Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Memasuki Musim Hujan

Musim hujan kerap menjadi tantangan bagi para pengendara motor. Kondisi jalan yang licin, jarak pandang yang terbatas, hingga risiko kecelakaan yang lebih tinggi membuat berkendara di bawah guyuran hujan perlu ekstra hati-hati.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 15 Sep 2024, 02:04 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 04:22 WIB
Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Memasuki Musim Hujan.
Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Memasuki Musim Hujan. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Saat memasuki musim hujan kerap menjadi tantangan bagi para pengendara motor. Kondisi jalan yang licin, jarak pandang yang terbatas, hingga risiko kecelakaan yang lebih tinggi membuat berkendara di bawah guyuran hujan memerlukan kehati-hatian ekstra.

Menurut data yang dilaporkan oleh BMKG Indonesia diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah - menengah 0-150 mm/dasarian). Wilayah yang diprediksi mengalami hujan kategori rendah (<50 mm/dasarian). Dengan adanya tantangan tersebut, kita kerap kali menjumpai para riders yang cukup acuh terhadap kendaraan dan keselamatannya,

Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah minimnya pengetahuan mereka mengenai safety riding terutama perlengkapan berkendara guna meminimalisir cedera akibat benturan atau kejadian yang tidak terduga saat berkendara. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memulai berkendara saat dalam keadaan hujan.

1. Periksa Kondisi Motor Sebelum Berkendara

Sebelum berkendara, selalu periksa kondisi motor, terutama komponen-komponen yang berperan penting dalam keamanan di jalan yang basah.

2. Gunakan Perlengkapan Berkendara yang Tepat

Saat hujan, perlengkapan berkendara yang tepat bukan hanya meningkatkan kenyamanan tetapi juga berperan penting dalam keselamatan. Memilih perlengkapan yang sesuai akan melindungi Anda dari basah kuyup serta memberikan visibilitas yang lebih baik di jalan.

Helm yang tepat: Bukan hanya sebagai aksesoris, peran helm menjadi sangat krusial mengingat helm akan melindungi bagian penting tubuh yaitu kepala. Dengan memilih helm yang sesuai dengan standar dan memiliki fitur keselamatan yang tinggi adalah prioritas kita sebagai pengendara.

Salah satu helm yang memiliki kualitas, desain hingga fitur keselamatan terbaik yang cocok untuk berkendara di Indonesia adalah Nolan, ada tiga series produk terbaru yang No pengendara miliki mulai dari Nolan X-804 Ultra Carbon, Nolan N60-6 Sport dan N-120-1.

Semua varian dari Nolan sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), bahkan memenuhi ECE 22.06 yang diberikan oleh Eropa. Bagi yang ingin memiliki tampilan sport khas pembalap ada varian dari Nolan X-804 Ultra Carbon dan Nolan N60-6 Sport, khususnya pada X-804 Ultra Carbon, dengan memiliki desain yang ramping dan agresif.

- Sepatu Anti Air: Gunakan sepatu yang dapat melindungi kaki dari air agar tidak basah, sekaligus melindungi dari dingin dan licin.- Sarung Tangan: Sarung tangan berbahan anti air bisa memberikan pegangan yang lebih baik pada setang, sekaligus menjaga tangan tetap hangat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Berkendara dengan Kecepatan Aman

Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Memasuki Musim Hujan
Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Memasuki Musim Hujan.  foto: istimewa

Salah satu kesalahan umum saat berkendara di musim hujan adalah tidak menyesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan. Jalan yang licin membutuhkan kewaspadaan ekstra, terutama ketika mengerem atau menikung.

4. Hindari Jalan yang Licin dan Berbahaya

Permukaan jalan saat hujan bisa menjadi sangat berbahaya. Beberapa area seperti marka jalan, jembatan besi, atau jalanan yang berlumpur bisa menjadi sangat licin, meningkatkan risiko kecelakaan.

5. Gunakan Teknik Pengereman yang Tepat

Pengereman yang tepat adalah kunci keselamatan di jalan basah. Salah satu teknik yang perlu dikuasai adalah pengereman secara perlahan dan bertahap, bukan pengereman mendadak.

6. Perhatikan Jarak Pandang

Visibilitas adalah salah satu tantangan terbesar saat berkendara saat musim hujan. Kabut, air hujan yang deras, dan embun di kaca helm dapat mengurangi jarak pandang Anda di jalan, selalu Aktifkan Lampu Utama Bahkan di siang hari, nyalakan lampu utama untuk meningkatkan visibilitas Anda terhadap pengendara lain.

Berkendara motor saat di musim Hujan memang menuntut kewaspadaan lebih, dengan menjaga kondisi motor hingga peralatan yang tepat khususnya perlindungan pada alat vital yaitu helm. Pastikan untuk selalu mengenakan helm yang sesuai standar keamanan setiap kali Anda berkendara, baik untuk perjalanan jauh maupun dekat.

 


Program Kompetisi Menarik Bagi Pengguna Nolan

Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Memasuki Musim Hujan.
Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Memasuki Musim Hujan. foto: istimewa

PT Prakarsa Abadi Sentosa (PAS) selaku Exclusive Distributor Nolan di Indonesia akan mengadakan kompetisi video kreatif berhadiah helm exclusive dari Nolan Indonesia tipe X-804 RS Ultra Carbon, N60-6 Sport dan N120-1 untuk 7 orang pemenang senilai total Rp 50.000.000 bagi para pengguna helm Nolan.

Acara ini bertujuan sebagai ajang kompetisi bagi para bikers untuk memberikan wadah kreativitas dan bebas berekspresi bersama helm Nolan. acara ini bertajuk “Millions Creativity Competition” yang diselenggarakan selama periode 10 - 22 September 2024. Adapun tata cara sebagai berikut:

â—Ź Peserta wajib membuat konten video di IG Reels menggunakan helm Nolan. .

â—Ź Video kreatif berdurasi maksimal 90 detik (tidak mengandung SARA, pornografi dan mengutamakan keamanan serta wajib menjaga nama baik Nolan)

â—Ź Hashtag #nolanhelmet, #nolan, #tetappilihnolan dan #mccuser #nolanindonesia#nolanlovers

â—Ź Kriteria penilaian: Kreativitas, Kualitas Video, Tema dan pesan yang disampaikan.

â—Ź Wajib menambahkan informasi di video, nolan memiliki produk baru yakni X804, N 60-6

Sport dan N 120-1 (Contoh video ada di Instagram @nolan.indonesia)Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai inovasi, teknologi serta toko terbaru yang dari Nolan Helmet, silakan kunjungi Instagram di @nolan.indonesia.

 

Infografis Ragam Tanggapan Larangan Turis Asing Pakai Sepeda Motor Sewaan di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Larangan Turis Asing Pakai Sepeda Motor Sewaan di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya