Debut Jadi Sutradara, Malia Obama Kenakan Busana Kotak-Kotak Vivienne Westwood di Karpet Merah

Malia Obama menyutradarai karya film pendek berjudul The Heart yang pertama kali diputarkan di Sundance Film Festival.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 09 Sep 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 12:30 WIB
Debut Jadi Sutradara, Malia Obama Kenakan Busana Kotak-Kotak Vivienne Westwood di Karpet Merah
Malia Obama. (dok. Loic VENANCE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Anak sulung mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memulai debutnya sebagai sutradara film pendek berjudul The Heart. Malia Obama tampil di Festival Film Amerika Deauville ke-50 dalam balutan busana kotak-kotak rancangan desainer Vivienne Westwood.

Busana itu terdiri dari atasan korset off-the-shoulder berwarna merah, putih, dan abu-abu yang dipadukan rok asimetris berwarna biru dan putih. Ia menambahkan gaya street style-nya dengan seaptu bot kulit selutut. Ia menjalin rambut merah kecokelatannya dengan rapi sebagai penyempurna tampilan.

"Keren sekali," kata perempuan berusia 26 tahun itu tentang pakaiannya, menurut video yang diunggah Pop Base, dikutip dari Page Six, Senin (9/9/2024), saat hadir si Deauville, Prancis, Jumat pekan lalu. "Saya tidak tahu banyak tentang fashion, tapi saya senang memakainya."

Sutradara itu juga menyebut Westwood sebagai 'ratu' untuk desain yang apik. Malia mengatakan kepada wartawan, "Saya sangat bersemangat. Saya belum pernah melakukan hal seperti ini, jadi [saya] sedikit takut, tapi kebanyakan hanya bersemangat."

Awal tahun ini, proyek film Malia Obama memulai debutnya di Sundance Film Festival di Park City, Utah. Ia juga tampil di karpet merah dengan mengenakan busana berbeda, yakni mantel abu-abu dengan atasan berkancing bergaris-garis, celana hitam, syal abu-abu tipis yang melingkari lehernya, dan sepatu bot merah anggur.

Sementara, film arahannya itu bercerita tentang seorang pria yang berduka karena kehilangan ibunya saat dia memenuhi permintaan terakhir ibunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Malia Obama Bicarakan Filmnya

Debut Jadi Sutradara, Malia Obama Kenakan Busana Kotak-Kotak Vivienne Westwood di Karpet Merah
Malia Obama. (dok. Loic VENANCE / AFP)

Alumni Universitas Harvard itu menjelaskan dalam video 'Meet the Artist, "Film ini tentang benda-benda yang hilang dan orang-orang yang kesepian serta pengampunan dan penyesalan." "Tetapi menurut saya, sulit untuk mengungkap di mana kelembutan dan kedekatan bisa ada dalam hal-hal tersebut."

Malia berharap film tersebut akan membantu penonton 'merasa tidak terlalu kesepian, atau setidaknya mengingatkan Anda untuk tidak melupakan orang-orang yang pernah mengalaminya'.

Sebagai sutradara, Malia memilih untuk menghilangkan nama belakangnya dari kredit film dengan hanya menuliskan Malia Ann. Keputusannya untuk menghilangkan nama belakangnya dalam upaya profesionalnya mendapat banyak kritik, meskipun ia mendapat dukungan dari co-host “View” Whoopi Goldberg.

Karier yang ditempuh Malia jelas berbeda dengan kedua orangtuanya yang pernah menjadi pengacara dan beralih menjadi politikus. Meski begitu, tips yang dibagikan Barack Obama untuk Gen Z dalam berkarier relevan untuk berbagai bidang. Menurutnya, rahasia membangun karier yang sukses adalah menjadi pemecah masalah yang lebih baik.


Tips Sukses Berkarier ala Barack Obama

Barack Obama
Barack Obama punya kebiasaan unik sebelum tidur. (AP Photo/Themba Hadebe/Henry)

Melansir CNBC International, Rabu, 14 Juni 2023, Obama mengatakan bahwa, tantangan yang mengguncang perekonomian dunia saat ini, di antaranya pandemi, AI, atau perubahan iklim membuat pentingnya setiap pekerja untuk beradaptasi. Hal ini terutama berlaku untuk Gen Z, yang banyak dari mereka telah memulai karir mereka di lingkungan kerja hybrid atau jarak jauh sejak pandemi.

"Nasihat paling penting yang saya berikan kepada kaum muda adalah … belajar saja bagaimana menyelesaikan pekerjaan," ujar Obama dalam podcast "This Is Working" dari LinkedIn News.

"Saya telah melihat di setiap tingkatan orang yang sangat pandai menjelaskan masalah, orang yang sangat canggih dalam menjelaskan mengapa terjadi kesalahan atau mengapa sesuatu tidak dapat diperbaiki, tetapi yang selalu saya cari, tidak peduli seberapa kecilnya masalah atau seberapa besar itu, adalah seseorang yang berkata, 'Biar saya yang urus'," jelasnya.

Sikap pada kesiapan menangani masalah, menurut Obama, akan membantu seseorang membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja dan manajer. "Siapa pun yang menjalankan hal itu akan menyadarinya, saya pastikan," tambahnya.


Vivienne Westwood Tutup Usia

Perancang busana asal Inggris Vivienne Westwood
Perancang busana asal Inggris Vivienne Westwood (AP)

Sementara itu, Vivienne Westwood meninggal dunia pada Kamis, 29 Desember 2022. Desainer Inggris yang berjuluk 'pendeta tertinggi punk' itu mengembuskan napas terakhirnya di usia 81 tahun.

Rumah mode miliknya menyampaikan kabar tersebut lewat media sosial dengan menyatakan, "Dia meninggal dengan tenang dan dikelilingi keluarganya di Clapham, London selatan."

Brand tersebut juga menyatakan di Instagram bahwa Vivienne Westwood terus melakukan hal yang disukainya sampai hari terakhirnya. "Mendesain, mengerjakan karya seninya, menulis bukunya, dan mengubah dunia agar lebih baik. Dia menjalani kehidupan yang luar biasa. Inovasi dan pengaruhnya selama 60 tahun terakhir sangat besar dan akan terus berlanjut hingga masa depan," sambung keterangan yang tertera.

Dikutip dari laman The Sun, Jumat, 30 Desember 2022, penyebab kematian Westwood tidak diungkap. Hanya saja, Andreas Kronthaler, suami dan partner kreatif Vivienne menegaskan bahwa ia akan menyimpan sosok desainer itu di hatinya. "Kita bekerja sama sampai akhir dan dia memberiku banyak hal untuk melanjutkannya. Terima kasih sayang."

Infografis Desainer Indonesia di Pentas Fesyen Dunia
Infografis desainer Indonesia di pentas fesyen dunia (Liputan6.com/Trie Yasni))
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya