Transformasi Gaya Alam Mbah Dukun yang Daftar Jadi Wakil Wali Kota Banjar di Pilkada 2024

Pria bernama asli Alam Alatas itu kini ternyata putar haluan ke dunia politik. Ia tengah mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Banjar pada Pilkada serentak 2024. Alam berpasangan dengan salah satu tokoh yang cukup dikenal masyakrakat kota Banjar, Akhmad Dimyati.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 29 Agu 2024, 04:20 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 04:00 WIB
Alam Mbah Dukun daftar jadi Wali Kota Banjar
Alam Mbah Dukun daftar jadi Wali Kota Banjar. (Dok: IG @alam.mbah.dukun)

Liputan6.com, Jakarta - Publik tentu masih mengenal penyanyi dangdut Alam Mbah Dukun yang sempat populer di awal 2000-an. Ia terkenal lewat tembang "Mbah Dukun" dan jika mengulik laman media sosial pribadinya, beberapa tahun terakhir masih kerap diundang dalam acara musik di Tanah Air.

Pria bernama asli Alam Alatas itu kini ternyata putar haluan ke dunia politik. Ia tengah mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Banjar pada Pilkada serentak 2024.

Alam berpasangan dengan salah satu tokoh yang cukup dikenal masyakrakat kota Banjar, Akhmad Dimyati. Alam bersama Akhmad mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, Jawa Barat, pada Rabu sore, 28 Agustus 2024. 

Di luar dari pemberitaan itu, publik tentu penasaran masih ingat bagaimana penampilan Alam saat tampil di atas panggung. Gaya khas serta suaranya pun mengundang keingintahuan, apalagi dengan kabar mencalonkan diri dalam Pilkada 2024.

Mengulik laman Instagram pribadinya @alam.mbah.dukun, berikut transformasi gaya Alam Mbah Dukun yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com. 

1. Rambut Lurus Belah Tengah

Alam terkenal dengan penampilannya yang mengusung gaya ala Michael Jackson di awal kemunculannya. Ia tampil dengan rambut lurus berbelahan tengah yang sangat khas. 

Sebagai penyanyi dangdut, Alam juga lebih mengusung gaya ala rocker lewat busana serba hitam dan menggunakan jaket kulit. Tapi ia juga sering terlihat bergaya santai dengan celana jins serta jaket.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Kaca Mata Hitam

Alam Mbah Dukun tampil dengan rambut yang diluruskan
Alam Mbah Dukun tampil dengan rambut yang diluruskan. (Dok: IG @alam.mbah.dukun)

Mengutip dari laman Last FM, Kamis (29/8/2024), alam adalah penyanyi dangdut asal Indonesia Alam adalah penyanyi dangdut kelahiran Ciawi, Tasikmalaya, 11 Mei 1981 yang melejit di awal tahun 2002 dengan tembang Mbah Dukun. Adik pedangdut Vetty Vera ini begitu populernya saat itu dan berhasil meraih gelar Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Pria Terbaik dari Anugerah ADTPI 2002.

Jika melihat ke belakang, salah satu penampilan khasnya adalah dengan kaca mata hitam. Tampilan itu juga masih dengan rambut berbelahan tengah yang belum berubah sampai sekarang. 

Dengan koreografer ala Michael Jackson, Alam juga menambahkan elemen yang mirip idolanya tersebut. Ia sempat terekam memakai atasan kemeja bercorak hitam putih  yang dijadikan outer dengan paduan kaus di dalamnya.

Transformasi gayanya terlihat tak begitu signifikan, karena Alam memang tak mengubah banyak model rambutnya. Tampaknya ia sudah merasa cocok dan tak ingin terlalu mengubahnya.


3. Pakai Topi

Alam Mbah Dukun tampil dengan topi. (Dok: IG @alam.mbah.dukun)
Alam Mbah Dukun tampil dengan topi. (Dok: IG @alam.mbah.dukun)

Hanya saja, atribut yang dikenakannya seketika bisa membuat penampilan Alam terlihat lain. Salah satunya saat ia berfoto dengan topi hitam, yang membuat rambut berbelahan tengahnya tidak terlihat.

Ia kala itu juga mengenakan kacamata dengan frame yang agak kecil. "Ngabuburit," tulisnya di keterangan foto yang diunggah pada 2022.

Tampilannya saat itu mengundang komentar pengikutnya. "Meni kasepppopo," tulis seorang warganet dalam Bahasa Sunda yang artinya ganteng.

"Pangling euy, krain artis korea😂😂😂," sambung yang lain. "aku menyebutnya kakak tampan 😍👏," balas warganet lagi.

"Tetap selalu muda 👏👏👏🔥🔥🔥🔥 mantap 👍," timpal warganet. "Glowing pisan camera na," warganet lain menambahkan dalam Bahasa Sunda.

"Salam sehat dari Klaten Jawa tengah kang alam ,,pissss👏," doa warganet. "Tambah kasep wae," tulis warganet. "Ingat jaman SMK dulu saya ngefans brt sm kak alam smpai2 saya krm surat Lo ke kak alam trus dbls SM diksh foto kakak SM kak vetyvera..ftnya msh ada msh sy simpan Sampai sekarang," warganet bernostalgia.


4. Tampil Pakai Sorban

Alam Mbah Dukun tampil dengan sorban. (Dok: IG @alam.mbah.dukun)
Alam Mbah Dukun tampil dengan sorban. (Dok: IG @alam.mbah.dukun)

Di penampilannya yang agak lain, Alam beberapa kali terlihat mengenakan sorban. "Gagah indaah sepanjang masa," tulisnya di salah satu unggahan saat memakai sorban.

"Kapan bikin lagu lagi?" tanya warganet yang berharap Alam tetap eksis. "Assalamualaikum pak haji," sapa yang lain.

"Aeh pak ustad gagah perkasa 😂," timpal warganet. "aduh...kade ah mang keur usum panyakit polytron ayeuna teh," sambung yang lain.

"Assalamualaikum aa Gaga. Idolaku ❤️🤗🥰. mt sorean aa' 🙏🙏?...." tulis warganet. "Gagah gagah," yang lain menambahkan lagi. "Idolaku dimasa kecil. Sehat selalu bang alam," seloroh yang lain lagi.

"jumat berkah salam gagah," sambung warganet. "Assalamualaikum wr.wb mase, sehat selalu sekeluarga dan d lancarkan rizeqinya," warganet mendoakannya.

Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya