Mencicip Menu Buka Puasa Perpaduan Kuliner Lokal dan Internasional, Rendang Taco sampai Sirloin Steak Saus Soto Tangkar

Ada tiga starter yang dihidangkan di acara buka puasa hotel ibis Styles Tanah Abang, yaitu Tartlet Klepon, Rendang Taco, dan Dumpling Karedok Goreng.

oleh Henry diperbarui 07 Apr 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2024, 16:00 WIB
Buka bersama ibis Family Indonesia di Ibis Styles Jakarta Tanah Abang
Buka bersama ibis Family Indonesia di ibis Styles Jakarta Tanah Abang.  foto: dok.  Ibis Styles Jakarta Tanah Abang.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan Ramadhan, berbagai hotel menawarkan menu buka puasa yang bervariasi, begitu pula dengan ibis Styles Jakarta Tanah Abang. Selain menu yang umum seperti kolak, es campur, dan gorengan, hotel di kawasan Jakarta Pusat ini menyajikan beberapa sajian perpaduan kuliner lokal dan internasional.

Beberapa menu disajikan secara terbatas, bahkan ada yang dibuat hanya di satu momen saja. Lifestyle Liputan6.com berkesempatan mencicip menu-menu tersebut di acara buka bersama ibis Family Indonesia di ibis Styles Tanah Abang, Rabu, 3 April 2024. Keunikan sajian sudah terasa sedari awal.

Ada tiga starter yang dihidangkan, yaitu tartlet klepon, rendang taco, dan dumpling karedok goreng. Rendang Taco, yang merupakan makanan khas Meksiko dengan isian daging rendang, sekilas terasa kontras, tapi rasanya ternyata tidak asing di lidah.

Dumpling karedok goreng juga cukup menarik karena sensasi rasa karedok benar-benar terasa, tapi dibalut dengan kulit dumpling nan khas. "Selama ini sudah ada beberapa makanan perpaduan western dan lokal," kata Executive Sous Chef ibis Styles Jakarta Tanah Abang chef Ariyanto.

"Kita berusaha mencari alternatif lain yang bisa menghasilkan sensasi rasa yang unik, tapi tetap terasa akrab di lidah orang Indonesia," ia menyambung. "Setelah kami coba berbagai paduan menu, hasilnya ada tiga sajian yang mewakili perpaduan makanan lokal dengan menu western dan oriental."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Starter Gurih dan Manis

3 Menu Starter di Buka bersama ibis Family Indonesia di Ibis Styles Jakarta Tanah Abang
3 Menu Starter di Buka bersama ibis Family Indonesia di Ibis Styles Jakarta Tanah Abang. (Liputan6.com/Henry)

Chef Ariyanto mengatakan lagi, "Cita rasanya kita buat sesuai menu aslinya, meski dalam bentuk yang berbeda."

Bagi penyuka penganan manis, tartlet klepon juga bisa bikin ketagihan. Lalu, ada juga menu pembuka exotic fruit salad with honey yoghurt dressing yang cukup menyegarkan mulut usai mencicip makanan ringan yang gurih dan manis.

Menu selanjutnya adalah roasted creamy mushroom soup. Sesuai namanya, sup ini cukup creamy. Sebagai tambahan, ada roti kering bercita rasa gurih yang bisa dicelupkan ke dalam sup.

Setelah itu, barulah tersaji menu utama yang terdiri dari pan seared fish a la Meuniere dan grilled sirloin with bourguignon. Menu pertama berupa salmon Norwegia yang disajikan bersama mashed potato yang creamy dan sauteed spinach, semacam bayam tumis.

Rasanya ternyata bisa berpadu dengan ciamik, dengan daging salmon yang empuk tanpa ada rasa lain yang mengganjal. Sensasi menyantapnya seperti makan salmon steak, tapi dengan beragam variasi rasa.


Saus Spesial Soto Tangkar

Roasted Creamy Mushroom Soup, menu sup di Buka bersama ibis Family Indonesia di Ibis Styles Jakarta Tanah Abang.
Roasted Creamy Mushroom Soup, menu sup di Buka bersama ibis Family Indonesia di Ibis Styles Jakarta Tanah Abang. (Liputan6.com/Henry)

Menu grilled sirloin with bourguignon juga tidak kalah menarik. Sajian ini berupa daging sirloin Australia dengan kentang yang empuk dan ragam sayuran. Bedanya, steak ini memakai saus spesial soto tangkar.

Ini perpaduan yang sangat unik karena menyajikan aroma soto tangkar yang sangat terasa dan agak pedas, tapi secara keseluruhan tidak menganggu rasa steak itu sendiri. Seperti halnya menu salmon, hidangan ini juga menghadirkan rasa yang makin kaya.

"Ide bikin saus soto tangkar ini memang unik dan kami cukup lama memutuskan apa kuliner lokal yang paling pas sekaligus unik dan beda (untuk dikreasikan). Kami coba beberapa makanan yang kontras dengan daging steak dan akhirnya kita putuskan memilih soto tangkar yang cita rasanya termasuk kuat," jelas chef Ariyanto.

Dua menu tersebut terasa semakin spesial karena hanya disajikan di acara buka bersama tersebut. "Iya dua menu ini memang sangat spesial karena hanya untuk disajikan malam ini. Nantinya kita akan membuat kreasi kuliner lain. Tapi untuk menu lain, seperti menu starter, bisa dipesan khusus di bulan puasa ini," ungkapnya.


Nasi Goreng Kambing dan Dessert

Chef Ariyanto memasak Nasi Goreng Kambing di Buka bersama ibis Family Indonesia di Ibis Styles Jakarta Tanah Abang.
Chef Ariyanto memasak Nasi Goreng Kambing di Buka bersama ibis Family Indonesia di Ibis Styles Jakarta Tanah Abang. (Liputan6.com/Henry)

Sebagai dessert, ada apple struddle with gelato yang menetralkan kembali lidah kita. Rasa manisnya tidak berlebihan dan makin terasa segar dengan tambahan gelato. Menu ini jadi penutup sajian iftar yang berkesan.

Terdapat pula nasi goreng kambing sebagai menu alternatif. Rasanya ternyata cukup menggugah selera dan bikin ingin nambah terus. Sebenarnya, sajian nasi goreng ini tidak seluruhnya memakai daging kambing. Anda bisa memilih daging ayam bagi yang kurang menyukai daging kambing.

Namun, rasanya daging kambingnya sulit buat ditolak, terlebih dengan teksturnya yang sangat empuk dan gurih. Untuk minuman, ada satu menu khusus yang hanya disajikan di bulan Ramadhan, yaitu kurma smoothies.

Minuman buah ini menyegarkan, memberi rasa manis kurma yang tidak berlebihan.

 

Infografis Journal
Daftar Kalori Makanan Berbuka Puasa (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya