Otto Hasibuan Sebut Jessica Wongso Jadi Pengajar Bahasa Inggris dan Merajut bagi Para Napi

Menurut pengacaranya, Otto Hasibuan, kemampuan Jessica Wongso sebagai warga yang 10 tahun tinggal di Australia dipergunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi rekan-rekannya sesama napi.

oleh Henry diperbarui 11 Okt 2023, 11:02 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2023, 11:02 WIB
Otto Hasibuan Ungkap Jessica Wongso Mengajarkan Bahasa Inggris dan Merajut untuk Para Napi
Otto Hasibuan Ungkap Jessica Wongso Mengajarkan Bahasa Inggris dan Merajut untuk Para Napi.  foto: Youtube 'Deddy Corbuzier'

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Wongso yang dihukum 20 tahun penjara dalam kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, sudah tujuh tahun mendekam di jeruji bes. Ia menjalani hukumannya di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Kasus kopi sianida yang melibatkan Jessica Wongso ini kembali ramai dibahas setelah diputarnya film dokumenter 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso' yang diproduksi Netflix. Salah seorang pengacaranya, Otto Hasibuan mengungkap kondisi terkini Jessica selama mendekam di penjara.

Di balik tembok lapas untuk narapidana atau napi perempuan tersebut, wanita yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-35 ini menjalani hari-harinya. Otto Hasibuan yang rutin menjenguk kliennya tersebut mengatakan bahwa Jessica banyak melakukan hal positif di dalam bui.

Kemampuannya sebagai orang yang pernah 10 tahun tinggal di Australia ia pergunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi rekan-rekannya sesama napi. "Dia pintar, di sana memberikan pelajaran bahasa Inggris kepada narapidana di penjara," ungkap Otto Hasibuan dalam podcast Deddy Corbuzier yang kemudian dibagikan ulang di TikTok oleh akun @ninimihairani pada 7 Oktober 2023.

Tak hanya pintar berbahasa Inggris, Jessica juga mengembangkan bakatnya sebagai desainer di dalam penjara. "Dia menjadi desainer di sana, dia bisa mendesain baju dan kasih masukan kalau di sana (rutan) mau membuat semacam kostum atau seragam. Tidak ada hal yang buruk tentang dia. Sangat positif sekali," ucap Orro.

Beredar pula video Jessica yang ternyata juga bisa merajut. Dalam isi suratnya yang viral pun, Jessica mengungkapkan akan menghadiahkan salah satu sahabatnya rajutan buatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan untuk Jessica Wongso

Otto Hasibuan Ungkap Jessica Wongso Mengajarkan Bahasa Inggris dan Merajut untuk Para Napi
Otto Hasibuan Ungkap Jessica Wongso Mengajarkan Bahasa Inggris dan Merajut untuk Para Napi.  foto: TikTok @ninimihairani

Unggahan itu ramai mendapat tanggapan dari warganet. Sampa berita ini ditulis, unggahan tentang kegiatan Jessica di rutan itu sudah dilihat lebih dari 2 juta kali, mendapatkan lebih dari 171 ribu likes dan mendapatkan lebih dari 1.800 komentar yang ternyata hampir semuanya memberikan dukungan pada Jessica.

"Kira2 Jesiicca tau gk sih sekarang, klw bnyk yg peduli ama dia skrng🥺🥺🥺," tanya seorang warganet,

"Gpp Kak Jes, ntr lg keluar kok. Semoga ada jalan terangnya ya. Tuhan ksh ini tandanya kamu mampu dan pst ada jalan keluarnya. Amin,” tulis seorang warganet.

"Andai aku disana, pengen banget jadi temen deketnya jes🥺 support dan berbagi cerita,” tulis warganet lainnya.

"Ternyata raut wajah jesica yg selama ini, kyk ya udah, pasrah aja. berat untuk melawan org² yg ga akan bs dia kalahkan," ujar warganet lainnya.

Pemilik nama lengkap Jessica Kumala Wongso ini baru saja berulang tahun ke-35 di hari Senin, 9 Oktober 2023. Tepat di hari ulang tahunnya, beredar video ibu dari Jessica, Imelda Wongso, mendatangi Rutan Pondok Bambu untuk merayakan ulang tahun putrinya.


Ulang Tahun Jessica Wongso

Otto Hasibuan Ungkap Jessica Wongso Mengajarkan Bahasa Inggris dan Merajut untuk Para Napi
 Otto Hasibuan Ungkap Jessica Wongso Mengajarkan Bahasa Inggris dan Merajut untuk Para Napi. foto: TikTok @ninimihairani

Imelda Wongso datang bersama para kuasa hukum Jessica, namun tidak terlihat ada Otto Hasibuan dalam video yang dibagikan akun TikTok @terkini69. Mereka membawa tumpeng bertuliskan 'Happy Birthday Jessica". Menurut Imelda, putrinya biasanya akan berkumpul bersama kakak-kakaknya saat berulang tahun.

"Biasanya kan kumpul, sama kakaknya, kedua kakaknya, ponakannya, ibu bapak. Sekarang di sini, ulang tahunnya sama lawyer-lawyer," ucap Imelda. Kunjungan itu kabarnya benar-benar jadi kejutan bagi Jessica karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari ibunya maupun anggota keluarganya yang lain.

Dalam kesempatan itu, Imelda Wongso berharap putrinya yang terjerat kasus kopi sianida dapat segera bebas dari penjara. "Iya cepet bebas ya. Harapan ibu cuman itu," harapnya.

Sehari sebelum ulang tahunnya yaitu pada Minggu, 8 Oktober 2023, viral di media sosial surat hasil scan yang diduga ditulis oleh Jessica dari dalam jeruji besi untuk temannya yang bernama Tami. Surat itu dibagikan TikToker kondang @Awbimax.


Jessica Berhenti Minum Kopi

Surat diduga milik Jessica Wongso
Surat diduga milik Jessica Wongso (Foto: TikTok/ awbimax)

Di surat yang beredar, Jessica mengucapkan terima kasih usai mendapatkan sepatu dari salah satu sahabatnya. "Hi Tami, bagus deh kamu dan lainnya terima surat aku, kirimnya lebih praktis kalo lewat scan, thankyou banget yah sepatunya aku pakai di sini kalau lagi mau olahraga, pas kok ukurannya. Tapi jangan aku aja ya yang olahraga, kamu juga, ayo hilangin males-malesan," tulis Jessica pada suratnya. 

Jessica menyebutkan bahwa jika teman-temannya mau kirim foto, dirinya bakal menerima tapi di penjara dia kesulitan untuk berfoto. Ia bahkan mengaku sengaja menghindari kamera.Tak lupa, Jessica menyebutkan bahwa dirinya baik-baik saja berada di penjara.

"Aku di sini setiap hari sibuk bantuin petugas, enggak pernah di kamar selain hari sabtu dan minggu," ungkap Jessica.

"Iya jam 5 sore bisa lebih awal atau terlambat tergantung kerjaan dan petugasnya, aku balik ke sel untuk istirahat dan lanjut besoknya. Soal tas rajutan, nanti kalau ada kesempatan dan benang yang bagus aku buatin ibu kamu ya," lanjutnya.

Jessica menambahkan bahwa dirinya sudah tak banyak minum kopi. "Aku sekarang udah enggak minum kopi lo, sejak bulan Maret kemarin udah quit, jadi paling kalau lagi kepengen aja, tapi jarang banget. Dulu aku juga ketagihan sama kopi, tapi udah berhenti,” sambung Jessica.

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona
Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya