Dian Sastrowardoyo Terjun ke Modeling untuk Biayai Sekolah, Bersyukur Ternyata Dibelokkan ke Jalur Lain

Pertama kali dikenal lewat Ada Apa dengan Cinta di awal 2000an, Dian Sastrowardoyo masuk ke dunia entertaint lewat pemilihan Gadis Sampul 1996.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 06 Jul 2024, 20:30 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 20:30 WIB
Inspirasi Busana Lebaran dan Halal Bihalal
Dian Sastrowardoyo pun tampil dengan kebaya putih modern dipadukan celana kulot bermotif. Credit: Instagram (@therealdisastr)

Liputan6.com, Jakarta - Artis Dian Sastrowardoyo saat ini dikenal sebagai salah satu pemain film yang selalu sukses dalam berakting. Pertama kali dikenal lewat Ada Apa dengan Cinta di awal 2000an, Dian Sastro masuk ke dunia entertaint lewat pemilihan Gadis Sampul 1996.

"Tapi gue berkarier di dunia modeling kan sebenernya buat biayain sekolah gue gitu kan. Dan itu nggak pernah terjadi," ucap wanita 42 tahun itu dalam tayangan video bersama Dewi Sandra yang diunggah ulang akun TikTok @empowerherworlds pada 22 Mei 2024.

Menurutnya itu jadi sebuah kisah hidupnya yang lucu, karena di luar rencananya. Lalu akhirnya baru beberapa tahun yang lalu, Dian baru menyadari bahwa memang seharusnya dia tidak terjun ke bidang modeling. Karena jika itu yang terjadi, maka mungkin Dian tidak bisa berkarya dan menghasilkan pundi-pundi uang seperti sekarang untuk dapat dimanfaatkan lebih banyak hal lagi.

Ia merasa bersyukur karena diberi rezeki yang banyak hingga cita-citanya sekolah tinggi bisa tercapai. Ia pun merasa ada banyak Dian lainnya yang keinginannya juga hanya bisa bersekolah, masuk perguruan tinggi namun terkendala biaya.

Akhirnya kini wanita kelahiran 16 Maret 1982 itu memakai tabungannya untuk disumbangkan ke anak-anak yang berkeinginan sekolah. Keinginan mulia Dian sempat terhenti karena ia menikah, lalu punya anak.

"Akhirnya aku buka beasiswa Dian, jadi kemampuan aku waktu itu udah deh aku mau ambil anak asuh dua atau tiga per tahun," ceritanya. 


Disebut Warganet Angelina Jolie-nya Indonesia

Gading Marten Hobi Fotografi, Intip Hasil Foto 5 Artis Cantik Indonesia
Memakai baju turtle neck berwarna kuning, Dian Sastro menampilkan sorot matanya yang tajam dan pandangannya yang dalam. (Liputan6.com/IG/@gadiiingmoto)

Ia menyambung ceritanya, "Aku kuliahin nih anaknya kuli bangunan yang juara kelas gitu, anak ibu penjual nasi kucing yang intinya cuma punya satu tekad saya pengen kerja kantoran, supaua mama nggak usah jualan nasi kucing lagi."

Unggahan yang disukai oleh lebih dari 6.144 pengguna TikTok itu pun menuai beragam reaksi warganet. Di antaranya memberi pujian atas pemikirannya untuk menggunakan hasil keringatnya membantu orang lain.

"Bayangin kalau semua artis punya pemikiran kayak Dian Sastro," tulis warganet.

"Uang nggak dibawa mati, impianku sama kayak Dian," sambung warganet.

"MasyaAllah Dian cantik wajahnya cantik hatinya, hidupnya bener-bener bermanfaat dan berkah untuk orang lain," warganet memuji.

"Keren Dian, udah pinter, cantik, baik hati," kata warganet.

"Salut untuk mba Dian, semoga lancar terus rezekinya," doa warganet.

"Selalu inspiring Dian Sastro tuh," timpal warganet lainnya.

"Angelina Jolie-nya Indonesia," warganet memberi predikat Dian mirip artis Hollywood itu.


Cerita Dian Sastro Masuk Islam

Kartini Masa Kini, 8 Gaya Artis yang Hobi Pakai Kebaya dari Dian Sastro, Yura Yunita, hingga Andien Aisyah
Jadi salah satu artis Indonesia yang kenakan kebaya dalam keseharian. Tampilan Dian Sastrowardoyo kenakan kebaya kutubaru warna hitam dipadukan kain batik warna coklat, obi belt merah, dan selendang warna hijau bisa jadi pilihan. [@therealdisastr].

Sebelumnya Dian mengisahkan perjalanan spiritualnya hingga akhirnya ia memutuskan untuk masuk Islam atau mualaf. Rupanya, yang menyebabkan ia masuk Islam bermula dari pertanyaannya tentang kiamat yang mendapatkan jawaban memuaskan dari salah seorang ustadz yang ia sendiri tidak menyebutkan namanya.

Mengutip dari kanal Islami Liputan6.com, 16 Maret 2024, ia mengisahkan pengalaman pribadinya ini ketika ia menjadi bintang tamu dalam acara podcast y dipandu actor dan presenter kawakan Daniel Mananta tahun 2021 yang silam.

Sebagai informasi, Dian Sastro terlahir dari keluarga yang menganut agama Katolik. Dalam perjalanan hidupnya, ketika menginjak usia remaja, rupanya dia memiliki pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan spiritual religius.

"Jadi, pas gue lagi nyari spiritual tourist itu, gue punya pertanyaan-pertanyaan labil banget umur 17 tahun," terang Dian dikutip dari tayangan YouTube Daniel Mananta, Kamis, 15 Maret 2024.

Salah satu pertanyaan yang menyebabkan ia memutuskan untuk masuk Islam ialah tentang kiamat. Ketika itu, dalam benaknya bertanya-tanya perihal Tuhan menciptakan alam semesta yang pada akhirnya juga Ia hancurkan.


Jawaban Ustaz Tentang Hari Kiamat

8 Model Kebaya Simple Tapi Elegan dari Titiek Soeharto, Aaliyah Massaid, hingga Dian Sastrowardoyo
Sebelum nge-tren karena Jeng Yah, Dian Sastro sudah kenakan kebaya Janggan untuk kondangan. Ia memadukan kebaya Janggan biru dan rok kain batik cokelat muda. [@therealdisastr]

Beberapa kali pertanyaan ini ia ajukan ke beberapa pemuka agama, namun tak kunjung menemukan jawaban yang memuaskannya. Pertanyaan yang belum menemukan jawaban ini terus menggelayuti batinnya hingga pada akhirnya ia mendatangi salah seorang ustadz dan menanyakan perihal yang sama.

Ternyata ustadz tadi mampu menjawab pertanyaannya ini dengan sangat rasional. Hal ini yang membuat Dian Sastro akhirnya menemukan jawaban atas pertanyaan yang selama bertahun-tahun belum ia temukan jawabannya.

"Jawaban dia terhadap pertanyaan gue itu kok, nyes banget dan terjawab banget," ungkapnya.

Semanjak itu, dirinya sangat tertarik kepada Islam dan selanjutnya mulai mempelajari lebih dalam tentang masalah-masalah keislaman seperti sholat wajib lima waktu.

Mengutip NU Online, para ulama berbeda pendapat terkait urutan terjadinya tanda-tanda kiamat. Imam Al-Qurṭūbī mengatakan, tanda-tanda kiamat besar yang disebutkan secara bersamaan dalam hadits-hadits di atas tidaklah berurutan, tidak terkecuali riwayat Muslim dari Hudzaifah.

Infografis Jenis-Jenis Bullying di Sekolah
Jenis-jenis bullying yang patut diwaspadai. (dok. Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya