Baca Ayat 1.000 Dinar Tiap Hari Jadi Kunci Sukses Prilly Latuconsina, Apa itu?

Karier Prilly Latuconsina di dunia hiburan semakin meroket. Belum lama ini ia meraih Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Budi Pekerti di FFI 2023.

oleh Henry diperbarui 08 Mar 2024, 14:15 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023, 04:00 WIB
Baca Ayat 1.000 Dinar Tiap Hari Jadi Kunci Sukses Prilly Latuconsina, Apa itu?  foto: TikTok @secuilcinta21
Baca Ayat 1.000 Dinar Tiap Hari Jadi Kunci Sukses Prilly Latuconsina, Apa itu? foto: TikTok @secuilcinta21

Liputan6.com, Jakarta - Karier Prilly Latuconsina di dunia hiburan semakin meroket. Belum lama ini, ia meraih Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Budi Pekerti di FFI 2023. Bisa dibilang rezeki karier Prilly terus mengalir beberapa tahun belakangan.

Wanita berdarah Ambon dan Sunda itu ternyata punya rahasia doa agar rezekinya lancar. Meskipun sukses dan kariernya melejit naik, Prilly tak segan untuk memberikan tipsnya pada publik. 

Prilly mengaku menerapkan ayat seribu dinar dalam doa yang dipanjatkannya sehari-hari."Saya memang baca doa itu tiap hari ya untuk rezeki lancar. Biasanya dilaukan setelah sholat" ucap Prilly Latuconsina saat ditanya hafal ayat sseribu dinar dilansir dari akun TikTok @secuilcinta21, Sabtu, 25 November 2023.

"Sehabis minta semuanya, pengampunan dosa, bersyukur, ditutup dengan ayat 1000 dinar," tambahnya. Video tersebut viral dan sampai berita ini ditulis udah disaksikan lebih dari 9 juta kali dan disukai lebih dari 1,4 juta kali dan mendapatkan lebih dari 2.950 komentar.

"Samaa aku jga hafal ayat 1000 dinar ,masya allah😭” komentar seorang warganet.

"Prilly ayat seribu dinar aja apal, gw gk apal²😭," ujar warganet yang lain.

"@prilly latuconsina thankyou. dlu lo pernah pas intrview sm siapa lupa pas lo lg bangun rumah lo blg sllu baca ayat 1000 dinar. dan gue ikutin smpe sekarang," tulis warganet lainnya.

Prilly juga sempat menulis di kolom komentar, di akun yang sepertinya milik temannya itu. Ia menuliskan urutan doa yang biasa dilakukannya: "urutan doa aku: Shalawat, Minta apa yang kita mau (yang detail ya guys), Pengakuan dosa dan minta diampuni, bersyukur, Shalawat, terakhir Syahadat.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membuka Pintu Rezeki

Baca Ayat 1.000 Dinar Tiap Hari Jadi Kunci Sukses Prilly Latuconsina, Apa itu?
Baca Ayat 1.000 Dinar Tiap Hari Jadi Kunci Sukses Prilly Latuconsina, Apa itu?  foto: TikTok @secuilcinta21

Ayat seribu dinar dipercaya punya banyak keutamaan, salah satunya ialah membuka pintu rezeki bagi yang membacanya. Selain itu, ayat ini diyakini dapat menyelamatkan manusia dari musibah dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Lantaran khasiat dan keutamaannya yang dahsyat ini, tentu saja banyak umat Islam yang mengamalkannya. Di balik penamaan ayat seribu dinar ini, tentu saja masih banyak yang belum mengetahui asal-usulnya.

Sebenarnya, penamaan ayat seribu dinar ini tak bisa dilepaskan dari kisah seorang pedagang yang menjadi kaya raya bahkan menjadi raja setelah mengamalkan Surat At-Thalaq ayat 2 dan 3 ini. Mengutip laman rumahzakat.org, dikabarkan ayat ini bermula dari kisah seorang pedagang yang kedatangan Nabi Khidir as. dalam mimpinya.

Dalam mimpi tersebut, sang pedagang diajarkan oleh Nabi Khidir as. untuk bersedekah 1000 dinar. Hadirnya Nabi Khidir as. ke dalam mimpi sang pedagang ternyata berulang kali hingga akhirnya sang pedagang pun menjalankan amanah dari Sang Nabi, yakni menyedekahkan 1.000 dinar.

 


Sedekah 1.000 Dinar

Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Setelah menyedekahkan 1000 dinar, rupanya Nabi Khidir as. kembali datang ke dalam mimpi sang pedagang. Kali ini, Sang Nabi mengajarkan pedagang untuk mengamalkan surah Ath-Thalaq ayat 2-3. Maka, pedagang itu pun menjalankan kembali amanah Sang Nabi.

Hingga suatu ketika, terjadilah musibah ketika pedagang tersebut melaut. Kapal yang ditumpanginya dilanda badai topan. Para penumpang meninggal kecuali pedagang tersebut. Bahkan, barang-barang pedagang tersebut pun selamat.

Musibah yang telah ia lalui membuatnya sadar akan kebesaran Allah, dan membuatnya yakin akan fadhilah dari ayat yang selalu ia amalkan. Lelaki itu lalu memutuskan untuk menetap dan berdagang di negeri itu, dengan terus mengamalkan ayat yang diajarkan Nabi Khidir as.

Kesuksesan yang ia raih dalam berniaga, membuatnya menjadi saudagar kaya dan ia menjadi raja di negeri itu. Sungguh rezeki yang tidak disangka-sangka seperti yang terkandung dalam ayat tersebut. Kemudian, ayat ini dikenal dengan ayat seribu dinar, sesuai dengan kisahnya.

 


Bacaan dan Arti Ayat Seribu Dinar

Doa Setelah Sholat Taubat
Ilustrasi Kitab Al Qur’an Credit: pexels.com/Tayeb

Mengutip dari Baznas, Senin, 27 November 2023, ayat 1.000 dinar merupakan salah satu ayat yang banyak dibacakan oleh umat muslim. Hal tersebut karena keistimewaan yang dimilikinya yang tidak hanya membuka pintu rezeki namun juga meningkatkan ketakwaan.

Berikut ini bacaan ayat seribu dinar Arab, latin dan artinya:

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًاۙوَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wa may yattaqillaha yaj al-lahu makhraja. Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja alallahu likulli syai in qadra.

Artinya: "Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."  (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

 

Infografis 7 Doa di Sidang Tahunan MPR 2018
Infografis 7 Doa di Sidang Tahunan MPR 2018. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya