6 Cara Menyimpan Bawang Putih agar Tahan Lama, Salah Satunya Dibekukan

Ada beberapa cara untuk menyimpan bawang putih agar saat memerlukannya tidak ribet, seperti menyimpannya dalam wadah beralas tisu hingga dibekukan dalam kulkas.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 11 Jul 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2024, 06:30 WIB
Ilustrasi Bawang Putih
Ilustrasi bawang putih. (dok. Unsplash.com/Anshu A @anshu18)

Liputan6.com, Jakarta - Bawang putih maupun bawang merah adalah bumbu dapur dasar wajib yang sering dipakai untuk memasak. Rasa dan aroma bawang putih bahkan menjadi salah satu faktor kunci yang membuat hidangan jadi lezat. 

Baik menu makanan Asia maupun Eropa, juga memakai bawang putih seperti pada mi goreng, capcay hingga pasta. Para ibu di rumah, biasanya membuat stok bumbu bawang putih dan bahkan bisa dihaluskan dengan blender terlebih dulu agar cukup tuang saja tanpa repot mengiris sewaktu memasak.

Bawang putih yang telah dihaluskan ini biasanya harus disimpan dalam botol kaca yang kedap udara. Selain itu, masih banyak cara menyimpan bawang putih untuk stok bumbu dirumah. Berikut beberapa kiat yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber pada 10 Juli 2024.

1. Simpan di Kulkas dengan Wadah Tisu Bersih

"Supaya ga sering² keluar rumah. Kamu bisa beli bawang dalam jumlah yang cukup dan bisa disimpan dalam beberapa cara. Aku punya 2 tips cara simpan bawang merah dan bawang putih. Yuk, cobain," tulis seorang pengguna Cookpad dengan akun @irmarismay

Pertama, ia memberi tips agar menyimpan bawang putih maupun bawang merah di kulkas dengan mengupasnya. Caranya setelah dikupas, siapkan wadah, lapisi dasar wadah dengan tisu bersih. Masukkan bawang kedalam wadah, lalu tutup rapat. Anda bisa campur penyimpanan bawang merah dan bawang putih dalam wadah tersebut. 

 


2. Simpan di Udara Terbuka

Ilustrasi bawang putih
Ilustrasi bawang putih. (Gambar oleh congerdesign dari Pixabay)

Cara selanjutnya untuk menyimpan bawang putih adalah menyimpannya di udara terbuka. Tapi perlu diingat untuk tidak mengupas kulit bawangnya.

Langkah-langkahnya adalah siapkan kertas, bungkus bawang dengan kertas. Simpan di tempat yang kering dan tidak tertutup rapat. Meski cara ini sering berhasil, namun Anda tetap harus mengecek ulang bawang yang disimpan karena khawatir ada yang busuk jika terlalu lama.

"Aku udah praktekin ini lebih dari 1 bulan. Selain bikin bawang lebih awet, mempersingkat waktu memasak. Jadi ga perlu kupas² dulu sebelum masak hehe," tulisnya lagi.

3. Pilih Kertas atau Tisu Pembungkus yang Bersih

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa untuk dasar atau pembungkus bawang pilih bungkus yang bersih dan steril. "Jika memilih koran, pilihlah bagian yang tidak terlalu banyak tintanya. Jika ingin gunakan tisu, sering-seringlah mengganti tisunya jika sudah mulai basah.

Hal ini untuk menghindari bawang jadi busuk akibat tisu lembab. Kadang, Anda juga harus memerhatikan tempat penyimpanan yang berada di udara terbuka, karena serangga seperti kecoa acap kali hinggap di bagian bumbu dapur jika tidak dijaga dengan baik.


4. Blender Kasar dan Frozen

Cara menyimpan bawang putih tips dari akun @korea.america.family di Instagram
Cara menyimpan bawang putih tips dari akun @korea.america.family di Instagram. (Dok: IG https://www.instagram.com/reel/C8JE3f0Of5A/?igsh=cnRlNzM3NGVyam9n)

Cara menyimpan bawang putih lainnya yang patut dicoba adalah dengan memblender kasar bawang putih. Seperti video singkat yang diunggah akun @korea.america.family pada 13 Juni 2024.

"Never waste garlic again!!! Easy portioning and freezing tips (jangan pernah buang-buang bawang putih lagi, mudah membaginya dan tips membekukan)," tulisnya sebagai keterangan.

Masukkan bawang putih tersebut ke dalam plastik klip yang biasanya khusus untuk makanan. Bekukan dengan cara dibuat pola kotak-kotak terlebih dulu menggunakan pisau, agar saat sudah beku dapat mudah diambil per satuan. 

Saat sudah beku, langsung patahkan sesuai dengan pola kotak-kotak yang sudah dibuat sebelumnya. Anda pun dapat memakai bawang putih sesuai kebutuhan tanpa membuangnya karena membusuk.

Konten yang disukai oleh lebih dari 36 ribu pengguna Instagram itu pun mendapat pujian warganet, karena dinilai sebagai cara cerdas untuk menyimpan bawang putih. Cara menyimpan bawang putih seperti ini menurut pembuat konten bisa membuat bumbu dapur tersebu tahan hingga satu tahun. 


5. Direndam dalam Minyak

Ilustrasi bawang merah, bawang putih
Ilustrasi bawang merah, bawang putih. (Image by standret on Freepik)

Mengutip dari laman Good Houskeeping, Rabu, 10 Juli 2024, bawang putih adalah bahan dapur yang penting. Anda dapat menyimpan kepala utuh pada suhu kamar di tempat yang kering dan gelap, mendinginkan siung yang sudah dikupas atau dipotong dalam wadah kedap udara. Disebutkan pula satu cara lainnya yang cukup berhasil yaitu dengan membekukan bawang putih dalam minyak. 

6. Masak Bawang Putih

Anda bisa langsung mengolah bawang putih, untuk membuatnya tetap awet. Perlu diingat untuk memilih bawang putih utuh dengan kulit padat dan siung keras. Hindari apa pun yang terasa lunak dan mulai bertunas yang tumbuh di bagian atas setiap siung bawang putih.

Nah, setelah dibersihkan, Anda dapat memasak bawang putih dengan cara di oven menjadi bawang putih panggang oven. Jangan khawatir kehabisan ide, karena setelah dipanggang bawang putih bisa digunakan untuk saus salad, menjadi bumbu hummus, atau dicampur ke dalam saus.

 

Infografis Jenis-Jenis Bumbu Dasar dalam Masakan Indonesia
Infografis Jenis-Jenis Bumbu Dasar dalam Masakan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya