Makna Tersembunyi Busana Nyentrik Naomi Osaka di US Open 2024

Naomi Osaka kembali ke kompetisi tenis musim panas ini setelah dua tahun hiatus karena kesehatan mental dan cuti hamil.

oleh Asnida Riani diperbarui 30 Agu 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 10:00 WIB
Foto: Kece Parah! Tampilan Outfit Glamor Naomi Osaka di Amerika Open 2024
Petenis Jepang, Naomi Osaka mengenakan pakaian yang mewah saat melakukan pemanasan sebelum laga putaran pertama melawan petenis Latvia, Jelena Ostapenko pada laga putaran pertama Amerika Open 2024 di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Selasa (27/08/2024). (AFP/Mike Stobe)

Liputan6.com, Jakarta - Naomi Osaka mencatat sembilan ace dalam pertandingan putaran pertamanya di US Open 2024. Penampilan gemilangnya, di samping pemilihan busana petenis berusia 26 tahun tersebut, sukses menarik atensi publik.

Melansir Sydney Morning Herald, Kamis, 29 Agustus 2024, penampilan Osaka saat pemanasan pada Selasa, 27 Agustus 2024, waktu AS, merupakan kolaborasi antar sponsor lamanya, Nike, dengan perancang busana asal Korea Yoon Ahn. Desainer itu tercatat sebagai pendiri Ambush dan direktur desain perhiasan pria Dior.

Ansambel nyentrik Osaka berupa rok mini hijau limau berumbai dengan rok tule dan jaket dengan pita besar di bagian belakang. Sepatu kets Nike-nya juga menampilkan pita di bagian tumit. Selama pertandingan, Osaka tampil dalam versi lebih sederhana busana tersebut.

Menjelang US Open, Ahn menjuluki busana rancangannya sebagai "Lolita Goth." Ia mengatakan pada NY Times, "Ini tentang benar-benar memiliki sisi imut dan feminin." Kejeniusan pakaian tersebut, yang mengacu pada begitu banyak kode mode, menawarkan aspirasi, estetika, maupun sekadar nuansa berbeda.

Warna limaunya menghadirkan suasana musim panas, sementara aksen ruffle-nya condong ke estetika centil yang identik dengan merek Miu Miu yang sedang tren. Sangat ceria, pakaian itu juga memberi penghormatan pada gadis-gadis Harajuku dan tanah air Osaka di Jepang.

Itu juga mengisyaratkan bahwa Naomi Osaka, yang kembali ke kompetisi tenis musim panas ini setelah dua tahun hiatus karena kesehatan mental dan cuti hamil, hadir untuk bermain. Penulis tenis Kanada Stephanie Myles menulis di X bahwa meski meragukan faktor kenyamanan pakaian itu, mengingat panasnya cuaca New York City, "itu terlihat cukup keren."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ratu Mode di Lapangan Tenis

Foto: Kece Parah! Tampilan Outfit Glamor Naomi Osaka di Amerika Open 2024
Petenis Jepang, Naomi Osaka saat memasuki lapangan pertandingan saat putaran pertama Amerika Open 2024 melawan petenis Latvia, Jelena Ostapenko di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Selasa (27/08/2024). (AFP/Mike Stobe)

Siluet tutu dalam penampilan Osaka merupakan bentuk penghormatan pada bintang mode tenis dunia lainnya, Serena Williams, yang mengumumkan pengunduran dirinya dari kompetisi pada 2022. Selama kariernya, Williams naik takhta mode, yang paling berkesan adalah mengenakan catsuit dan tutu khusus yang dirancang Nike dan mendiang desainer Off White Virgil Abloh.

Dengan tidak adanya Williams, setidaknya secara profesional, Osaka sekarang jadi ratu mode tenis. Namun, tidak selalu seperti itu. Di awal kariernya, Osaka mengenakan pakaian tenis yang lebih tradisional, dan beberapa pakaiannya yang lebih berani tidak selalu diterima dengan baik.

Di Wimbledon tahun ini, pendapat penggemar terbagi tentang gaun putihnya yang tipis dengan lipatan asimetris. Salah satu kritik busana itu menyebutkan bahwa pakaian tersebut terlihat "seperti serbet origami yang buruk."

Pada 2022, Osaka mengatakan bahwa ia senang mengambil risiko dengan gaya busana di lapangan, meski outfit-nya tidak selalu disukai penonton atau kritikus. "Bagi saya, ada banyak kesalahan dan banyak kegagalan," ia menyebut.


Menghadiri Met Gala

8 Gaya Memukau Pesohor Dunia di Met Gala 2021
Naomi Osaka menghadiri The 2021 Met Gala Celebrating In America: A Lexicon Of Fashion di Metropolitan Museum of Art pada 13 September 2021 di New York City. (DIMITRIOS KAMBOURIS / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Osaka berkata, "Saya merasa dengan gaya saya di lapangan, saya tidak keberatan untuk tampil berani dan nekat, dan saya juga tidak keberatan untuk tampil sedikit terlalu berani." Namun, kesalahan sesekali pun tidak dapat merusak reputasi Osaka di dunia mode.

Merek-merek seperti Louis Vuitton, Tom Ford, dan Acne secara rutin berbondong-bondong mendandani juara ajang grand slam empat kali itu. Pasa 2021, ia menghadiri Met Gala untuk pertama kali sebagai salah satu co-chair acara tersebut.

Tahun lalu, ia tampil dalam kampanye Victoria's Secret saat perusahaan pakaian dalam itu mencoba membangkitkan kembali citranya setelah serangkaian skandal pelecehan seksual. Mei lalu, Osaka mengenakan rok Louis Vuitton berenda ke acara pameran merek tersebut di Barcelona pada malam menjelang French Open.

Menjelang turnamen, Osaka secara terbuka mengungkap beberapa kecemasan tentang kembali berkompetisi, terutama perasaan campur aduk tentang pertandingan kandangnya. "Masalah terbesar saya saat ini bukanlah kekalahan," tulisnya di Instagram awal bulan ini. "Masalah terbesar saya adalah saya tidak merasa seperti berada di dalam tubuh saya sendiri."


Naomi Osaka Sempat Cuti Hamil

Naomi Osaka
Reaksi unggulan dua tunggal putri Wimbledon 2019 Naomi Osaka setelah dikalahkan Yulia Putintseva, Senin (1/7/2019). (AFP/Adrian Dennis)

Tahun lalu, Naomi Osaka jadi berita utama, karena mengumumkan kehamilannya pada Rabu, 11 Januari 2023. Saat itu, ia juga mengunggah foto hasil USG di akun media sosialnya.

"Beberapa tahun terakhir sangat menarik untuk diceritakan, tapi saya menemukan bahwa ini adalah saat-saat paling menantang dalam hidup yang mungkin paling menyenangkan," tulisnya dalam keterangan foto, dikutip dari CNN, Kamis, 12 Januari 2023.

"Beberapa bulan jauh dari olahraga (telah) benar-benar memberi saya cinta dan penghargaan baru untuk permainan yang telah saya dedikasikan dalam hidup saya."

Kala itu, Osaka mengatakan, ia berencana kembali ke lapangan tenis untuk Australia Terbuka 2024, turnamen yang ia menangkan dalam dua kesempatan sebelumnya. "Saya tahu bahwa saya memiliki banyak hal untuk dinantikan di masa depan," tambahnya.

"Satu hal yang saya nantikan adalah anak saya menonton salah satu pertandingan saya dan memberi tahu seseorang, 'itu ibu saya,'" ia menambahkan. Osaka menyambut kelahiran anak pertamanya, Shai, dengan rapper Cordae pada Juli 2023.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya