Dipicu Pandemi, Layanan Katering di Rumah Makin Diminati

Memesan layanan katering di rumah untuk acara privat membuat tuan rumah lebih praktis.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 06 Mei 2024, 05:01 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2024, 05:01 WIB
Dipicu Pandemi, Layanan Katering di Rumah Makin Diminati
Layanan katering Sarirasa Group. (dok. Sarirasa Group)

Liputan6.com, Jakarta - Jasa katering terus beradaptasi seiring waktu. Situasi pandemi Covid-19 turut mewarnai industri jasa makanan dan minuman tersebut. Maria Francisca, marketing comunication Sarirasa Group mengatakan bahwa pandemi mendongkrak permintaan layanan katering untuk acara di rumah pribadi yang disebutnya sebagai outside catering.

"Dulu sebenarnya demand cukup banyak, tapi belum banyak yang di rumah pribadi karena belum familiar dengan outside catering. Sejak pandemi karena bikin event apapun semua di rumah, mereka pesan layanan outside catering untuk di rumah," ujarnya ditemui di sela acara di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tren tersebut masih berlanjut setelah pandemi berlalu. Menurut Sisca, perbedaan dengan sebelum pandemi adalah jumlah pesanan menjadi lebih kecil karena jumlah tamu untuk event di rumah jelas lebih terbatas dibandingkan bila digelar di gedung atau ruang pertemuan lainnya.

"Sekitar 30--50 pax," sebutnya.

Pilihan menu yang ditawarkan beragam mengingat di bawah Sarirasa Group terdapat banyak brand. Tapi, menu favorit yang kerap dipesan adalah sate ayam dari Sate Khas Senayan. Menurut Sisca, sate mereka terinspirasi dari sate ayam Ponorogo yang memiliki bumbu kacang berwarna lebih merah dan terang dibandingkan bumbu kacang sate Madura.

"So far masih layani Jabodetabek aja karena belum ada dapur di luar Jakarta. Pemesanan bisa minimal H-1 kalau 50 pax ke bawah, tapi kalau di atas itu minimal H-3," ujarnya.

Durasi outside catering biasanya antara 2--6 jam. Biaya yang harus dibayar tergantung pada jumlah pesanan, lama, dan lokasi acara berlangsung. Pasalnya, klien harus membayar jasa transportasinya juga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Layanan Katering Lainnya

Dipicu Pandemi, Layanan Katering di Rumah Makin Diminati
Deretan menu makanan katering. (dok. Sarirasa Group)

Outside catering merupakan salah satu layanan yang ditawarkan Sarirasa Catering yang berdiri sejak 1975. Dua lainnya adalah catering in-house dan layanan pesanan besar.

Catering in-house dirancang untuk mengakomodasi acara di outlet-outlet Sarirasa Group, seperti Sate Khas Senayan, Sate & Seafood Senayan, TeSaTe, TeKoTe, Gopek, dan Gopek House. Konsumen dapat memilih hidangan favorit dari menu restoran dengan presentasi dalam gaya prasmanan atau dengan stan-stan dengan acara digelar di restoran.

Sementara, layanan pesanan besar tersedia untuk acara khusus dengan dua pilihan, yaitu Menu Reguler dan Kotak Nasi. Menu Reguler memungkinkan pelanggan memilih menu dari semua restoran di bawah Sarirasa Group dengan pesanan minimum 50 porsi. Pesanan dapat dilakukan melalui outlet atau Sarirasa Catering, dengan pengambilan di lokasi atau layanan pengiriman tersedia dengan biaya tambahan.

Sedangkan, Kotak Nasi menawarkan paket makanan dalam kotak berisi nasi, hidangan sampingan, dan makanan ringan, dengan pesanan hanya melalui Sarirasa Catering. Pengambilan di toko-toko terpilih dan layanan pengiriman juga tersedia dengan biaya tambahan.


Promokan Balenusa

Dipicu Pandemi, Layanan Katering di Rumah Makin Diminati
Suasana interior pendopo Balenusa. (dok. Sarirasa Group)

 

Sarirasa juga berekspansi dengan membuka Balenusa di kawasan Pakubuwono. Itu adalah ruang acara yang dirancang khusus untuk pertemuan sosial dan kegiatan sosial, seperti rapat korporat, acara pernikahan, hingga arisan. Balenusa juga didedikasikan untuk kegiatan budaya dengan anak-anak dapat belajar tarian tradisional atau bermain gamelan, sementara orang dewasa menikmati pertunjukan wayang.

Dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, tujuan dari setiap acara di Balenusa adalah untuk membantu lebih banyak orang mencintai dan menghargai budaya Indonesia. Balenusa, yang terinspirasi dari bale tradisional Jawa dengan atap berbentuk kerucut, memiliki area yang beragam termasuk ruang-ruang pribadi dan pendopo atau balai.

Dengan kapasitas total antara 6--300 orang, Balenusa memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk menyesuaikan acara mereka. Ruang-ruang pribadi cocok untuk makan malam duduk, bahkan dapat digabungkan menjadi ruang fungsi untuk hingga 70 orang.

Sementara itu, pendopo yang menyediakan area dalam ruangan dan luar ruangan dapat berfungsi sebagai balai, nyaman digunakan untuk acara besar seperti pesta pernikahan atau pertunangan. Mereka menyediakan fasilitas acara lengkap seperti dekorasi, hiburan, dan peralatan presentasi bisnis.

 


Tersedia Paket Hantaran

Rayakan Ultah ke-50, Sarirasa Group Kenang Perjalanan Rintis Bisnis Masakan Nusantara hingga Peranakan
Ilustrasi sate. (dok. Sarirasa Group)

"Ada minimum pax, minimum spending. Enggak bisa hanya sewa tempat doang, tetapi harus dengan servis F&B. Minimal Rp35 juta, termasuk makanan minuman. Dengan spending Rp35 juta, kalau satu menunya Rp50-100 ribu, itu bisa untuk 50--100 orang dengan durasi dua jam," kata Sisca.

Masih berkaitan dengan layanan paket makanan, Sarirasa Group juga menawarkan hantaran dengan fokus yang berbeda. Pilihan hantaran bervariasi, mengikuti budaya yang ditonjolkan oleh setiap merek di bawah Sarirasa Group, seperti Tumpengan, nasi berbentuk kerucut simbolik dalam budaya Jawa yang melambangkan hubungan dengan Tuhan dalam acara sukacita atau formal. Ada juga Tampahan, makanan santai dengan presentasi menarik di atas tampah, adalah pilihan ideal untuk pertemuan informal.

Sementara Besek, kotak anyaman bambu berisi hidangan otentik, menjadi hadiah unik dan praktis untuk acara spesial. Hantaran juga mencakup Rantang, tumpukan wadah penyimpanan enamel, sebagai pilihan hampers Peranakan Indonesia yang dapat dikirim untuk merayakan ulang tahun atau menyampaikan perhatian.

Infografis Tradisi Makan Bersama dari Berbagai Daerah di Indonesia
Infografis Tradisi Makan Bersama dari Berbagai Daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya