual di dunia pendidikan Tahun 2011 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya