3 Resep Olahan Beras Ketan, Jadi Kue Basah hingga Kimbab ala Korea

Bentuk beras ketan hampir mirip beras biasa, amun jika diolah tekstur yang dihasilkan beras ketan akan lengket memiliki rasa manis.

oleh Putri Astrian Surahman diperbarui 05 Jun 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 06:00 WIB
Wajik Ketan Gula Pasir
Wajik Ketan Gula Pasir. (dok. Cookpad/@eyangbima)

Liputan6.com, Jakarta - Beras ketan merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan masyarakat Indonesia untuk membuat berbagai macam hidangan. Umumnya, beras ketan digunakan untuk membuat kue-kue basah yang sering kita temukan di pasar tradisional. 

Bentuknya hampir mirip seperti beras biasa, namun jika diolah tekstur yang dihasilkan beras ketan akan lengket dan ada rasa manisnya. Terdapat dua jenis beras ketan yaitu beras ketan putih dan hitam, pilihan ini tergantung selera Anda.

Berbagai macam makanan bisa dibuat dari beras ketan. Bagi Anda yang penasaran, simak dan catat resep praktis olahan beras ketan yang telah dirangkum dari Cookpad pada Selasa, 4 Juni 2024.

Wajik Ketan Gula Pasir

Resep kreasi pengguna @eyangbima menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

500 g beras ketan putih

500 cc santan kental dari satu butir kelapa

100 cc santan cair

300 g gula pasir

1/2 sdt vanili bubuk

200 cc air

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan.
  2. Cuci bersih beras ketan putih sampai bersih dan rendam semalaman, lalu tiriskan. Kukus dalam kukusan selama 30 menit.
  3. Didihkan air 200 cc sampai mendidih, angkat kukusan dan masukkan sedikit demi sedikit dengan ditambahkan perisa dengan warna sesuai selera. Aduk hingga merata.
  4. Tutup supaya meresap. Sambil menunggu, campur santan kental dan encer, gula pasir dan vanili bubuk. Kukus kembali ketan yang sudah diaron selama 30 menit.
  5. Sambil menunggu masak, campurkan santan, gula, dan beri sedikit perisa warna hijau (sesuai selera) dengan menggunakan api sedang. Aduk-aduk terus hingga keluar minyak dan berbuih. Angkat kukusan setelah 30 menit.
  6. Masukkan ketan kukus ke dalam adonan gula, aduk terus menggunakan api kecil hingga kalis. Pastikan teksturnya sudah tidak lengket. Jika sudah, tuang ke dalam loyang dan ratakan dengan menggunakan plastik. Biarkan semalaman di suhu ruang.
  7. Keesokan harinya bisa dipotong-potong sesuai selera.
  8. Wajik ketan gula pasir siap dinikmati. Rasanya tidak terlalu manis dan bisa bertahan tiga hari di suhu ruang. 

Kue Talam Ketan Labu Kuning

Kue Talam Ketan Labu Kuning
Kue Talam Ketan Labu Kuning. (dok. Cookpad/@BundaArdhanKitchen)

Resep kreasi pengguna @BundaArdhanKitchen menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

Bahan Lapisan Ketan :

500 g beras ketan putih

300 ml santan sedang

1/2 sdt garam

1 lembar daun pandan

Bahan Lapisan Labu :

300 g labu kuning

300 ml santan sedang

250 g gula pasir

120 g tepung tapioka

80 g tepung beras

1/2 sdt vanili bubuk

1/2 sdt garam

 

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan ketan. Cuci bersih beras ketan yang sudah direndam semalaman, kemudian tiriskan.
  2. Didihkan panci pengukus, kemudian kukus beras ketan dengan daun pandan hingga setengah matang (kurang lebih selama 15 menit).
  3. Didihkan santan kemudian matikan api kompor. Masukkan garam dan beras ketan, aduk rata dan diamkan selama 15 menit agar santan terserap dengan baik. Kukus kembali selama 15 menit.
  4. Angkat beras ketan lalu tuang ke loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng tipis-tipis dan diberi alas daun pisang. Ratakan dan padatkan ketan sambil ditekan-tekan. Anda bisa menggunakan centong nasi. Sisihkan ketan kemudian siapkan bahan lapisan labu kuning.
  5. Kukus labu kuning hingga lunak selama 15 menit. Setelah labu lunak, tunggu uap panas hilang kemudian blender dengan santan dan gula pasir hingga halus, sisihkan. Siapkan wadah, masukkan tepung tapioka, tepung beras, vanili bubuk dan garam. Tambahkan labu yang sudah dihaluskan.
  6. Aduk adonan labu hingga tercampur dan licin, kemudian saring. Tuang adonan labu ke loyang berisi ketan, kukus hingga matang selama 30 menit dengan api sedang.
  7. Beri kain bersih atau serbet pada tutup panci pengukus agar uap dari air kukusan tidak jatuh ke adonan. Setelah matang, angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah itu potong m-potong sesuai selera. Jika akan dijual, kemas dengan mika yang sudah diberi alas daun pisang.
  8. Kue talam ketan labu kuning siap dihidangkan.

Kimbab Beras Ketan

Kimbab Beras Ketan
Kimbab Beras Ketan. (dok. Cookpad/@IrmaRays)

Resep kreasi pengguna @IrmaRays menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

 

Bahan Nasi :

200 g beras biasa

100 g beras ketan

1 sdm minyak wijen

1 sdt kaldu bubuk

Bahan Isian (sesuaikan dengan selera) :

1 butir

2 buah sosis siap makan

3 buah chicken nugget stick

 

Bahan Lainnya :

5-7 lembar nori / secukupnya

 

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan.
  2. Rendam beras ketan selama 15 menit, kemudian cuci dengan beras biasa. Letakkan nasi di wajan, beri air seperti memasak nasi. Aron nasi sambil sesekali diaduk hingga airnya menyusut.
  3. Letakkan di kukusan, kemudian kukus beras hingga matang. Selanjutnya, letakkan nasi di mangkuk dan beri satu sendok makan minyak wijen dan satu sendok teh garam atau kaldu bubuk, aduk rata dan sisihkan.
  4. Siapkan isian, kocok lepas telur beserta sedikit garam. Panaskan sedikit margarin, buat dadaran telur tipis kemudian iris-iris memanjang, sisihkan. Belah menjadi enam bagian memanjang sosis, sisihkan. Siapkan juga chicken nugget stick goreng.
  5. Gunting satu lembar nori menjadi dua bagian. Ambil satu bagian nori dan letakkan sebagian irisan telur. Gulung dan rekatkan ujungnya dengan air.
  6. Selanjutnya ambil satu bagian nori lagi, letakkan dua potongan sosis di atas nori dan disusun memanjang. Kemudian gulung dan rekatkan ujungnya dengan air. Buat empat gulungan sosis, sisihkan.
  7. Satukan empat gulungan sosis, dan satu gulungan telur, kemudian gulung dengan satu lembar nori.
  8. Letakkan satu lembar nori di atas baking paper, letakkan nasi sambil diratakan sampai 3/4 bagian nori. Letakkan isian, gulung sambil ditekan agar melekat sempurna. Jika ingin bulatan kimbab besar, bisa ditambah lagi nasi di atas nori. Jika nori kurang panjang, bisa disambung dengan setengah lembar nori lagi dengan cara direkatkan dengan olesan air.
  9. Buat juga kimbab satunya, dengan isian nugget stick, potongan sosis, dan irisan telur dengan cara yang sama. Rapikan kedua ujung kimbab dengan pisau tajam yang sudah dibasahi air.
  10. Sisa nasi yang ada bisa dicetak dengan cucing. Letakkan potongan nori, masukkan nasi sambil ditekan-tekan hingga cekung. Letakkan dumpling cheese dalam cekungan nasi. Sebelumnya dumpling cheese sudah direbus kurang lebih tiga menit di air mendidih.
  11. Kimbab siap disajikan, atau dijadikan bekal sekolah anak. Anda bisa tambahkan mayonaise dan saus keju sebagai topping jika suka.
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya